Beranda Tiket Wisata

Gunung Artapela Panorama Indah Cocok Untuk Pemula – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Artapela : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Desa Sukapura, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378

Bandung memang tergolong belum terlalu populer untuk wisata pendakian. Padahal ada beberapa gunung yang sangat menarik untuk pendakian di daerah Kabupaten Bandung. Salah satunya adalah Gunung Artapela yang berada di sebelah selatan kota kembang. Memiliki tinggi 2.194 Mdpl gunung ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Beragam pesona unik menjadi daya tarik dari gunung ini.

Gunung Artapela memiliki ciri khas puncaknya yang berupa dataran luas. Dataran ini penuh dengan semak dan ilalang yang khas. Pemandangan seperti itu sangat jarang ada di tempat lain. Kemudian di bawah puncaknya ada sebuah danau yang menjadi daya tarik tambahan. Selain itu jalurnya pun terbilang sangat ramah sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Harga Tiket Masuk Gunung Artapela

Selama mendaki gunung ini sudah tersedia basecamp yang memudahkan untuk wisatawan. Sebelum mendaki akan dikenai tarif masuk yang sangat murah meriah. Selain itu siapkan juga biaya untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Gunung Artapela
Tiket Masuk Rp5.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp15.000

Baca: Kota Mini Lembang Tiket & Wahana

Jam Buka Gunung Artapela

Basecamp untuk pendakian gunung ini selalu buka setiap hari selama 24 jam. Jadi wisatawan bisa datang kapan saja. Namun untuk memulai pendakian idealnya pada pagi atau siang hari. Meski jalurnya ramah mendaki ketika malam akan lebih berisiko.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Gunung Untuk Pemula Dengan Pemandangan Memesona

Pemandangan pagi hari di puncak gunung Artapela
Puncaknya berupa tanah datar yang luas dan mampu menampung banyak tenda. Foto: Gmaps/Bayu Sapto Aji

Memiliki ketinggian 2.194 Mdpl gunung ini bisa jadi alternatif wisata pendakian di Jawa Barat. Namanya memang tidak sepopuler Gunung Gede atau Gunung Papandayan. Namun jangan salah, Gunung Artapela punya pesona keindahan alam yang menakjubkan. Dari puncaknya wisatawan bisa melihat gagahnya gunung yang ada di Bandung dan sekitarnya. Selain itu gunung ini juga banyak ditumbuhi bunga Edelweiss.

Meski terbilang baru namun jalur pendakian gunung ini sudah sangat baik. Puncaknya yang tidak terlalu tinggi sangat cocok untuk para pemula. Wisatawan akan benar-benar merasakan pengalaman mendaki yang luar biasa. Perkebunan teh dan sayur, padang ilalang hingga keindahan danau semua bisa terlihat di gunung ini.

Baca: TRANS STUDIO Bandung Harga Tiket & 11 Wahana

Hamparan Perkebunan Asri

Hamparan perkebunan di kaki Gunung Artapela
Untuk pendakian gunung ini diawali dengan melewati perkebunan milik warga. Foto: Gmaps/Ktira Kharisma

Wisatawan akan memulai pendakian dari basecamp yang ada di Desa Sukapura. Di awal pendakian jalurnya masih ramah dengan pemandangan khas desa kaki gunung. Wisatawan akan menemui banyak warga setempat yang berlalu lalang. Mereka biasa mengangkut kayu atau sayuran hasil dari perkebunan.

Pada awal pendakian suguhan pemandangan yang cantik siap menemani. Hamparan perkebunan miliki warga tertata rapi. Warna hijau mendominasi sejauh mata memandang. Dengan udara segar pegunungan menambah kenikmatan dalam pendakian.

Baca: 7 Gunung Populer di Bandung Cocok Untuk Trekking

Jalur Terbuka Yang Menguras Tenaga

Puncak gunung Artapela yang berupa tanah lapang terbuka
Ciri khas gunung ini adalah jalurnya yang terbuka sehingga pemandangan indah di sekitarnya dapat terlihat dengan jelas. Foto: Gmaps/Farhan Apriliansyah

Setelah melewati perkebunan warga, wisatawan akan disambut jalur bukit yang mulai menanjak. Tentu diperlukan fisik yang prima untuk melewati jalur tersebut. Jalur bukit ini berupa jalur terbuka dengan dominasi rerumputan. Pepohonan tinggi sangat jarang ada di area ini. hal tersebut akan jadi tantangan tersendiri, apalagi ketika siang.

