Beranda Tiket Wisata

PANTAI BEBAS Parapat Tiket Masuk & Ragam Fasilitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Bebas Perapat : gratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Danau Toba, Kelurahan Parapat, Jl. Sisingamangaraja,, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia, 21174

Pantai Bebas Parapat merupakan salah satu pantai yang ada di Danau Toba. Danau Toba sendiri menjadi ikon wisata Sumatera Utara bahkan terkenal hingga mancanegara. Pesona indahnya alam tepian danau yang menyerupai pantai laut lepas. Bahkan kini telah dilengkapi berbagai aneka wahana serta ruang terbuka hijau yang gratis bagi siapa saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Bebas Parapat

Untuk menikmati panorama keindahan Danau Toba dari pesisir Pantai Bebas Parapat tidak dikenakan biaya sama sekali. Termasuk menikmati berbagai fasilitas ruang terbukanya.

Harga Tiket
Setiap hari Gratis

Baca: BUKIT SIBEA-BEA Tiket & Pesona Patung Yesus Hingga Danau Toba

Jam Buka

Wisatawan juga bebas berkunjung kapan saja. Tak ada batasan terkait jam operasional. Karena destinasi selalu terbuka selama 24 jam.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

Pesona Wisata Pantai Bebas Parapat

Pantai Bebas Parapat sebenarnya tidak benar-benar dapat dikatakan pantai. Sebab keberadaannya sebagai tepian danau yang di seberangnya terdapat Pulau Samosir. Sehingga keberadaannya lebih terkenal sebagai dermaga mini menuju pulau Samosir. Meskipun demikian, berbagai pesona yang ada cukup menjadikannya destinasi yang menarik. Tak hanya para wisatawan domestik yang berkunjung, bahkan para turis pun juga turut bertandang.

Ikon Patung Selamat Datang

Salah satu spot foto ikonik di sini yaitu Patung Selamat Datang kota Parapat. Patung ini menggambarkan dua sejoli yang berpakaian adat dan melambaikan tangan. Seolah menyambut para wisatawan datang. Tak jarang wisatawan mengambil foto berlatar patung ini ketika berada di kawasan wisata ini.

Kemudian ada juga tulisan ikonik I love Danau Toba Simalungun. Tulisannya cukup besar dan terletak tepat di tepian pantai. Pada saat berfoto di sini, akan tampak tulisan serta latar Danau Toba. Bahkan jika dapat mengatur sudut terbaik, bisa mendapatkan keindahan Pulau Samosir.

Spot lain yang tak kalah favorit yaitu banner Lake Toba. Tulisan ini dibuat dengan susunan daun sintetik yang menawan. Latarnya juga menghadap danau. Spot ini terletak di dalam ruang terbuka yang perlu melewati beberapa undakan terlebih dahulu.

Baca: BUKIT INDAH Simarjarunjung Tiket, Wahana & Aktivitas

Pemandangan Pulau Samosir

Keindahan pulau samosir - Reza aga tornado
Keindahan Pulau Samosir dari Pantai Bebas Parapat (foto: Google maps/Reza aga) tornado

Salah satu daya tarik berkunjung ke Pantai Bebas Parapat yaitu bisa menyaksikan keindahan Pulau Samosir. Pemandangan Pulau Samosir bak lukisan alam yang menawan. Keelokan pulau di tengah danau.

Tampak bentang alam Pulau Samosir di bawah gugusan awan berselimut rindangnya pepohonan hijau. Terlihat asri dari kejauhan. Selain melihat wisatawan yang ingin ke Pulau Samosir pun bisa berangkat dari Dermaga yang ada di Pantai Bebas Parapat.

Baca: BAH DAMANIK Simalungun Tiket & Daya Tarik

Atraksi Mengambil Koin

Di sekitar pantai, terdapat atraksi menyelam yang dimainkan oleh anak sekitar. Anak-anak ini menyelam untuk mengambil koin yang dilemparkan oleh para wisatawan. Anak sekitar dengan sigap melompat indah dan menyelam untuk mendapatkan koin tersebut. Sebuah atraksi dengan kearifan lokal yang seru untuk disaksikan.

Taman dan Area Terbuka yang Luas

suasana sekitar pantai -jovan thegekko
Area terbuka luas dan suasana sekitar pantai (Foto: Google Maps/ Jovan thegekko)

Selain berbagai pesona alamnya, pantai ini juga telah mengalami berbagai pembangunan. Salah satunya pembuatan ruang terbuka sekitar pantai. Konsepnya ruang terbuka yang luas yang dengan aneka taman, tempat bermain dan berbagai area olahraga. Sehingga pengunjung akan betah berlama-lama menikmati suasana dan menyaksikan panorama yang ada.

Di ruang terbuka publik ini juga terdapat tribune. Sebuah panggung terbuka di tengah dengan dudukan berundak mengelilinginya. Wisatawan dapat menggunakan fasilitas ini untuk bersantai maupun menyaksikan berbagai hiburan pada saat berlangsungnya berbagai acara.

Baca: PULAU SAMOSIR : 4 Tempat Wisata Terbaik

Lapangan Sketboard dan Arena Bermain

tempat fitnes bagi wisatawan - ichsan kamil razi
Adanya fasilitas tempat fitnes bagi wisatawan (foto: Google Maps/ Ichsan Kamil Razi)

Di dalam taman tersedia berbagai fasilitas. Seperti lapangan skateboard dan arena bermain. Lapangan skateboard berbentuk seperti danau tak beraturan yang tengahnya terdapat gundukan huruf C. Lapangan ini dipoles warna putih dengan nuansa minimalis. Sementara arena bermain terdapat berbagai wahana seperti jungkat jungkit, perosotan, ayunan dan berbagai pikler. Wahana bermain dibuat senada dengan warna hitam yang elegan.

Selain wahana permainan gratis, terdapat pula pilihan permainan berbayar. Beberapa di antaranya yaitu penyewaan skuter dan mobil remot kontrol. Berbagai pilihan model disajikan oleh pemilik sewaan. Anak-anak dapat menyewa ini untuk mendapatkan pengalaman menaikinya.

Menyaksikan Pesona Matahari Terbenam

pesona matahari terbit di pinggiran danau toba -agripa sibadutar
Pesona matahari terbit di pinggiran Danau Toba (foto: Google maps/Agripa sibadutar)

Bagi yang ingin bersantai menikmati matahari terbenam pantai ini tempat yang pas. Memandang matahari yang terbenam dari balik  bukit sekitar danau yang memantulkan sinarnya ke permukaan air. Melahirkan kolaborasi panorama indah yang tak biasa. Umumnya pantai hanya terlihat garis horizon antara langit dan laut, namun tidak pada pantai perapat. Sebab akan nampak bayang-bayang pulau. Keindahan Pulau Samosir pun akan turut tersorot bayangnya saat senja.

Fasilitas

Meskipun tiket masuknya gratis, Pantai Bebas Parapat telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang lengkap. Yaitu musala, kamar mandi, tempat jajanan, pusat oleh-oleh, arena bermain, parkir luas, taman dan juga area berolahraga. Bahkan terdapat tempat mengisi baterai dengan colokan USB.

Lokasi Pantai Bebas Parapat

Pantai Bebas Parapat berada di tepi jalan raya lintas Sumatera. Tepatnya berada di Danau Toba, Kelurahan Parapat, Jl. Sisingamangaraja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini