Pantai Balekembang Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco, Jalan Balekambang, Balaikambang, Sumberbening,Bantur,Malang,Jawa Timur,Indonesia,65179.

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai andalan kota Malang. Dari tahun 1985 hingga kini, Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Area pantai yang masih bersih dari sampah dan kotoran membuat pengunjung nyaman berlibur kemari. Bahkan tim sepak bola seperti Arema dan Persema juga sering berlatih disini.

Pantai pasir putih ini sering disebut-sebut sebagai Kuta-nya Malang. Memiliki akses jalan yang mudah dan pemandangan yang indah menjadi alasan utama pengunjung. Tidak hanya wisata pantai, tetapi terdapat wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang Malang

Untuk harga tiket masuk yang dikenakan tidaklah mahal. Cukup dengan beberapa belas ribu pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang
Tiket Masuk Rp15.000
Parkir Roda 2 Rp5.000
Kendaraan Roda 4 Rp10.000

Baca: Pantai Klayar Pacitan Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Balekambang

Jam buka tempat wisata ini selama 24 jam. Tetapi loket karcisnya hanya dibuka mulai pagi hingga sore saja. Tempat wisata ini biasanya ramai dikunjungi saat liburan hari raya atau tanggal merah lainnya.

Jam Buka Pantai
Setiap Hari 24 Jam

Aktivitas Wisata di Pantai Balekembag

Lanskap pantai balekembang
Keindahan Pantai Balekemabang dilihat dari ketinggian tidak salah pantai ini mejadi salah satu favorit wisatawan yang berkunjung ke Malang – Instagram/wisatabatumalangguide

Berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan di pantai ini. Tidak hanya berenang yang sudah pasti menjadi aktivitas utama wisata pantai tetapi juga kegiatan lain. Berikut beberapa diantaranya.

Berkemah

Di Pantai Balekambang juga diijinkan berkemah lho. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya tambahan jika ingin berkemah. Karena Pantai Balekambang tidak menyediakan persewaan tenda, maka pengunjung harus mempersiapkan sendiri.

Pengunjung bisa berkemah di pinggir pantai. Tapi harus tetap berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan bibir pantai. Karena ada kemungkinan tenda terseret ombak. Pengunjung harus waspada ya.

Banyak anak mudayang berkemah di Pantai Balekambang ini pada malam hari. Biasanya disertai dengan aktivitas api unggun dan membakar jagung. Disertai nyanyian dan suara deburan ombak, sangat menenangkan jiwa.

Berenang

pengunjung sedang berenang di pantai
Berenang merupakan salah satu kegiatan utama termasuk di Pantai ini. Foto: Google Maps/Wahyu Suhermanto

Ke pantai tidak lengkap rasanya jika tidak berenang. Di Pantai Balekambang pengunjung diperbolehkan untuk berenang. Tapi harus berhati-hati dengan ombak dan harus sesuai dengan batas yang ditetapkan petugas.

Di pinggir pantai selalu ada petugas yang akan memantau pengunjung yang bermain ataupun berenang. Juga ada petugas yang berjaga-jaga diatas perahu karet. Hal ini patut diapresiasi bila ada kejadian yang tidak diinginkan, petugas dapat bertindak sigap.

Jangan lupa bagi para pengunjung agar mempersiapkan baju ganti. Di Pantai Balekambang dilengkapi toilet untuk mandi dan membersihkan diri setelah bermain air. Jika lupa membawa baju, pengunjung bisa membeli di toko yang menjual oleh-oleh.

Mengunjungi pulau di sekitar Pantai Balekambang

Pulau Ismoyo pantai Balekembang
Salah satu keunikan pantai ini adalah Pulau Ismoyo. Di sini terdapat Pura yang masih aktif digunakan umat Hindu. Foto: Google Maps/Fauzi Badar

Di sekitar Pantai Balekambang ada 3 pulau yaitu Pulau Ismoyo, Anoman dan Wisanggeni. Pulau yang paling terkenal adalah Pulau Ismoyo. Bahkan pulau ini dijuluki Tanah Lotnya Jawa karena memiliki kemiripan bentuk pulau.

Selain mirip bentuk pulau, Pulau Ismoyo juga memiliki pura yang bisa pengunjung datangi. Nama pura tersebut adalah Pura Amarta Jati. Untuk mengunjungi pura, pengunjung hanya perlu menyebrangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau.

Biasanya pura ini digunakan untuk acara ibadah umat hindu  di hari raya Nyepi.Karena pura itu merupakan tempat suci agama hindu, maka pengunjung diharuskan mengikuti aturan yang ada. Terutama untuk wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk masuk ke dalam pura.

Memancing

Pengunjung juga bisa memancing di Pantai Balekambang ini. Jangan lupa untuk membawa alat memancing sendiri ya. Ikan yang didapat bisa langsung dibawa pulang ataupun dibakar sambil berkemah.

Bermain flying fox

Di Pantai Balekambang juga tersedia wahana flying fox. Permainan flying fox ini dirilis mulai tahun 2012. Dan wahana flying fox dibuka hanya pada hari Sabtu dan Minggu. Flying fox ini melintas di bibir pantai sehingga membuat pengunjung dapat melihat keseluruhan pantai.

Bermain di sungai kecil

Untuk anak-anak yang ingin bermain dengan aman, ada sungai kecil di Pantai Balekambang. Disediakan penyewaan ban juga agar anak-anak bisa bermain tanpa khawatir. Untuk penyewaan ban bisa langsung menghubungi petugas.

Makan di pinggir pantai

Pengunjung bisa makan di pinggir pantai. Banyak sekali warung maupun cafe yang menjual makanan dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 per porsinya.

Walau diperbolehkan makan di pinggir pantai, tetap harus jaga kebersihan ya. Pasti sayang kan kalau Pantai yang indah ini tercemar sampah.

Berbelanja oleh-oleh

Ada banyak toko oleh-oleh yang berjajar di pinggir pantai. Toko ini menyediakan mulai dari kacamata, topi, baju, dan lain lain. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Bisa lebih murah lagi jika pengunjung jago menawar harga.

Bersantai di pinggir pantai

Tidak ingin basah-basahan bermain air? Pengunjung juga bisa berjemur ataupun duduk santai di tepian pantai. Jangan khawatir kotor maupun basah. Warung di sekitar pantai menyediakan tikar untuk disewa. Harga bervariasi dan berbeda tiap warungnya.

Penginapan dan Hotel Sekitar Pantai Balekambang

pemandangan pantai dari hotel di sekitar pantai balekembang
Wisatawan yang ingin menginap bisa memilih home-stay di sekitar pantai dengan pemandangan langsung ke Pantai. foto: Google Maps/Artis Sosmed

Bagi wisatawan luar kota mungkin menginap di sekitar pantai bisa menjadi pilihan. Selain lebih dekat ke pantai juga bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini. Berbagai penginapan dan hotel berada dekat dengan Pantai Balekembag dengan beragam fasilitas yang ditawarkan.

Penginapan seperti Dhilpratis, Penginpan Wibisono, Villa Wisma Berbunga dan penginapan lainnya. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau mulai dari Rp150.000 per kamar per malam. Sedangkan untuk hotel mainstream memang tidak banyak pilihan di sekitar pantai. Paling dekat dan banyak pilihan tentu di Kota Malang yang berjarak kurang lebih 60 kilometer.

Akses Ke Pantai Balekambang

Pantai ini masih masuk dalam wilayah administrasi Kota Malang. Meskipun jarak dari Kota Malang ke Pantai Balekambang cukup jauh. Kurang lebih 60 Kilometer bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum memang rutenya agak sulit. Dari Terminal Arjosari Malang bisa memilih angkutan jurusan Terminal Gadang. Lanjutkan dengan jurusan Bantur dan turun di kecamatan Pagelaran atau Gondanglegi. Dari sini tidak angkutan kota lagi, wisatawan bisa menggunakan ojek untuk sampai ke pantai.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Pantai Balekambang sudah lengkap seperti :

  • Toilet
  • Penginapan
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan tikar
  • Musala
  • Toko oleh-oleh

Alamat Pantai Balekambang

Pantai ini berlokasi di daerah selatan Malang. Tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Berkisar kira-kira 60 km arah selatan dari kota Malang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here