Kebun Teh JamusHarga Tiket: Rp15.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Girikerto, Sine, Ngawi, Jawa Timur, Indonesia, 63264

Kebun Teh Jamus adalah wisata hamparan kebun teh yang menghijau di lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini memiliki bentang alam mempesona dan alam yang lestari. Dengan ketinggian 800 – 1200 mdpl membuat udaranya sejuk dan acap kali berkabut.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 45 km dari kota Ngawi dan 240 km dari Surabaya. Lahan kebun seluas 478 ha tersebut telah dilestarikan lebih dari seratus tahun lamanya. Agrowisata berwawasan lingkungan hidup ini telah terkonsep sejak 1993 dan meraih penghargaan Kalpataru tahun 2004.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Jamus

Pemandangan indah dengan hijaunya hamparan tanaman teh bisa dinikmati dengan harga yang murah. Cukup membayar beberapa ribu sudah bisa masuk ke kawasan wisata perkebunan teh ini

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Jamus
Senin – MingguRp15.000

Harga tiket masuk sudah termasuk dengan satu kotak teh hasil kebun teh setempat.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Jam Buka Area Wisata Kebun Teh Jamus

Pengunjung bisa menikmati sekitar area perkebunan teh ini setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu08.00 – 17.00

Ragam Aktivitas Wisata

Kebun Teh Jamus Ngawi
Kebun Teh Jamus Ngawi.
Foto : Instagram/roybarbershop

Akses jalan masuk ke lokasi wisata berupa jalan aspal yang dapat dilewati satu mobil. Daya tarik wisata utamanya tentu saja hamparan kebun teh. Tuk Pakel. Kesejukan udara di kebun teh Jamus juga didukung oleh adanya air terjun Gerojokan Songo.

Selain itu ada Jamus Borobudur Hill (bukit Borobudur) dan kolam renang Sumber Lanang. Berbagai fasilitas pun tersedia, seperti Gardu Polo, Flying Fox, dan camping ground.

Mengunjungi Pabrik Pengolahan Teh

area perbukitan hujau dengan hamparan tanaman teh
Melihat pemandangan Kebun Teh Jamus Ngawi dari atas. Foto : Google Maps/Nuki kik

Perhentian pertama, di lokasi Pabrik Teh Jamus merupakan lokasi yang asri dan rindang. Di area parkir mobil dan motor terdapat gardu pandang panorama kebun teh. Lokasi ini merupakan perhentian saja karena masih terdapat lokasi wisata yang lebih komplit.

Pabrik Teh Jamus adalah pabrik pengolahan teh yang  berdiri sejak masa  penjajahan Belanda. Kini pabrik yang berlokasi di Kampung  Jamus, Ngawi tersebut dikelola oleh PT. Candi Loka. Lokasinya merupakan sebuah tempat yang asri dan strategis untuk pengolahan teh berkualitas tinggi.

Baca: Lawu Park Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Di sini, pucuk daun teh berdasar kriteria tiap produk, kemudian diproses lebih lanjut. Maka dihasilkan lah teh kering siap seduh yang berkualitas dan berkhasiat bagi kesehatan.

Trekking Menyusuri Area Kebun Teh Jamus

Di Lokasi ini, terdapat tempat parkir yang cukup luas dan beberapa kios penjual makanan dan teh. Selang jarak 200 meter, ada penukaran tiket dengan teh satu boks kecil. Untuk melihat pemandangan dari atas, wisatawan perlu menempuh jalan berkelok dan menanjak.

Menikmati Pemandangan Kebun Teh

Pemandangan Kebun Teh Jamus Ngawi yang hijau dan segar membuat udaranya sejuk dengan suasana yang alami
Pemandangan Kebun Teh Jamus Ngawi yang hijau dan segar membuat udaranya sejuk dengan suasana yang alami.
Foto : Instagram/hakimsunjoyo

Kebun Teh Jamus merupakan unit perkebunan terbesar di Ngawi dengan luas lahan mencapai 478 hektare. Sekitar 460 hektare di antaranya ditumbuhi tanaman teh, sedangkan sisanya ditumbuhi pohon-pohon besar.

Di kawasan wisata perkebunan ini wisatawan akan mendapati pemandangan kebun teh yang hijau dan segar. Udaranya sejuk dengan suasana yang alami dan tenang. Jika datang ke sebelum jam 12 siang, wisatawan dapat melihat aktivitas pemetikan daun teh.

Baca: Lembah Sumilir Karanganayar Tiket & Wahana

Ada beberapa jenis teh yang tumbuh di lokasi perkebunan ini. Di antaranya teh hitam, teh putih, teh hijau, serta benalu the untuk bahan obat. Di kawasan ini juga terdapat makam pendiri Kebun Teh Jamus Van Der Rappart (1826-1910).

Grojokan Songo Tuk Pakel

Grojokan Songo Tuk Pakel merupakan salah satu pemandangan di kawasan wisata Kebun Teh Jamus. Di Grojokan Songo tersebut air mengalir pada bebatuan tersusun bertingkat sepanjang 25 meter. Pepohonan rindang dengan gemercik air yang mengalir menjadi sajian alamnya.

Kolam Renang Sumber Lanang

Kolam Renang Sumber Lanang di Kebun Teh Jamus
Kolam Renang Sumber Lanang berada di tengah-tengah areal perkebunan dan dikelilingi pepohonan menyejukkan. Foto : Instagram/asta666

Di kebun teh ini terdapat air terjun bernama Sumber Lanang beserta kolam renangnya. Kolam Renang Sumber Lanang berada di tengah-tengah areal perkebunan teh dan pepohonan menyejukkan. Di sekitar kolam renang terdapat pondok-pondok kecil untuk menikmati segarnya air sekaligus melihat pemandangan asri.

Air yang mengalir ke kolam renang sangat jernih dan segar. Air tersebut berasal dari Sumber Lanang yang airnya tak pernah habis, selalu mengalir. Suhu airnya relatif dingin yaitu sekitar 15 – 22 ºC.

Baca: Air Terjun Grojongan Sewu Tawang Mangu Tiket & Aktivitas

Kolam renang ini dikeliling pepohonan besar berbagai jenis seperti Preh, Ipik, dan Beringin Kantil. Terdapat satu jenis pohon besar dengan berdiameter sekitar 300 cm yaitu pohon Bulu. Pohon ini sengaja tidak ditebang karena menghasilkan air yang melimpah.

Swafoto di Borobudur Hills

bukit borobudur
Borobudur Hills merupakan spot sensasional di kawasan wisata kebun teh.
Foto : Instagram/i.majiner

Borobudur Hills (Bukit Borobudur) merupakan salah satu daya tarik utama Perkebunan Teh Jamus. Di Kebun Teh Jamus terdapat hamparan berundak setinggi 35,4 meter layaknya candi. Tempat ini diberi nama Borobudur Hills karena jika terlihat dari kejauhan terlihat menyerupai Candi Borobudur.

Bukit yang beroperasi tahun 2003 ini menjadi spot sensasional di kawasan Kebun Teh Jamus. Dengan jumlah tanaman teh sekitar 35.400 pohon, udara di tempat ini sejuk khas pegunungan. Di tempat ini, wisatawan dapat berswafoto dan mendaki.

Untuk mencapai puncak tertinggi dari Borobudur Hills, wisatawan harus melewati 117 anak tangga. Dari tempat ini, wisatawan dapat melihat hamparan perkebunan teh dan kolam renang Sumber Lanang. Bila tidak sedang berkabut, wisatawan dapat melihat pemandangan Gunung Lawu hingga terlihat puncaknya.

Gardu Polo

aktivitas offroad dengan motor trail
Hamparan tanah lapang di Gardu Polo juga digunakan untuk aktivitas offroad atau trail. Foto : Instagram/ervansarpend112

Berada pada ketinggian 1000 mdpl, dari Gardu Polo wisatawan dapat menikmati keindahan Kota Ngawi. Hamparan perkebunan teh terlihat dengan suasana yang sejuk dan damai. Hamparan tanah lapang di Gardu Polo juga seru untuk aktivitas offroad atau trail.

Selain itu, Kebun Teh Jamus juga memiliki taman bermain lengkap dengan Flying Fox.

Berkemah di Camping Ground ‘Kanthil Idaman’

Area Kebun Teh Jamus sangat cocok menjadi lokasi outbond dan perkemahan, baik perorangan maupun kelompok. Lokasinya berada di Bumi Perkemahan Kanthil Jamus, dengan suasana teduh pepohonan Kantil. Tempat tersebut berada di bawah 3 pohon kanthil besar berusia lebih dari 100 tahun.

Sekitar 0,7 hektar lahan tersedia dapat menampung hingga 400 peserta kemah. Area ini lengkap dengan masjid yang luas dan banyak kamar mandi. Dari lokasi ini wisatawan dapat melihat pepohonan pinus, persawahan serta hamparan perkebunan teh.

Kontak dan Lokasi Kebun Teh Jamus

Kawasan wisata kebun teh ini berada di Girikerto, Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63264. Berjarak sekitar berkendara dari kawasan wisata karanganyar Jawa Tengah.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 17

Kasi Bintang