Gedung museum Gunung Merapi
Gedung Museum Gunung Merapi. Foto: Gmap/Adjat Sudrajat

Siapa yang tak kenal Gunung Merapi? Gunung tertinggi di Yogyakarta yang penuh dengan Misteri. Karena penuh dengan sejarah, Gunung Merapi memiliki museum yang siap memberikan informasi kepada pengunjung yaitu Museum Merapi Yogyakarta.

Tidak hanya indah, Gunung yang juga terkenal akan aura mistisnya. Museum Merapi dibangun sebagai sarana edukasi mengenai Gunung Merapi. Tidak hanya aspek ilmiah, tapi juga aspek sosial dan lainnya, ada di sini.

Harga Tiket Masuk Museum Merapi

Untuk berkunjung dan mengenal berbagai seluk-beluk Gunung Merapi pengunjung tidak perlu membayar mahal. Harga tiket bisa dibeli dengan membayar hanya Rp5.000 saja.

Harga Tiket Masuk Museum Merapi
Tiket Museum untuk Wisatawan Domestik Rp5.000
Tiket Museum untuk Wisatawan Mancanegara Rp10.000
Tiket Ruang Audio Visual Wisatawan Domestik Rp5.000
Tiket Ruang Audio Visual Wisatawan Mancanegara Rp10.000

Baca: Museum Ullen Sentalu Tiket & 3 Aktivitas Top

Jam Operasional Museum Merapi

Museum ini bisa dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang setiap hari kecuali hari Senin, museum tidak beroprasi.

Jam Buka Museum
Selasa – Minggu 08.00 – 15.30 WIB

Beragam aktivitas bisa dilakukan di Museum Merapi selain tentunya melihat berbagai koleksi kegunungapian. Berikut beberapa diantaranya.

1. Wisata Sambil Belajar di Museum Merapi

Replika gunung merapi di dalam museum merapi
Replika Gunung Merapi di dalam Museum. Foto: Gmap/Divina Gracia Baclig

Museum Merapi berisi tentang informasi mengenai aspek kegunungapian dan bencana geologi. Keberadaan museum ini dinilai penting, supaya dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Selain itu, juga untuk meningkatkan kewaspadaan mengenai ancaman bencana.

Mengingat Jogja memiliki gunung berapi aktif, museum ini sangat tepat untuk mengedukasi masyarakat. Edukasi mengenai cara bertindak ketika gempa hingga pasca gempa. Sehingga masyarakat akan siap ketika sewaktu – waktu gunung api meletus.

Museum ini berada di atas tanah seluas 3,5 hektar, dengan bangunan 4.470 meter. Karena, di objek wisata ini tidak hanya museum, tapi dilengkapi juga dengan taman. Bahkan, masyarakat Jogja lebih mengenalnya sebagai Museum Gunungapi Merapi, Merapi Jendela Bumi.

2. Belajar Beragam Informasi Kegunungapian

Informasi yang ada di dalam Museum Gunungapi Merapi
Informasi terkait kegunungapian bisa didapat di museum ini. Foto: Gmap/Nur Afiatun

Di sini, tentunya pengunjung akan mendapatkan banyak informasi mengenai kegunungapian. Diantaranya gerakan tanah dan proses dinamika geologi, model pembentukan hingga proses terbentuknya.

Ada juga informasi mengenai proses terbentuknya gunung berapi secara geologi. Struktur geologi gunung api, hingga produk hasil letusannya.

Tidak lupa, informasi mengenai Mitigasi bencana alam. Tidak hanya gunung meletus, tapi juga gempa bumi, tsunami, serta gerakan tanah lainnya. Tidak lupa, sistem penyelamatan masyarakat terhadap bencana.

Selain itu, ada juga informasi mengenai potensi dan manfaat pasca gunung meletus. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Aspek sosial budaya pun ikut andil dalam keberadaan gunung api.

3. Ruang Home Theater

Gedung museum Merapi
Gedung Museum yang unik dan menawan. Foto: Gmap/Adjat Sudrajat

Di sini, tidak hanya pameran mengenai gunung api, melainkan ada juga ruangan lain. Seperti ruangan home theater ini. Dimana ruangan ini berada di lantai 2 museum.

Kapasitas ruang home theater adalah 100 tempat duduk. Di sini, pengunjung akan menyaksikan film dokumenter. Tentunya yang berhubungan dengan gunung berapi, yaitu tentang erupsi Gunung Merapi.

4. Ruang Auditorium

Selain ruang home theater, ada juga ruang auditorium. Ruangan ini berada di lantai 1 gedung museum. Di sini, pengunjung dapat menyewa ruangan untuk kegiatan pribadi.

Kegiatan seperti rapat, diskusi, seminar, atau kegiatan lainnya. Pengunjung dapat menghubungi pengelola museum jika ingin menyewa ruangan.

5. Ruang Open Theater

Selain ruangan indoor, ada juga ruangan outdoor yang dinamakan open theater. Open theater berada di belakang museum. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan pentas seni sambil menikmati keindahan Gunung Merapi.

Tempat ini sering digunakan untuk acara, terutama ketika cuaca sedang cerah. Seperti kegiatan sosial, pentas seni, gathering, atau kegiatan lainnya.

6. Kios Souvenir

Pengunjung dapat membawa buah tangan berupa souvenir yang bisa dibeli di kios souvenir. Lokasinya berada di sisi kiri pintu masuk museum bagian barat. Tempatnya berada di lantai 1 gedung museum.

Souvenir cantik seperti gantungan kunci, miniatur museum, serta kaos ada di sini. Pengunjung dapat memberikan oleh – oleh ini untuk keluarga atau teman.

Fasilitas di Museum Merapi

Fasilitas umum seperti lapangan parkir, toilet, serta mushola ada di sini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati akses internet gratis. Karena terdapat area hotspot di sekitar museum.

Kontak & Lokasi Museum Merapi

Museum ini berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Kaliurang KM.22, Banteng, Hargobinangun, Pakem.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai museum atau sewa ruangan, dapat menghubungi nomor 0274-896-498. Atau dapat mengirimkan email ke alamat email mgm@slemankab.go.id. Alamat website di mgm.slemankab.go.id.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,84 / 57 pembaca