Pantai Clungup Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo,Sumbermanjing,Malang,Jawa Timur,Indonesia,65176.

Pantai Clungup bisa menjadi pilihan destinasi liburan keluarga di Malang. Pantai yang berada satu kawasan dengan Pantai Tiga Warna dan Pantai Gatra. Kebersihan dari kawasan pantai patut diacungi jempol. Oleh pihak pengelola Pantai Clungup, setiap pengunjung yang akan masuk ke area pantai di cek satu persatu bawaannya.

Jika ada pengunjung yang membawa plastik, maka saat keluar dari pantai plastik yang dibawa harus berjumlah sama dengan pada saat kedatangan. Pengunjung yang tertangkap membuang sampah sembarangan maka akan didenda yang cukup mahal. Bisa dikatakan pantai ini paling disiplin dalam menerapkan aturan tentang sampah.

Harga Tiket

Wisatawan yang datang ke pantai ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk pantai cukup terjangkau. Tidak ada perbedaan harga tiket hari biasa atau akhir pekan

Harga Tiket Masuk Pantai Clungup
Harga tiketRp10.000

Baca: PANTAI GOA CINA Tiket & Ragam Aktivitas

Untuk jam buka Pantai Clungup ini adalah 24 jam. Pantai dibuka 24 jam karena ada pengunjung yang berkemah di area Pantai Clungup ini. Untuk hari libur nasional pun Pantai Clungup ini tetap dibuka untuk umum.

Jam Buka
Setiap hari24 jam

Aktivitas Wisata Di Pantai Clungup

Beragam aktivitas wisata bisa dilakukan di sekitar area pantai. Bermain air dan pasir tentu kegiatan yang umum dilakukan. Selain itu masih banyak aktivitas lain seperti snorkeling, mengitari hutan bakau, sunset,  dll. Berikut beberapa diantaranya:

Bermain Pasir Di Pantai

padang pasir pantai clungup
Ketika air laut surut tepi pantai akan terlihat seperti padang pasir yang sangat luas. Foto: Google Maps/mime takarai

Salah satu ciri khas dari Pantai Clungup adalah airnya yang selalu surut pada sore hari. Air yang surut menyebabkan area pantai ini terlihat seperti gurun pasir. Hal ini menyebabkan kawasan pantai menjadi area bermain yang sangat aman baik untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Saat air laut pasang pun, area pantai tetap aman karena ombak sangat tenang. Hingga kadang terlihat seperti danau karena tenangnya ombak di pantai ini.

Baca: Pantai-Pantai Indah di Malang

Pemandangan pasir pantai ini saat surut juga menjadi hal unik. Karena pasir di sini jadi terlihat bergaris-garis unik. Banyak karang-karang kecil juga yang bisa terlihat di tepian pantai saat air surut.

Berenang

Saat air laut sedang pasang di pagi hingga siang hari, pantai ini aman untuk berenang. Ombak yang tenang di sini memungkinkan anak-anak maupun pengunjung dewasa untuk berenang tanpa khawatir terseret ombak.

Di area Pantai Clungup pun sudah ada toilet yang memungkinkan pengunjung untuk membersihkan diri setelah berenang maupun bermain pasir. Bahkan di pantai ini terdapat aliran air PAM.

Berkemah di Pantai Clungup

area berkemah di pantai clugup
Pengunjung yang ingin menikmati kawasan wisata pantai lebih lama bisa berkemah di sini. Foto: Google Maps/Dyah Kusuma Susanti

Untuk pengunjung yang ingin berkemah di area pantai, harus mendapat ijin terlebih dahulu pada pihak pengelola. Biasanya untuk berkemah di sini dikenakan tarif per tenda. Pengunjung bisa membawa perlengkapan tenda sendiri dari rumah.

Jika tidak membawa tenda untuk kegiatan berkemah, pihak pengelola juga menyediakan penyewaan tenda. Harga sewa tenda juga bisa dinegosiasikan langsung dengan pengelola pantai.

Baca: Eksotisme Pasir Hitam PANTAI LICIN Malang

Karena kawasan pantai ini terdapat di area konservasi hutan bakau, pengunjung yang berkemah disarankan membawa obat nyamuk. Dan juga harus menjaga kebersihan.

Mengunjungi Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna

Pengunjung yang datang ke pantai ini biasanya akan juga akan menyempatkan ke Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna. Untuk menuju Pantai Gatra bisa berjalan kaki.

Untuk ke Pantai Tiga Warna pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Hal ini dikarenakan kawasan Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konservasi yang dijaga ketat oleh pengelola. Dalam sehari hanya dibatasi kurang lebih 100 orang pengunjung.

Konservasi Mangrove Clungup

kawasan konservasi mangrove clungup
Di sekitar area pantai juga terdapat area konservasi mangrove dengan berbagai spesies bakau. Foto: Google Maps/daru adianto

Karena Pantai Clungup ini termasuk dalam kawasan konservasi hutan bakau (Clungup Moangrove Conservation), maka pengunjung bisa mempelajari mengenai hutan bakau. Bahkan pengunjung bisa melihat bagaimana cara menanam pohon bakau. Dan juga melihat bagaimana penduduk sekitar merawat hutan bakau di area ini.

Untuk bisa ikut menanam pohon bakau, pengunjung bisa menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu. Karena biasanya yang menanam pohon bakau adalah orang-orang yang melakukan acara bakti sosial atau peduli lingkungan.

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Tiket & Aktivitas

Menikmati Sunset di Pantai Clungup

Ke Pantai Clungup tidak lengkap kalau tidak melihat matahari terbenam. Pemandangan matahari terbenam di sini tidak kalah indah dari pantai-pantai lainnya. Banyak pengunjung yang menunggu hingga petang untuk menyaksikan matahari terbenam ini.

Snorkeling

Kegiatan snorkeling melihat biota laut juga bisa dilakukan di sini. Untuk biaya snorkeling dikenakan tarif yang relatif terjangkau. Tarif ini berlaku untuk penyewaan baju pelampung, kaca mata dan juga alat bantu nafas.

Fasilitas di Pantai Clungup

Untuk fasilitas umum di pantai ini lumayan lengkap seperti : Musala, toilet, Air PAM, penyewaan tenda dan gazebo di area pantai.

Lokasi Pantai Clungup

Kawasan wisata pantai ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, pengunjung bisa mengikuti penunjuk arah yang akan menuju Pantai Sendangbiru. Setelah itu berbelok ke kanan menuju arah pantai Goa China. Setelah memasuki Goa China berjalan ke arah sebelah timur sejauh sekitar 500 meter.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.