Saat melewati area ini pada siang hari tenaga akan cepat terkuras. Tidak adanya pepohonan membuat wisatawan akan langsung terpapar teriknya sinar matahari. Namun meski begitu suguhan pemandangan yang ada pun begitu memesona. Ketika melihat ke belakang wisatawan akan bisa menyaksikan keindahan alam lereng Gunung Artapela.

Sawah, perkebunan dan rumah-rumah warga terlihat begitu jelas. Di area padang terbuka ini terdapat sebuah gubuk yang dapat dimanfaatkan untuk istirahat. Wisatawan dapat mengisi tenaga kembali sembari menikmati pemandangan.

Baca: Gunung Geulis Bandung Tetap Menawan Meski Tak Tinggi

Mencapai Puncak Gunung Artapela

Estimasi pendakian di gunung ini tidak terlalu lama. hanya dibutuhkan perjalanan sekitar kurang lebih 4 jam untuk mencapai puncak. Sebelum mencapai puncak wisatawan akan melewati jalur rerumputan namun lebih tertutup. Pepohonan lebih banyak dan tampak lebih rindang.

Puncak dari gunung ini adalah sebuah padang rumput luas yang ditumbuhi ilalang. Ketika bunga ilalang tumbuh pemandangan luar biasa terhampar. Bunga ilalang yang bergoyang lewat hembusan angin menciptakan sebuah momen yang luar biasa. Wisatawan juga bisa melihat bunga Edelweis di puncak gunung ini.

Baca: GUNUNG PUTRI Lembang Tiket & Aktivitas

Bermalam di Puncak Gunung

Kerlap-kerlip lampu kota yang terlhat dari puncak gunung
Ketika malam wisatawan akan disuguhi pemandangan romantis kerlap-kerlip lampu kota. Foto: Gmaps/Depri Yatna

Area puncak gunung ini memiliki area datar yang luas. Sehingga banyak tempat yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan tenda. Areanya yang sangat terbuka memungkinkan wisatawan melihat pemandangan indah malam hari. Kerlap-kerlip lampu yang ada di bawah gunung menciptakan momen yang romantis. Kabut tipis yang menyelimuti dan dinginnya udara gunung sangat cocok dinikmati dengan minuman hangat.

Sunrise dan Sunset

Keindahan yang ditawarkan Gunung Artapela ketika pagi
Ketika pagi saat cuaca cerah wisatawan bisa melihat pesona gunung-gunung menjulang yang begitu indah. Foto: Gmaps/Kushendra Taswana

Wisatawan jangan sampai telat untuk bangun. Ketika pagi pesona megah sudah siap menyambut. Momen matahari terbit terlihat begitu indah dari tempat ini. Dari kejauhan tampak gunung-gunung di wilayah Jawa Barat terlihat begitu gagah. Di bawahnya awan berarak dan menciptakan momen seperti di atas Khayangan.

Selain sunrise, sunset di puncak gunung ini pun juga indah. Jadi pastikan untuk sampai ke puncak sebelum petang tiba.

Pesona Danau Aul

Di kaki Gunung Artapela terdapat sebuah danau yang eksotis. Namanya adalah Danau Aul. Danau tersebut terlihat sangat jelas dari puncak gunungnya. Wisatawan pun dapat menyambangi danau tersebut. Wisatawan pun dapat menyambangi danau tersebut ketika turun gunung. Hanya berjarak sekitar 30 meter dari kaki gunung.

Fasilitas Gunung Artapela

Meski terbilang baru namun fasilitas yang ada sudah sangat memadai. di basecamp sudah tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, mushola, terminal listrik dan warung. Pendaftarannya pun sudah bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan.

Lokasi Gunung Artapela

Basecamp pendakian gunung ini beralamat di Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 26

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini