Beranda Tiket Wisata

Gunung Geulis Bandung Tetap Menawan Meski Tak Tinggi September 2021

Gunung GeulisHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Manggahang, Baleendah, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, -

Gunung Geulis merupakan bukit yang berada di selatan Kota Bandung. Wilayahnya masuk dalam Kecamatan Baleendah dan memiliki ketinggian sekitar 1.100 mdpl. Meski ketinggiannya tidak terdengar menantang, namun Gunung Geulis seringkali jadi tujuan pendakian. Lokasinya yang dekat kota pun jadi alasan banyaknya kalangan anak muda yang mendaki di sini.

Tiket Masuk

Tidak ada tiket masuk yang berlaku untuk pendakian Gunung Geulis. Gunung ini bisa didaki secara cuma-cuma. Oleh karena itu cocok sebagai destinasi pendakian murah-meriah.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis

Baca Juga: 10+ Destinasi Wisata Gunung Terbaik di Jawa Barat

Jam Buka

Gunung Geulis selalu terbuka setiap hari untuk umum. Pendaki bisa memulai pendakian kapan saja karena tempat ini terbuka 24 jam. Disarankan untuk tidak mendaki di musim hujan untuk menghindari medan jalan yang licin.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Wisata Gunung Geulis

Lautan awan Gunung Geulis
Indahnya lautan awan yang menutupi Kota Bandung dapat terlihat dari puncak Gunung Geulis – Foto: Google Maps/Agung Gunawan

Kota Bandung adalah kota yang ‘dilingkung gunung’, alias dikelilingi gunung. Secara geografis, kota ini seringkali disebut berada di tengah ‘mangkuk’. Banyaknya pegunungan dan perbukitan yang mengelilingi menjadikan kota ini terasa sejuk dan adem. Tidak heran jika Bandung selalu ramai menjadi tujuan wisata, termasuk wisata alam seperti hiking.

Gunung Geulis yang berada di kawasan Baleendah adalah salah satu destinasinya. Bukit setinggi 1.154 mdpl ini ternyata banyak menarik minat para pendaki pemula. Selain aksesnya mudah juga menawarkan rute pendek dengan medan yang padat akan tantangan.

Di samping itu, pemandangan dari puncaknya pun selalu berhasil memukau siapapun yang menikmatinya. Gunung Geulis mulai terkenal karena pemandangan romantis citylights Kota Bandung yang tersaji dari puncaknya. Dengan rute yang pendek, siapapun bisa menyiapkan tenaga untuk mendakinya. Tertarik untuk mengenal gunung ini lebih dekat?

Puncak ‘Bukit Barisan’

Cantiknya panorama sunrise
Pemandangan matahari terbit yang terlihat kawasan gunung yang mempesona – Foto: Google Maps/Reza Ramadhan

Tidak banyak yang tahu kalau Kota Bandung memiliki ‘bukit barisan’. Istilah ini merujuk pada deretan bukit yang melintang di selatan kota. Dari daerah Banjaran hingga Ciparay, perbukitan ini mempercantik panorama Bandung sebagai kota dataran tinggi.

Di antara bukit barisan tersebut, Gunung Geulis merupakan puncak tertinggi. Ketinggiannya mencapai 1.154 mdpl. Puncak ini menyajikan panorama Kota Bandung yang menakjubkan dari arah selatan.

Bukit Rasa Gunung

Berkemah di puncak Gunung Geulis
Pendaki bisa mendirikan tenda dan berkemah di area puncak Gunung Geulis – Foto: Google Maps/Reza Ramadhan

Kecil-kecil cabe rawit. Panggilan itu rasanya pantas tersemat pada Gunung Geulis. Jalur pendakiannya memang tidak sepanjang gunung-gunung lain yang sudah populer. Namun, medan jalan di bukit ini tidak bisa diremehkan. Karena medan yang cukup berat perlu persiapan maksimal layaknya mendaki gunung. 

Sebenarnya ada beberapa jalur pendakian di sini. Di antaranya yang sudah diketahui adalah Jalur Pacet, Baleendah, dan Arjasari. Jalur Baleendah memiliki rute yang paling menantang dan menguras tenaga. 

Hutan Bambu

Gunung ini juga termasuk sepi dan jarang menjadi incaran para pendaki. Jalurnya terbilang cukup perawan. Meski cocok untuk pemula, namun pendaki tetap disarankan untuk menggunakan jasa pemandu. Pasalnya, medan jalannya masih cukup liar.

Perbukitan di tanah priangan memang lazim dengan tumbuhan vegetasi bambu. Ini juga yang akan dijumpai ketika mendaki di Gunung Geulis. Jalan setapak yang menanjak akan langsung membawa pendaki masuk hutan bambu yang cukup rapat.

Tanjakan Sempit

Jalur pendakian yang menantang
Pendaki harus melewati jalan setapak yang melintasi hutan bambu rapat dengan kontur jalan menanjak – Foto: Google Maps/Reza Ramadhan

Selain bambu, tanaman liar yang rimbun juga banyak terdapat di sini. Medan ini berseling ladang rumput liar. Karena kondisi hutan yang masih rimbun, pendaki harus berhati-hati dengan serangga. Banyak juga tanaman liar yang bisa membuat gatal jika terkena kulit.

Kontur jalan di awal langsung menanjak dan ditutupi tanah. Jalan ini akan sangat licin jika sudah diguyur hujan. Mendekati puncaknya, jalan akan semakin sempit dan menanjak. Tanjakan ini cukup terjal dan bisa membuat ngos-ngosan jika tidak terbiasa.

Panorama Bandung Raya

Panorama malam hari di Gunung Geulis
Pemandangan citylights Kota Bandung dari puncak Gunung Geulis – Foto: Google Maps/lecis abiz

Pendakian hingga ke puncak memakan waktu kurang-lebih dua jam. Sebelum puncaknya, pendaki akan menjumpai area puncak bayangan. Area ini berupa lapangan rumput kecil yang landai untuk tempat beristirahat.

Puncaknya memiliki tanda adanya petilasan berupa makam. Area ini tidak terlalu luas, namun banyak tempat kosong untuk mendirikan tenda. Ya, pendaki memang bisa berkemah di puncak bukit ini. Area ini bahkan bisa menampung lebih dari lima tenda.

Puncak ini menghadap langsung ke Kota Bandung, tepatnya kawasan Baleendah dan Bojongsoang. Ketika cuaca cukup cerah, keindahan panorama kota ini akan semakin lengkap dengan latar pegunungan di sekitarnya. Di pagi hari, pendaki bisa menyaksikan lautan awan yang menutupi kota. 

Pemandangan yang lebih romantis terlihat ketika malam hari. Gemerlap lampu kota atau citylights terhampar jelas di depan mata. Panorama ini tentu jadi hadiah terbaik setelah melalui tantangan di sepanjang pendakian.

Fasilitas Basecamp Gunung Geulis

Belum tersedia basecamp yang memadai untuk pendakian di gunung ini. Namun, pendaki bisa melakukan persiapan di kawasan permukiman yang menjadi garis start pendakian. Bagi yang membawa kendaraan pribadi memarkirkan di rumah warga sekitar. 

Lokasi Gunung Geulis

Gunung Geulis terletak di Kelurahan Manggahang, Kecamatan Baleendah, Kota Bandung. Tidak sulit untuk menjangkau Baleendah menggunakan motor atau mobil dari pusat Kota Bandung. Bisa juga menggunakan angkot jurusan Buah Batu – Dayeuhkolot.     

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini