PANTAI ORONG BUKAL Tiket, Pesona, Lokasi & Akses Februari 2024

PANTAI ORONG BUKAL

  • Harga Tiket Masuk: Rp5.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Dusun Piling, Desa Buwun Mas, Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat , Indonesia, 83365

Pantai Orong Bukal adalah destinasi wisata alam di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki pesona pesisir tersembunyi yang masih terjaga keindahannya.

Lautnya biru dengan sebaran pulau karang, sehingga pantai ini dijuluki ‘Raja Ampat dari Lombok’. Sebagai hidden gem, pantai ini cocok untuk mereka yang mencari pelarian dari hingar-bingar.

Harga Tiket Masuk Pantai Orong Bukal

Tiket masuk ke Pantai Orong Bukal sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar 5 ribu rupiah untuk tiket. Ada biaya tambahan untuk parkir jika datang dengan membawa kendaraan. Wisatawan juga bisa menyewa pemandu.

Jenis TiketHarga 
Tiket MasukRp5.000
ParkirRp10.000 (motor) & Rp20.000 (mobil)
PemanduRp150.000
Harga Tiket Masuk Pantai Orong Bukal

Baca: PANTAI SELONG BELANAK Tiket & Pesona

Jam Buka Pantai Orong Bukal

Pantai ini terbuka untuk umum 24 jam setiap hari. Hindari berkunjung di sore menjelang malam hari karena tidak ada penerangan di kawasan pantai ini.

Pesona Pantai Orong Bukal

Pantai Orong Bukal adalah destinasi wisata pantai di daerah Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Nama “Orong Bukal” maupun “Sekotong” mungkin memang tidak terlalu familier di telinga.

Akan tetapi, belakangan pantai ini sedang naik daun karena keindahan alamnya yang mencengangkan. Pantai ini bahkan mendapat julukan ‘Raja Ampat dari Lombok’ karena pesonanya.

Berada sekitar 55 kilometer jauhnya dari Kota Mataram, Orong Bukal bagaikan mutiara tersembunyi. Pantai ini tidak memiliki akses jalan yang bisa dilewati kendaraan. Lokasinya berada di bawah perbukitan dan tebing curam. 

Meski perlu tenaga ekstra untuk dijangkau, pantai ini dijamin tidak akan membuat kapok pengunjungnya. Keindahannya yang masih terjaga serta kejernihan air lautnya sukses menghipnotis wisatawan. Bagi mereka yang mencari pesona alam setara Raja Ampat, tentu bisa mencoba berkunjung ke Orong Bukal.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Lanskap Pantai

lanskap pantai Orong Bukal dengan laut biru dan tebing batu
Pemandangan pantai dari atas bukit – Foto: Gmaps/Wayne Finger

Sebenarnya, wisatawan sudah bisa melihat pemandangan pantai ini dari puncak bukit. Hanya saja, pemandangan ini akan sedikit terhalang oleh semak rerumputan dan dahan pepohonan.

Akan tetapi, tidak ada salahnya sesekali berhenti untuk mengintip keindahan laut dari kejauhan. Birunya laut dan tebing karang menjadi penyejuk selama berjalan ke lokasi pantai.

Semakin mendekati lokasi, pantai pun akan semakin jelas terbentang. Dari bukit, pengunjung masih harus menuruni tebing untuk mencapai bibir pantai.

Wisatawan perlu berhati-hati ketika menuruni jalan ini. Karenanya, sangat disarankan untuk mengenakan sepatu yang nyaman untuk medan keras seperti ini.

Cantiknya pantai ini mungkin memang pantas bersanding dengan Raja Ampat. Wisatawan akan disuguhi pemandangan laut yang biru jernih serta perbukitan karang yang hijau.

Lekuk kaki bukit bertemu dengan laut dan membentuk garis putih dari buih-buih. Jika dilihat dari dekat, lautnya sangat jernih dan hampir menampakkan dasarnya di bagian yang dangkal.

Sebagai pantai di tepi tebing, Orong Bukal hampir tidak memiliki hamparan pasir yang luas. Wisatawan bisa menikmati keindahannya dengan bersantai di pucuk-pucuk batu karang. Boleh juga mencari permukaan tanah datar yang tersembunyi di antara rimbunnya pepohonan untuk berteduh. 

Mencoba Cliff Jumping

air laut bersih di antara tebing batu Orong Bukal
Pengunjung bersantai di tepi pantai – Foto: Gmaps/Reny Kusumawardani

Tidak perlu bingung mencari kegiatan rekreasi di Pantai Orong Bukal. Bibir pantainya memang tidak mempunyai hamparan pasir putih seperti pantai pada umumnya.

Akan tetapi, wisatawan tetap bisa menemukan aktivitas menarik bahkan menguji adrenalin di sini. Salah satunya adalah cliff jumping alias lompat tebing.

Banyak pijakan di tepian tebing pantai ini yang memiliki ketinggian aman untuk cliff jumping. Wisatawan bisa mencoba melompat dari tebing langsung ke lautnya yang tenang.

Kegiatan ini hanya boleh dilakukan oleh yang sudah berpengalaman. Pastikan cuaca cerah dan arus tenang ketika hendak mencobanya.

Jika tidak sanggup atau tidak ingin melakukan cliff jumping, wisatawan tidak perlu khawatir. Cukup menikmati segarnya air laut di Orong Bukal dengan berenang di daerah yang dangkal.

Banyak lekukan tebing dan gua di sekitar pantai ini yang memiliki kedalaman aman untuk berenang. Selama arus laut tenang, pengunjung tidak perlu cemas jika ingin berenang di sini. 

Surga Fotografi

sunset di Orong Bukal
Sunset di Orong Bulak – Foto: Gmaps/Andrie A.R

Selain berenang dan lompat dari tebing, Pantai Orong Bukal adalah lahan basah bagi penyuka fotografi. Keindahan alamnya tentu wajib untuk diabadikan di kamera atau ponsel.

Tidak perlu spot foto kreatif buatan manusia untuk mendapat foto menawan di sini. Kemanapun memandang, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang cantik dan instagrammable.

Pengunjung bisa mengambil foto di bawah tebing atau ketika di atas bukit. Dari puncak bukit, wisatawan akan mendapatkan lanskap pantai yang lebih luas. Termasuk barisan pulau karang kecil yang berjajar menuju Gili Loangberayun. Ini adalah pulau karang besar yang berada terpisah tak jauh dari bibir Pantai Orong Bukal. 

Wisata Sekotong Lainnya

Sekotong adalah wilayah kecamatan yang luas di ujung barat Pulau Lombok. Wilayah ini memiliki banyak pilihan wisata alam yang memukau. Selain pantai ini, wisatawan bisa memilih untuk berkunjung ke spot-spot wisata lainnya.

Salah satu spot wisata yang terdekat dari Orong Bukal adalah Pantai Piling. Pantai lainnya yang tak kalah menarik adalah Pantai Mutung, Pantai Rangking, dan Pantai Belongas. Spot selain pantai juga ada, yaitu Bukit Buwun Mas yang menyajikan pemandangan menyegarkan mata. 

Fasilitas

Tidak ada fasilitas khusus di sekitar Pantai Orong Bukal. Hanya ada area parkir dengan jarak yang cukup jauh dari lokasi pantai. Jika ingin ke pantai ini, pastikan membawa perbekalan yang lengkap.

Lokasi Pantai Orong Bukal

Pantai ini terletak di Dusun Piling, Desa Buwun mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Akses ke Pantai Orong Bukal

jala turun bukit menuju Orong Bukal
Pengunjung menuruni bukit ke lokasi pantai – Foto: Gmaps/Orong Bukal

Perjalanan ke Orong Bukal membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam dari Kota Mataram. Dari Mataram, wisatawan akan menempuh jarak perjalanan sekitar 50 hingga 55 kilometer ke barat daya.

Perjalanan bisa menggunakan mobil atau motor. Akan tetapi, transportasi hanya bisa mencapai area parkirnya saja. Dari sini, wisatawan wajib melanjutkan perjalanan dengan trekking alias berjalan kaki.

Jalur ke Pantai Orong Bukal akan melewati medan semak-semak yang cukup tinggi. Wisatawan yang baru berkunjung sebaiknya menggunakan jasa pemandu dari warga setempat. Biaya bisa bernegosiasi sesuai jumlah rombongan. Pemandu akan menunjukkan arah dan akses jalan yang tepat agar perjalanan tidak terlalu sulit.

Jalur ini merupakan jalan setapak yang menyusuri punggung dan puncak bukit. Sepanjang jalan, sudah tersedia tali pembatas yang juga berfungsi sebagai petunjuk jalan.

Tali ini juga akan menjadi tumpuan bagi wisatawan ketika menuruni bukit. Sesekali wisatawan akan melewati hutan dengan pepohonan tinggi dan jalan berbatu.

Berikan Rating

4.7 - 25 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: