Beranda Tiket Wisata

PULAU SIBERUT: 5 Daya Tarik Wisata - September 2020

Pulau Siberut
Harga Tiket: Rp95.000 - Rp300.000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Bojakan,Siberut Utara,Kepulauan Mentawai,Sumatera Barat,25394,.

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu gugusan kepulauan di Indonesia yang terletak di Sumatera Barat. Posisinya berhadapan langsung dengan Samudra Hindia menawarkan kekayaan alam yang masih terjaga. Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 pulau besar, yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Selatan, dan Pulau Pagai Utara.

Pulau Siberut merupakan pulau terbesar di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sebagian besar wilayahnya menjadi bagian Taman Nasional yang menjadi habitat banyak flora dan fauna endemik. Selain itu, di sini juga menjadi tempat tinggal suku Mentawai asli yang dapat dijumpai oleh para wisatawan.

Biaya Berwisata ke Pulau Siberut, Mentawai

Berkunjung ke Pulau Siberut, Mentawai, perlu persiapan yang matang. Rasanya tidak lengkap Menyusun destinasi wisata tanpa gambaran biaya yang akan dikeluarkan.

Kapal Penyebrangan
Kapal Cepat (Mentawai Fast)
WNIRp 250.000
WNARp 300.000
Kapal Ferry
Anak-anakRp 95.000
DewasaRp 135.000
Homestay
Rp 300.000 – Rp 1.500.000/malam
Rp 1.200.000 – Rp 5.000.000/malam

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Kepulauan Menatawai

Waktu Penyebrangan Kapal

Penjelajahan wisata dapat dilakukan setiap hari setiap waktu. Hanya saja para wisatawan perlu memperhatikan jam penyebrangan kapal dari Kota Padang. Berikut adalah jadwal kapal penyeberangan yang dihimpun dari genpi.id.

Waktu dan Jenis Kapal Penyebrangan

 

Kapal FerryKapal Cepat (Mentawai Fast)
Padang – Pulau SiberutPulau Siberut – PadangPadang – Pulau SiberutPulau Siberut – Padang
Senin
Selasa07.0014.00 – 15.00
Rabu
Kamis09.0021.0007.0014.00 – 15.00
Jumat18.00
Sabtu18.0007.0014.00 – 15.00
Minggu

Wisata di Pulau Siberut

Tidak hanya wisata pantai dan laut. Kawasan wisata Taman Nasional ini juga menawarkan wisata hutan dengan ciri khas flora dan fauna tersendiri. Daya tarik wisata yang bisa didapat pengunjung antara lain:

Baca: WAVEPARK RESORT Mentawai: Harga & Ragam Aktivitas

Wisata Taman Nasional Pulau Siberut

Primata endemik pulau Siberut
Salah satu primata endemik yang berada di Taman Nasional Kepulauan Mentawai – Foto: instagram/ markleonspence

Taman Nasional ini memiliki luas area mencapai 400.000 hektar yang didominasi oleh ekosistem hutan hujan tropis. Memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan biosfer dunia. Bahkan UNESCO juga menetapkan Taman Nasional Pulau Siberut sebagai salah satu cagar biosfer.

Peran yang tidak kalah penting adalah menjadi habitat flora dan fauna endemik. Terdapat 4 primata khas Mentawai yaitu Bilou, Simakobu, Bokoi, dan Joja. Keempat primata ini dapat ditemui oleh wisatawan jika beruntung.

Wisata Budaya: Uma dan Sikrei

Sikrei Mentawai
Sikrei merupakan kepala suku Mentawai. Memiliki kekuatan leluhur untuk melakukan pengobatan – Foto: Instagram/ zestevasions

Menjelajah area pulau tidak lengkap rasanya jika tidak berinteraksi dengan kearifan lokalnya. Terdapat suku asli Mentawai yang dipimpin oleh Sikrei. Sikrei merupakan pemimpin kelompok sekaligus dukun yang dapat melakukan pengobatan melalui ritualnya. Suku Mentawai tinggal dan biasa melakukan ritual di tempat tinggal mereka yang disebut ‘Uma’.

Wisatawan dapat melihat aktivitas suku Mentawai dalam kesehariannya. Bahkan wisatawan dapat merasakan hidup dan tinggal langsung bersama Suku Mentawai di dalam Uma. Jika ingin menarik hati para suku Mentawai, pengunjung dapat mempersiapkan rokok sebagai hadiah kepada suku Mentawai.

Wisata Pantai

Pantai pasir putih di Kepulauan Mentawai
Salah satu pantai pasir putih yang berada di sekitar pulau. Wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas air seperti surfing dan snorkeling – Foto: Google Maps/ Levi Guide Mentawai

Tidak dapat dipungkiri keindahan garis pantai yang ada di sekitar pulau. Banyak lokasi pantai yang disertai dengan gulungan ombak yang indah. Wisata ini menjadi banyak pilihan para wisatawan mancanegara. Adapun aktivitas yang dapat dilakukan meliputi surfing, snorkeling, berenang, dan memancing.

Wisata Mangrove

Susur Sungaidi Pulau Siberut, Mentawai
Aktivitas susur sungai hingga ke ekosistem mangrove di bagian timur – Instagram/ khairulsabani

Wisata Mangrove dapat dilakukan di bagian timur pulau. Habitat mangrove dapat banyak ditemui di Teluk Katurei. Wisatawan yang berminat berwisata ke hutan mangrove dapat menggunakan kapal speed boat. Nantinya wistawan juga akan melakukan penyusuran sungai hingga bertemu di muara yang menjadi habitat mangrove.

Wisata Kuliner Mentawai

Panen sagu
Panen sagu sebagai makanan pokok SUku Mentawai – Foto: Instagram/ darius_siritoitet

Pangan lokal suku Mentawai adalah sagu. Tanaman sagu banyak tumbuh dengan baik dan cepat di pulau ini. Suku Mentawai biasa mengolah sagu menjadi beberapa menu makanan. Wisatawan yang mencicipi olahan makan ini jika berkunjung ke rumah penduduk.

Adapun olahan pangan lokal yang terkenal dari Suku Mentawai:

  1. Kapurut Sagu
  2. Obuk
  3. Anggau Siboik-boik
  4. Batra

Akses Menuju Pulau Siberut kepulauan Mentawai

Untuk bisa sampai ke pulau ini hanya dapat diakses menggunakan transportasi laut. Terdapat 2 jenis kapal penyeberangan yang dapat dipilih yaitu kapal ferry dan kapal cepat. Kedua jenis kapal ini menawarkan keunggulan masing-masing

Penyebrangan menggunakan kapal ferry Padang – Pulau Siberut dapat ditempuh dalam waktu 10 – 12 jam perjalanan. Penyebrangan dilakukan dari Pelabuhan Muaro Padang.

Kapal Cepat (Mentawai Fast) dapat menempuh Padang – Pulau Siberut dengan 2 jam perjalanan. Tiket dan keberangkatan dapat diakses di Muaro, Padang. Fasilitas yang tersedia meliputi telelivisi, AC, snack, dan air mineral.

Lokasi Pulau Siberut

Objek wisata kepulauan ini berada di gugusan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat Indonesia. Lokasinya berjarak 170 km dari pusat Kota Padang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini