Beranda Tiket Wisata

PANTAI KUTA LOMBOK Tiket & Ragam Aktivitas - Desember 2020

Pantai Kuta Lombok
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kuta,Pujut,Lombok Tengah,Nusa Tenggara Barat,Indonesia,83573.

Pantai di Lombok memang terkenal akan keindahannya. Selain itu, pantai – pantai di Lombok masih tidak terlalu ramai seperti di Bali. Sehingga seringkali terkesan seperti pantai pribadi yang sepi pengunjung. Seperti Pantai Kuta di Lombok Tengah ini.

Tidak hanya Bali yang memiliki Pantai Kuta, tapi Lombok juga memilikinya. Hanya nama yang sama, namun memiliki ciri khas keindahan masing – masing. Pantai Kuta di Lombok tidak ramai seperti di Bali. Bahkan, masih banyak kerbau yang bermain di area pantai karena masih jarang pengunjung.l

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Lombok

Objek wisata ini tidak mengenakan biaya bagi pengunjung yang masuk. Namun, pengunjung dikenakan biaya parkir untuk setiap kendaraan yang masuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tarif Parkir
MotorRp 5.000
MobilRp 10.000

Baca: Pantai-pantai Paling Cantik di Lombok

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja, dan tidak terlalu berpatok pada waktu. Umumnya, wisatawan mengunjungi pantai ini saat pagi hingga petang. Dan pantai ini akan sepi di malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keelokan Pantai Kuta Lombok

Garis Pantai Kuta yang Panjang
Garis Pantai Kuta yang Panjang. Foto: Gmap/onny iman

Pantai Kuta Lombok begitu unik, ketika memasukinya pengunjung akan merasakan buliran pasir yang begitu unik. Bukan pasir halus lembut seperti kebanyakan pantai, melainkan pasir dengan bentuk butiran seperti merica. Pasir jenis ini jarang ada di pantai lainnya, dan inilah yang membuatnya begitu istimewa. Sensasi ketika memijakkan kaki di atasnya begitu berbeda dan sangat nyaman.

Sejauh mata memandang, pengunjung dapat menyaksikan deretan bukit – bukit hijau yang mempesona. Ukurannya ada yang tinggi, ada juga yang sedang. Air lautnya pun begitu jernih, berwarna biru bergradasi. Di tepi pantai, airnya terlihat hijau toska, dan menjadi biru lebih tua hingga tengah laut.

Ditambah lagi, pengunjung dapat melihat dasar tepi pantai dengan jelas. Karena perairan sekitar yang begitu jernih dan bersih, serta tidak banyak sampah berserakan. Batuan karang yang ada di sekitar pantai membuatnya semakin tampak alami dan unik. Perpaduan laut, pasir, bukit, serta batu karang, menciptakan harmoni pemandangan yang begitu mempesona.

Baca: Pesona Keindahan GILI KEDIS Lombok Barat

Pantai Kuta yang Menjadi Pantai Mandalika

Batuan di sekitar Pantai Kuta
Batuan di sekitar Pantai Kuta. Foto: Gmap/Doni Saputra

Di Pantai Kuta Lombok, ada salah satu bukit yang terkenal dengan sejarahnya. Diantara deretan bukit itu, terdapat satu bukit bernama Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita masyarakat setempat tentang seorang putri bernama Mandalika. Menurut cerita, Putri Mandalika melompat ke laut dari atas bukit ini, karena menghindari kejaran pangeran.

Ini jugalah salah satu alasan mengapa Pantai Kuta juga sering disebut Pantai Mandalika. Dulu, di pesisir pantai terdapat tulisan “Kuta Lombok”. Kini, tulisan tersebut berganti menjadi “Kuta Mandalika”, yang menjadi ikon pantai ini. Ukurannya pun besar, berwarna putih, dengan panjang sekitar 30 meter.

Wisatawan seringkali menggunakannya sebagai spot berfoto wajib ketika berkunjung. Seolah, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke sini tanpa berfoto di spot ini.

Baca: PANTAI PINK Lombok Tiket & Ragam Aktivitas

Spot Foto Ayunan di Tepi Pantai

Ayunan di Tepi Pantai
Ayunan di Tepi Pantai. Foto: Gmap/Ikbar Nurmartanu Fajar

Pemandangan alam Pantai Kuta Lombok begitu mempesona. Menjadi alasan kuat untuk segera mengeluarkan kamera dan mengabadikannya. Perpaduan pemandangan alamnya begitu memukau. Yang sayang jika sampai tidak terabadikan dengan kamera.

Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan ayunan yang ada di tepi pantai. Terdapat sekitar 3 ayunan yang dapat digunakan bergantian. Kebanyakan pengunjung menggunakan ayunan ini sebagai spot foto, bukan untuk bermain. Dari sini, pemandangan yang dihasilkan akan semakin indah.

Rombongan Kerbau yang Melintas

Rombongan kerbau menjadi ciri khas khusus yang begitu unik di pantai ini. Dimana lagi jika bukan Pantai Kuta Lombok, pengunjung dapat menyaksikan rombongan kerbau. Kerbau – kerbau milik masyarakat setempat biasanya lewat di pantai ini. Tak heran, karena garis pantai ini begitu panjang dan dapat membawa kemana pun.

Kerbau ini lewat berombongan, terkadang rombongan kecil bahkan terkadang hingga puluhan kerbau. Di dalam rombongan tersebut terdiri dari berbagai usia kerbau. Ada yang kecil, dan tentunya ada yang besar, baik jantan maupun betina. Rombongan kerbau itu berjalan beriringan dengan komando penggembala yang ada di belakangnya.

Baca: 9 Aktivitas Seru di PANTAI SENGGIGI Lombok

Menyaksikan Upacara Adat

Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai yang panjang. Dimana menyambung ke pantai lainnya, yaitu Pantai Seger. Jika mengunjungi objek wisata ini sekitar bulan Februari dan Maret, pengunjung dapat menyaksikan upacara adat. Upacara adat ini bernama Bau Nyale.

Bau Nyale adalah upacara adat untuk mencari cacing berwarna – warni di pantai. Masyarakat berbondong – bondong datang ke pantai untuk mencari cacing nyale yang unik ini. Upacara adat ini dilakukan untuk mengenang kisah Putri Mandalika. Yang mana, di sini juga akan diadakan pemilihan Putri Mandalika Lombok.

Bermain Air hingga Menikmati Matahari Terbenam

Pasir, Bukit, dan Lautan Biru Pantai Kuta Lombok
Pasir, Bukit, dan Lautan Biru Pantai Kuta Lombok. Foto: Gmap/Sakti_Khairy Channe

Bermain di pantai tak lengkap jika tidak membasahi diri bercebur ke dalamnya. Pengunjung dapat bermain di pantai atau berenang dengan tenang. Karena ombak tidak terlalu tinggi, sehingga cukup aman berenang di tepian.

Di sore hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah matahari terbenam. Keindahan alam pantai ini menjadi oranye karena sinaran mentari yang hendak turun ke peraduan. Menjadikan keindahannya tampak semakin mempesona.

Lokasi Pantai Kuta Lombok

Objek wisata ini berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Berjarak sekitar 35 Kilometer dari pusat kota lombok. Pantai ini dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini