Beranda Tiket Wisata

Pesona Memikat PANTAI KETAPANG Lombok - November 2020

Pantai Ketapang
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pringgabaya,Pringgabaya,Lombok Timur,Nusa Tenggara Barat,Indonesia,83654.

Lombok menyimpan pesona pantai yang begitu memukau. Ada yang berpasir putih, ada pula yang berpasir hitam. Semuanya memiliki keindahan masing – masing yang tidak dapat terelakkan. Begitu juga dengan Pantai Ketapang yang ada di Lombok Timur.

Kesan eksotis langsung tercermin dari pantai ini. Pasirnya yang hitam bukanlah penghalang keindahan. Justru memunculkan keindahan tersendiri bagi pecinta pantai. Lokasinya yang belum banyak dikunjungi wisatawan membuatnya cukup bersih.

Harga Tiket Masuk Pantai Ketapang Lombok

Objek wisata ini belum dikelola khusus oleh masyarakat ataupun daerah. Oleh karena itu, harga tiket pun belum diberlakukan secara resmi.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 5 Pantai Terbaik di Lombok

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat diakses kapan saja, karena tidak memberlakukan jam operasional khusus. Namun, waktu terbaik mengunjungi objek wisata ini adalah di pagi hari. Kala mentari mulai memunculkan diri.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Eksotisme Pasir Hitam Pantai Ketapang

Pantai yang Disinari oleh Mentari Pagi
Pantai yang Disinari oleh Mentari Pagi. Foto: Gmap/Dedy Alfian

Pantai Ketapang, dikenal juga dengan nama Pantai Tanjung Menangis. Pantai yang eksotis dengan pasir hitamnya yang unik. Begitu menginjakkan kaki di pasir, pengunjung akan langsung merasakan lembutnya pasir pantai membelai telapak kaki. Beberapa pengunjung tampak santai duduk di tepi pantai dengan menggelar alas duduk.

Air pantai begitu jernih, pengunjung dapat bebas bermain di tepiannya. Apalagi, ombaknya terbilang tenang, sehingga cukup aman ketika berada di tepian. Garis pantai cukup panjang, pengunjung dapat berlarian atau sekedar berjalan – jalan dari ujung ke ujung. Apalagi, pantai ini termasuk paling sejuk diantara pantai lainnya di Lombok.

Hal ini dikarenakan pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai. Ada pohon kelapa, dan pepohonan lain yang tumbuh cukup rimbun. Sehingga dapat menjadi penyejuk area pantai.

Baca: 4 Aktivitas Menarik di PANTAI CEMARA Lombok

Perjalanan Dimanjakan dengan Pemandangan yang Asri

area pantai yang ditumbuhi pepohonan kelapa
Asrinya Pantai Ketapang Lombok Timur. Foto: Gmap/Najya Nabila ahsana2000

Dalam perjalanan menuju Pantai Ketapang, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau yang asri. Di kanan kiri jalan terdapat jajaran persawahan luas dengan tanaman hijau menyejukkan mata. Di musim penghujan, sawah akan ditanami padi, sementara musim kemarau diganti dengan jagung atau tembakau. Pengunjung akan menikmati nuansa persawahan sesuai dengan musim ketika melewatinya.

Area persawahan ini tidaklah panjang hingga ke pantai. Dimana, persawahan ini akan dilanjut dengan perkebunan kelapa yang dikelola oleh masyarakat desa setempat. Pohon kelapa tumbuh tinggi menjulang dengan daun hijau kekuningan. Yang menandakan tidak lama lagi pengunjung akan sampai di Pantai Ketapang.

Namun sebelumnya, pengunjung akan melewati perkampungan penduduk. Dengan rumah – rumah pedesaan yang khas, serta kearifan lokal masyarakat setempat yang begitu menarik. Tak lama, maka sampailah pada pintu masuk objek wisata ini yang berupa penanda alami.

Baca: PANTAI SENGGIGI Lombok Tiket & Daya Tarik

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbit

Warna Keemasan Mentari Terbit di Pantai Ketapang
Warna Keemasan Mentari Terbit di Pantai Ketapang. Foto: Gmap/BANG FEDOR

Pantai Ketapang menjadi lokasi yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Sejuknya udara pagi turut mendukung keseruan berada di sini saat pagi hari. Karena tidak ada penghalang berupa tebing atau karang, pengunjung dapat puas menyaksikan matahari tebit. Menyaksikan matahari yang perlahan merangkak dari peraduannya.

Warna kuning keemasannya berpendar ke segala arah, serta memantul di perairan. Perlahan tapi pasti, mulai naik dan semakin terang cahayanya. Bentuk bulat yang tadinya dapat disaksikan secara sempurna, kemudian berganti. Dengan bulatan yang di sekelilingnya terdapat cahaya menyilaukan khas matahari terbit.

Baca: PANTAI KUTA LOMBOK Tiket & Ragam Aktivitas

Berolahraga Santai di Pantai Ketapang

Anak - anak yang Asyik Bermain di Tepi Pantai
Anak – anak yang Asyik Bermain di Tepi Pantai. Foto: Gmap/Cholil Bara

Garis pantai yang panjang serta pasir yang cukup padat mendukung kegiatan olahraga di sini. Pengunjung dapat jogging di tepi pantai, satu atau dua putaran sudah cukup mengeluarkan keringat. Apalagi, ditemani dengan suara deburan ombak lirih yang begitu syahdu.

Pengunjung juga dapat membawa serta hewan peliharaan untuk jogging di sini. Misalnya anjing, yang pasti akan senang berlarian di tepi pantai. Sambil sesekali kakinya menyentuh buih ombak.

Baca: PANTAI PINK Lombok Tiket & Ragam Aktivitas

Upacara Rebo Buntung di Pantai Ketapang

Objek wisata ini begitu spesial, karena menjadi salah satu lokasi diadakannya upacara Rebo Buntung. Upacara Rebo Buntung diselenggarakan setiap tahun pada minggu ketiga bulan Safar dalam kalender Islam. Upacara ini adalah tradisi mandi bersama yang dimulai pada Rabu siang hingga sore. Upacara ini sudah dilakukan secara turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu.

Dimana, upacara ini dilakukan untuk menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Tujuan dari upacara ini adalah menyucikan badan di perairan yang dianggap suci oleh masyarakat. Pesertanya pun berasal dari kalangan anak – anak hingga orang tua. Semua turun ke perairan untuk mandi bersama – sama.

Memancing Seru di Pantai Ketapang

Pantai Ketapang menjadi lokasi yang pas untuk memancing. Berbagai ikan laut dapat dipancing dengan mudah di sini. Tak heran, ketika hari libur cukup ramai orang – orang yang datang memancing.

Apalagi, ada dermaga yang telah dibangun, yang menjadi spot menyenangkan untuk memancing. Tempat – tempat di sekitar pantai pun rindang oleh pepohonan, sehingga nyaman duduk di bawahnya. Ketenangan pun tercipta, membuat ikan – ikan dengan mudah menggigit umpan.

Lokasi Pantai Ketapang Lombok Timur

Objek wisata ini berada di Dusun Ketapang, Desa Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Akses jalan menuju lokasi sudah sangat baik, yaitu berupa jalan beraspal.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini