Beranda Tiket Wisata

PULAU SAMOSIR : 4 Tempat Wisata Terbaik - Agustus 2020

Pulau Samosir Harga Tiket: Rp2.000 - Rp8.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: -,Pangururan,Samosir,Sumatera Utara,Indonesia,-.

Pulau Samosir adalah salah satu pulau yang terletak di Sumatera Utara, tepatnya di tengah Danau Toba. Pulau ini termasuk salah satu destinasi wisata terpopuler di Sumatera Utara.

Dengan luas wilayah 630 Km², pulau ini menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tentunya hal ini tidak lepas dari keindahan alam yang dimiliki oleh pulau ini. Selain itu, pemerintah setempat juga giat dalam membangun sektor pariwisata di pulau ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pulau Samosir

Untuk memasuki Pulau Samosir, pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk. Pembayaran dilakukan saat hendak masuk ke objek wisata saja. Setiap objek wisata memiliki harga tiket yang berbeda. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena harga yang dipatok relatif murah.

Objek WisataHarga Tiket Masuk
Bukit HolbungRetribusiRp5.000
Air Terjun EfrataParkirRp2.000
Tiket MasukRp8.000
Menara Pandang TeleTiket MasukRp5.000
Danau Aek NatonangRetribusiRp5.000

Baca: Berbagai Tempat Wisata Pilihan di Danau Toba

Jam Buka

Wisatawan dapat keluar-masuk Pulau Samosir setiap waktu. Akan tetapi, setiap objek wisata memiliki jam operasional masing – masing. Oleh karena itu, sebaiknya pengunjung memperhatikan jam operasional objek wisata yang hendak dituju.

Objek WisataJam Buka
Bukit HolbungSetiap hari24 jam
Air Terjun EfrataSetiap hari06.00 – 19.00
Menara Pandang TeleSetiap hari07.30 – 17.30
Danau Aek NatonangSetiap hari24 jam

Ragam Wisata Pulau Samosir

Nama Pulau Samosir sudah tidak asing lagi di dunia pariwisata. Pulau yang berdiri di tengah danau ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tak heran jika pulau ini menjadi sasaran empuk para wisatawan.

Menikmati Panorama Danau Toba Dari Atas Bukit Holbung

Pemandangan Danau Toba dari Atas Bukit Holbung
Wisatawan dapat menikmati panorama Danau Toba dari atas Bukit Holbung – Foto:instagram/sangalam_foto

Bukit Holbung merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan danau toba. Lokasinya berada di Desa Tele, Pangururan. Disini wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan danau toba dari ketinggian.

Waktu terbaik mengunjungi bukit ini yaitu pada pagi dan sore hari. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan menakjubkan saat matahari terbit ataupun tenggelam. Jika hendak pergi kesini, sebaiknya pengunjung menggunakan jaket atau baju hangat. Hal ini dikarenakan udara di atas bukit cukup dingin.

Bukit ini juga sering dijadikan lokasi untuk berkemah. Namun, untuk berkemah disini, pengunjung harus mendapatkan izin dari penjaga setempat.

Baca: Tempat Wisata Pilihan di Pulau Samosir

Pesona Kecantikan Air Terjun Efrata

Kecantikan Air Terjun Efrata di pulau samosir
Banyak Pengunjung yang Tertarik dengan Kecantikan Air Terjun Efrata – Foto:Google maps/Efrizon Jon

Air Terjun Efrata merupakan salah satu wisata Pulau Samosir yang menarik perhatian para wisatawan. Objek wisata ini cukup populer karena lokasinya yang dekat dengan menara pandang Tele. Selain itu, akses menuju air terjun tidak begitu jauh dari area parkir. Pengunjung hanya perlu berjalan sekitar 15 menit dari tempat parkir.

Air Terjun Efrata terletak di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Meskipun kondisi jalan tidak terlalu mulus, pengunjung tetap antusias untuk datang ke tempat ini. Objek wisata ini akan memanjakan mata wisatawan dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan.

Baca: Wisata Sipinsur Tiket & Pesona Alam

Memandang Keindahan Samosir dari Menara Pandang Tele

Menikmati Pemandangan Samosir dari Menara Pandang Tele
Menara Pandang Tele merupakan angle terbaik untuk menikmati pemandangan Danau Toba

Pergi ke Samosir belum lengkap jika belum mengunjungi objek wisata satu ini. Menara Pandang Tele merupakan salah satu destinasi populer di Pulau Samosir. Dari atas sini pengunjung bisa melihat kecantikan Danau Toba dari angle terbaiknya.

Menara ini terletak di jalan Tele, satu-satunya akses darat untuk menuju ke Pulau Samosir. Tentunya jalan ini menjadi lalu lintas utama bagi wisatawan yang menempuh perjalanan darat. Tak heran jika kawasan ini selalu ramai di kunjungi.

Tak hanya Danau Toba, disini pengunjung juga dapat melihat Bukit Holbung dan Gunung Pusuk Buhit. Tak jauh dari menara, terdapat bangunan modern 2 lantai. Bangunan ini merupakan rest area yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Danau Aek Natonang, Pesona Danau Di Atas Danau

Pesona Danau Aek Tonang
Danau Aek Natonang, pesona danau di atas danau – foto: Google maps/Sheymon Siahaan

Salah satu daya tarik wisata Pulau Samosir yaitu Danau Aek Natonang. Danau yang mendapat julukan danau di atas danau ini terletak di Desa Tanjungan, Simanindo. Latar hutan pinus menambah nilai keindahan danau ini.

Danau yang berada di ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut ini memiliki air yang tenang. Tepian danau ditumbuhi rumput yang cukup lebat. Pengunjung yang datang biasanya bersantai di padang rumput atau di bibir danau.

Disini juga tersedia jalur sepeda dan jalur jogging yang bisa digunakan untuk berolahraga. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati aneka kuliner yang dijajakan di tepi danau. Ada juga toko yang menjual aneka souvenir.

Lokasi Pulau Samosir

Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba, Sumatera Utara. Ada 2 jalur untuk menuju pulau ini, yaitu jalur darat dan jalur perairan. Untuk perjalanan darat, wisatawan dapat melewati daerah Pangururan. Wilayah ini merupakan penghubung antara Pulau Samosir dan Pulau Sumatera.

Sedangkan untuk jalur perairan, wisatawan harus menaiki kapal feri untuk menyebrang. Biasanya wisatawan akan menyebrang dari daerah Parapat dan berlabuh di Kelurahan Tuktuk Siadong.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini