Kampung Batu Malakasari Bandung
Kampung Batu Malakasari Bandung

Kampung Batu Malakasari adalah sebuah tempat wisata yang didirikan di bekas penambangan batu. Di lokasi tersebut masih terlihat jelas pahatan-pahatan bekas penambangan Batu. Kini, di bekas penambangan batu itu terisi oleh air yang membentuk menjadi sebuah danau.

Kampung Batu Malakasari berkonsep wahana wisata pendidikan, petualangan dan kuliner. Biasanya, Kampung Batu Malakasari sering dijadikan destinasi field trip sekolah-sekolah di sekitar Bandung. Berbagai wahana dan fasilitasnya sangat lengkap untuk menunjang program field trip sekolah-sekolah.

Harga Tiket Kampung Batu Malakasari

Wisatawan yang berkunjung ke Kampung Batu Malakasari akan dikenakan biaya tiket di pintu gerbang utama. Harga tiket masuk Kampung Batu Malakasari ditawarkan dengan harga cukup murah.

Harga Tiket Masuk Kampung Batu Malakasari & Wahana
PINTU GERBANG
Anak Rp5.000
Dewasa Rp10.000
WAHANA
Tektona Waterpark Rp50.000
Perahu Rp5.000
Persawahan Rp25.000
Perikanan Rp25.000
Peternakan Rp10.000
Berkebun Rp10.000
Penangkaran Rusa Rp5.000
Rumah Adat Sunda Rp15.000
Flying Fox Rp15.000
Rumah Pohon Rp10.000
Kukuyaan Rp5.000
Sasak Gantung Rp5.000
Ngangon Meuri Rp15.000
Beternak Unggas Rp15.000
Outbound Kids (Free Milo) Rp20.000
Memberi Makan Kelinci Rp15.000
FUN GAMES
Mewarnai Boneka Gypsum Rp10.000
Melukis Alat Tradisional Rp15.000
Kreasi Tanah Liat Rp20.000
2 Fun Games Rp10.000
Becak Mini Rp15.000
Sepeda Roda Tiga Rp15.000
Mandi Bola Rp15.000
Komedi Putar Rp15.000

Baca: FLOATING MARKET Lembang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Kampung Batu Malakasari

Untuk bisa menikmati berbagai wahana di Kampung Batu Malakasari ada baiknya datang lebih pagi. Tempat wisata ini sudah dibuka mulai pukul 08.00 pagi.

Jam Buka Kampung Batu Malakasari
Setiap Hari 08.00 – 16.00 WIB

Wisatawan bisa menikmati berbagai wahana dan aktivitas di tempat ini. Berikut beberapa diantaranya.

Kegiatan Mancakrida (Outbound)

Aktivitas pertama yang direkomendasikan di Kampung Batu Malakasari adalah outbound. Biasanya wahana outbound ini dipakai untuk acara-acara Gathering anak-anak TK hingga SD. Berbagai fasilitasnya juga sangat menunjang pelatihan gerak motorik anak-anak usia TK dan SD.

wahana permainan outbond terowongan ban
Kegiatan outbound salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Kampung Batu Malakasari. foto: Elly Nailufar/googlemap

Namun, bagi pengunjung umum pun bisa untuk beraktivitas outbound di kampung Batu. Pengunjung bisa mencoba sensasi bergantung di Flying fox sepanjang 120 meter. Selain itu, Flying Fox di kampung Batu juga melintasi danau yang dikelilingi oleh bukit-bukit batu di satu sisinya.

Mengenal  Hewan Ternak serta Penangkaran Rusa

Di Kampung Malaka Sari juga, anak-anak dikenalkan dengan berbagai macam binatang ternak. Anak-anak akan mendapatkan informasi mengenai binatang yang bisa diternak serta pakan dan cara perawatannya. Binatang-binatang yang dikenalkan di sana ada Sapi, Ayam, Bebek dan Kelinci.

Baca: THE LODGE MARIBAYA Tiket, Aktivitas & Penginapan

Di bagian ini juga anak-anak dikenalkan dengan hewan khas Indonesia yaitu rusa tutul. Kandang rusa di Kampung Batu ini ditempatkan di area yang cukup luas dari hewan lainnya. Terdapat sebuah jembatan menuju ke tengah kandang agar pengunjung bisa memberi makan rusa dari tengah kandang.

Belajar menjadi Petani

belajar membajak sawah
Mengenalkan anak pada kegiatan pertanian bisa dilakukan di tempat wisata ini. foto:  Yetty Rahmawaty/googlemap

Edukasi selanjutnya yang terdapat di Kampung Batu Malakasari adalah belajar menjadi Petani. Pengunjung akan merasakan bagaimana serunya menjadi petani di Sawah. Di area ini pengunjung akan diajarkan tentang bagaimana membajak sawah dengan kerbau dan menanam padi

Bale Seni Budaya

Jika pengunjung penasaran ingin mengetahui tentang budaya sunda, di Kampung Batu juga ada wahananya. Di tempat ini, pengunjung akan dikenalkan dengan berbagai macam kaulinan (permainan) khas budaya Sunda. Selain itu, pengunjung juga akan dikenalkan dengan bagian-bagian rumah khas sunda seperti pawon (dapur).

Baca: DAGO DREAM PARK Bandung Tiket & Wahana Populer

Berperahu Mengelilingi Danau

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kampung Batu Malakasari, jika tidak meng-eksplore danaunya. Danau yang menjadi ikon kampung Batu ini adalah tempat penambangan batu tradisional dulunya. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau melihat bagian sisi yang masih terdapat bekas pahatan batu.

berperahu mengelilingi danau
Berperahu menjadi salah satu aktivitas yang seru dan menyenangkan di kawasan wisata Kampung Batu. foto: Dimas Darmawansyah/googlemap

Permainan petualangan

Selain out bound di Kampung Batu Malakasari juga menyediakan wahana permainan petualangan. Wahana ini dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dalam memberikan arahan permainan. Di wahana ini pengunjung akan dilatih kerja sama dalam berbagai macam permainan menyenangkan.

Bermain Air di Tektona Water Park

Jika, permainan di atas dirasa kurang menyenangkan dengan selera petualangan pengunjung, mungkin wahana ini bisa dicoba. Yah, Tektona water park adalah wahana permainan air yang terdapat di Kampung Batu Malakasari. Dengan jaminan keseruan, sensasi dan pengalaman baru, tektona water park layak untuk dicoba.

Beberapa fasilitas yang bisa dicoba di Tektona water park kampung Batu adalah kolam ombak dank lam arus. Bagi pengunjung yang membawa balita juga bisa mengajak buah hatina bermain di kolam anak dan balita. Selain itu terdapat juga kolam semi olympic dan Mega Slinder.

wahana permainan air di water park
Ingin permainan air yang menantang jangan lupa kunjungi Tektona Waterpark. foto: Hendra Hermawan/googlemap

Wisata Kuliner

Bagi pengunjung yang datang ke Kampung Batu Malakasari tidak membawa bekal makan, tidak perlu khawatir. Resto Dapur Neng yang ada di taman rekreasi ini siap dengan menunya mengenyangkan perut pengunjung. Tentunya setelah aktivitas yang cukup berat perut akan terasa lapar dan perlu untuk diisi.

Baca: DUSUN BAMBU Bandung Tiket, Aktivitas & Restoran

Resto Dapur Neng, menyediakan berbagai macam menu yang siap menggoyang lidah pengunjung. Pengunjung bisa memilih berbgai menu tradisional dan modern dengan variasi lengkap dan harga yang terjangkau. Menu-menu yang bisa dipesan di resto Dapur Neng antara lain nasi timbel, nasi liweut, ikan bakar, berbagai macam tumis, dan jajanan khas bandung lainnya.

Lokasi Kampung Batu Malakasari

Tempat wisata alam ini berlokasi di alamat Jalan Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah, Malakasari, Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,05 / 21 pembaca