Beranda Tiket Wisata

BANTO ROYO Agam Tiket & Aktivitas Outbond - September 2020

Bonto Royo
Harga Tiket: Rp10.000 - Rp25.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Kaluang Tapi, Koto Tangah,Tilatang Kamang,Agam,Sumatera Barat,Indonesia ,K26152.

Banyak wisata alam yang ditawarkan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Salah satunya adalah Banto Royo. Objek wisata yang dibuka untuk umum pada tahun 2018 menawarkan konsep wisata air. Dengan total luas area yang mencapai 6,5 hektar, 80% areanya didominasi oleh perairan.

Berawal dari rawa mati dengan rimbunnya pepohonan Cingkariang disulap menjadi objek wisata yang menarik. Berbeda dengan objek wisata disekitarnya, pengunjung diajak merasakan suasana hutan rawa dengan trek jembatan sepanjang 2 km. Siapa yang menyangka, kalau area ini dulunya sulit untuk dijelajahi karena tekstur tanahnya berliat.

Harga Tiket Wisata Banto Royo

Wisatawan yang berkunjung ke sini akan dikenakan tiket masuk. Terdapat wahana gratis dan berbayar yang ditawarkan pengelola. Hal unik dari sistem pembayaran disini adalah adanya penggunaan koin khusus di dalam area wisata. Berikut harga tiket masuk dan wahana Banto Royo

Harga tiket masuk dan wahana
Tiket Masuk
Selasa – JumatRp 10.000/orang
Sabtu – mingguRp 20.000/orang
Tarif Parkir
MotorRp 3.000
MobilRp 5.000
Wahana Outbond
AnakRp 20.000/orang
DewasaRp 25.000/orang
Wahana Perahu
Kapasitas 1 orangRp 20.000/orang
Kapasitas 2 orangRp 15.000/orang
Kapasitas 3 orangRp 10.000/orang
Taman Bermain
AnakRp 5.000/anak

Baca: 5 Tempat Wisata Terbaik di Agam Sumbar

Waktu Operasional

Wisata Banto Royo terbuka untuk umum. Mengingat antusiasme pengunjung yang cukup tinggi, pengelola memberlakukan 1 hari penutupan setiap hari Senin. Hari tutup ini dimanfaatkan oleh pengelola untuk mengecek dan memperbaiki kelayakan wisata yang ditawarkan. Hindari berkunjung di akhir pekan jika ingin menghindari tingginya lonjakan pengunjung.

Jam Buka
Selasa – Jumat (Senin tutup)08.00 – 17.00

Aktivitas dan Wahana di Banto Royo

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan pengunjung di sini. Konsep wisata yang ramah keluarga ditunjang dengan hiburan anak hingga orang dewasa. Berikut beberapa aktivitas yang dapat pengunjung nikmati:

Panorama Alam

Landmark Banto Royo yang menjadi ciri khas
Landmark Banto Royo yang menjadi ciri khas wisata air – Foto: GoogleMaps/ Wahyu Ns

Banto Royo menyuguhkan panorama alam yang cukup unik. Pengunjung dapat melihat hutan rawa di antara hamparan sawah yang luas. Objek wisata ini menawarkan jalan-jalan di atas rawa dengan menggunakan jembatan. Trek jembatan ini menghubungkan beberapa wahana dan melintasi beberapa bagian hutan rawa. Jembatan kayu dengan lebar 1 meter tanpa pegangan pengaman membuat suasana alami tetap terjaga.

Baca: Lawang Park Agam Tiket & Aktivitas

Kegiatan Outbound Banto Royo

Wahana Outbound dewasa di atas rawa
Wahana Outbound dewasa di atas rawa – foto: Instagram/ banto_royo

Salah satu wahana yang ditawarkan di Banto Royo adalah outbound. Hal yang menarik dari outbound di sini adalah suasana hutan dan rawa di bawahnya. Fokus menjadi kunci utama, terpeleset sedikit air rawa menanti. Adrenalin pengunjung pasti terpacu.

Tidak sulit untuk menemukan wahana ini. Petunjuk arah wahana terpasang jelas dekat pintu masuk. Tempat wisata ini membagi kegiatan outbound dalam 2 kategori, yaitu anak dan dewasa. Di akhir lintasan terdapat flying fox yang menyeberangi wilayah perairan.

Baca: PUNCAK LAWANG Tiket & 6 Aktivitas Seru

Perahu Dayung

Perahu air di Banto Royo
Eksplorasi rawa di Banto Royo semakin menarik dengan hadirnya penyewaan kano – Foto: GoogleMaps/ Yudi Prama Agustino

Sesuai dengan konsep wisata air yang dikembangkan di sini. Pengelola menawarkan permainan air menggunakan perahu. Wahana ini cocok banget mengeksplorasi daerah rawa yang mendominasi.

Perahu yang tersedia pun terdiri dari berbagai macam. Pengunjung dapat menyesuaikan pilihan perahu dengan selera dan kapasitasnya masing-masing. Biaya yang dipungut untuk wahana perahu air relatif terjangkau. Harga yang dipatok sudah termasuk penyewaan jaket pengaman.

Taman bermain anak di Banto Royo

Area Playground bagi si kecil
Area Playground buat si kecil dijamin puas. Jangan lupa siapkan baju pengganti – Foto: GoogleMaps/ Syofyan Hamid

Bagi pengunjung yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir. Di lokasi ini tersedia taman bermain anak yang dapat diakses dengan harga murah. Banyaknya permainan yang tersedia meliputi ayunan, perosotan, sepak bola, kolam pasir, dan kolam lumpur. Pastikan pengawasan orang tua tidak luput dari anak yang sedang bermain, ya.

Baca: TARUSAN KAMANG Padang Rumput Unik di Agam

Spot Foto

Salah satu spot foto favorit di Banto Royo
Salah satu spot foto favorit di Banto Royo – Foto: Instagram/ Ipatnurfajri

Banyak foto spot yang ditawarkan oleh pengelola Banto Royo. Foto spot tersebar di dekat pintu masuk hingga di trek lintasan. Jembatan besi pun menjadi salah satu spot yang paling banyak diunggah ke sosial media. Selain itu, terdapat spot foto primadona untuk pasangan yang melakukan foto prewedding.

Penampilan Budaya

Penampilan tari daerah di Banto Royo
Penampilan tari daerah di Banto Royo – Foto: Instagram/ _ptrihani_06

Pemerintah Kabupaten Agam sedang gencar-gencarnya mempromosikan potensi wisata yang berada di wilayahnya. Promosi wisata ini kerap kali melibatkan penampilan budaya tradisional. Wisata Banto Royo pun ikut meramaikan pengenalan dan pelestarian budaya Minang melalui penampilan seni tari dan bela diri.

Fasilitas Penunjang

Fasilitas penunjang yang tersedia terbilang cukup lengkap. Sudah adanya area parkir dan pengelolaan parkir. Toilet dan mushala sudah cukup memadai. 9 gazebo sebagai tempat peristirahatan juga masih terus dikembangkan jumlahnya. Selain itu, beberapa area tempat duduk di trek jembatan sudah tersedia. Ketersediaan restoran di dalam area wisata juga mengimbangi larangan membawa makanan dari luar.

Lokasi & Akses Banto Royo

Objek wisata ini terletak di Jl. Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Tilatang Kamang, Kabupaten agam. Lokasinya berdekatan dengan wisata Taman Tirtasari.

Banto Royo berjarak 12 km dari Kota Bukittinggi dengan waktu tempuh kurang dari 30 menit. Dari Bukittinggi, pengunjung dapat melalui rute Jl. By Pass maupun Jl. Raya Pakan Kamis. Kedua rute tersebut akan bertemu di Jl. Minggu Gadang. Pengunjung bisa lurus terus mengikuti jalan hingga terlihat papan sampai ke objek wisata ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 4 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini