Beranda Tiket Wisata

PANTAI NGANTEP Tiket, Aktivitas & Fasilitas September 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Nganteb : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Dusun Sidurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65178

Pantai Ngantep menawarkan pemandangan pasir putih hingga deburan ombak yang cukup besar seperti ciri khas Pantai Selatan Jawa pada umumnya. Meskipun demikian, pantai ini masih cocok dijadikan sebagai wisata tepi pantai. Ini satu-satunya pantai Selatan Jawa yang bisa digunakan untuk selancar.

Tidak hanya itu, pemandangan di sekitar lokasi pun juga sangat mendukung. Di sini, wisatawan akan menemukan jejeran pepohonan rindang yang mengelilingi lokasi. Ada pula muara yang berada di sisi kiri pantai. Bahkan, keindahan tebing karang yang tidak boleh dilewatkan. Semua itu mendukung aktivitas pantai yang dilakukan seperti berenang, berkeliling hingga selancar.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngantep

Harga Tiket masuk ke pantai terbilang murah. Tiket hanya diperuntukkan untuk remaja dan orang dewasa. Anak-anak tidak perlu membayar tiket masuk. Selain itu harga fasilitas-fasilitas yang ada di pantai ini juga masih cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngantep
Setiap HariRp10.000
Harga Fasilitas
Parkir MotorRp10.000
Parkir MobilRp15.000
Kamar Mandi Rp2.000 – Rp3.000
Sewa TendaRp150.000

Baca: PANTAI TIGA WARNA Malang Tiket & Aktivitas Seru

Jam Buka

Wisata Pantai Ngantep tidak memiliki jam operasional khusus. Kawasan wisata pantai ini buka selama 24 jam namun biasanya akan ramai pada sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Rekreasi Di Pantai Ngantep

Pantai Ngantep termasuk salah satu pantai Selatan Jawa yang memiliki ciri khas tersendiri. Tidak banyak aktivitas air yang bisa dilakukan di pantai ini. Salah satunya karena laut pantai Selatan Jawa ombaknya cukup berbahaya. Meskipun demikian, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan tanpa harus kontak langsung dengan laut.

Keindahan Pantai Ngantep

Pemandangan Pantai Nganteb
Area pasir dan pepohonan rimbun di memagari tepi pantai. Foto: Google Maps/ Agus Supriyono

Pantai Ngantep menyajikan sebuah pesona pantai khas pantai Selatan Jawa. Di mana memiliki pasir berwarna putih dengan tekstur yang halus dan lembut. Garis pantainya landai dan lebar sehingga wisatawan bisa lebih lebih leluasa berekreasi.

Di ujung Barat pantai ini menyajikan pemandangan tebing karang yang indah. Tebing karang yang ada di pantai ini memiliki tinggi sekitar 50 m. Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat pemandangan perahu-perahu nelayan. Namun harus naik ke tebing terlebih dahulu melalui pendopo Gunung Batok kemudian menyusuri jalan setapak yang sedikit curam.

Tidak hanya tebing, area pantai juga dikelilingi pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi. Pemandangan tersebut bisa dinikmati melalui tempat-tempat duduk yang terbuat dari kayu yang ada di sekitar pantai.

Baca: Pantai TELUK ASMARA Malang Tiket & Daya Tarik

Keseruan Berselancar Di Pantai Ngantep

Ombak Pantai Nganteb
Pantai Ngantep memiliki ombak besar yang cocok untuk berselancar. Foto: Google Maps/ Pesilat Pasuruan

Selain pasir berwarna putih, perairan pantai juga memiliki deburan ombak yang tinggi dan besar khas Pantai Selatan. Untuk itu, wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang area perarainya. Hanya bisa bermain air di bibir pantai dengan tetap berhati-hati.

Memang terdapat larangan untuk berenang di laut, namun untuk kegiatan lain seperti selancar atau surfing sangat cocok. Baik untuk pemain profesional maupun pemula. Meskipun ombaknya besar, wisatawan masih bisa berselancar di jarak 10 m dari bibir pantai karena area tersebut masih dangkal. Jangan lupa untuk selalu waspada.

Berselancar di pantai ini akan sangat menyenangkan. Apalagi termasuk satu-satunya pantai di Malang yang bisa untuk berselancar. Biasanya wisatawan yang berselancar adalah turis dari berbagai negara. Namun tidak menutup kemungkinan jika warga sekitar pantai juga bermain selancar, terutama yang memiliki hobi tersebut.

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Malang Tiket & Aktivitas

Alternatif Berenang Di Pantai Ngantep

Wisatawan bisa berenang di muara yang terletak di sisi kiri Pantai Ngantep. Foto: Instagram/@pantaiNgantep

Berenang di laut sekitar memang tidak diperbolehkan. Namun, ada alternatif agar wisatawan tetap bisa berenang saat berkunjung ke pantai ini. Alternatifnya yaitu berenang di muara sungai. Muara sungai ini berada di sebelah kiri pantai.

Terdapat muara sungai dengan aliran air tawar. Muara ini cukup luas untuk area bermain air. Berenang di muara ini sangat aman karena ada beberapa penjaga yang aktif mengawasi wisatawan. Wisatawan bisa bermain air di tempat ini tanpa harus takut dengan ombak laut.

Selain itu di muara ini juga terdapat wahana perahu sewaan bagi yang ingin berkeliling. Rute yang ditempuh hanya sekitar muara saja. Meskipun demikian, sensasi keseruan dan rasa puas akan didapatkan dengan naik perahu mengelilingi muara.

Baca: PANTAI SENDIKI Tiket & Ragam Aktivitas

Gelaran Acara Tradisi

Persiapan upacara larung saji di Pantai Nganteb
Warga membuat tumpeng dari buah-buahan untuk upacara Larung Saji. Foto: Google Maps/Pantai Ngantep

Selain keindahan pantainya wisatawan juga bisa menyaksikan gelaran acara pada waktu-waktu tertentu. Misalnya penyelenggaraan tradisi adat seperti Larungan Sesaji. Biasanya terlaksana setiap satu suro. Di tahun 2022, Larungan Sesaji jatuh pada tanggal tanggal 31 Juli.

Acara ini diikuti oleh warga sekitar Pantai Ngantep sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah di berikan terutama dalam bentuk hasil bumi maupun laut. Dalam acara ini, sesaji yang diberikan berbentuk tumpeng dari beragam jenis buah yang tersusun bertingkat.

Selain itu pantai ini juga tempat menyelenggarakan tradisi Seribu Kupat Lepet Pantai. Ritual ini menyuguhkan sajian utama dari ketupat yang di bentuk bersusun. Dalam ritual ini, sajian tersebut di nikmati warga sekitar maupun pengunjung pantai secara bersama-sama.

Baca: PANTAI KONDANG MERAK Tiket & Daya Tarik

Wisata Religi

Pendopo di Pantai Nganteb
Wisatawan bisa mengunjungi pendopo untuk berwisata religi di Pantai Nganteb. Foto: Google Maps/ Santri Mbeling

Saat berkunjung pantai ini, wisatawan bisa juga wisata religi. Wisata religi di pendopo yang berada di atas bukit karang. Tepatnya di samping kanan jalan setelah pintu loket. Bukit tersebut terkenal dengan Gunung Batok. Masyarakat mengenal tempat ini sebagai Penembahan Pantai Ngantep. Di dalam pendopo tersebut terdapat sebuah kentungan yang biasanya berguna untuk upacara keagamaan.

Belanja Oleh-oleh Di Kampung Nelayan

Perahu nelayan di Pantai Nganteb
Wisatawan bisa menemukan perahu-perahu nelayan di bibir Pantai Ngantep. Foto: Google Maps/Eni Rahayu

Pantai Ngantep ini dekat dengan perkampungan nelayan. Mayoritas profesi warga sekitar adalah nelayan tak heran di sekitar pantai banyak terdapat penjual-penjual ikan laut. Setelah pulang dari melaut, biasanya para nelayan menjual ikan-ikan hasil tangkapannya kepada para wisatawan sebagai oleh-oleh.

Di sini, wisatawan bisa membeli oleh-oleh beragam jenis ikan laut seperti ikan tuna, ikan kerapu hingga kakap merah. Bahkan, lobster hingga udang pun ada. Bonusnya, ikan-ikan yang di jual dalam kondisi masih segar.

Bagi yang ingin langsung menikmati di tempat, maka jangan khawatir. Di samping bisa menjadi oleh-oleh, ikan-ikan yang di jual di pantai ini bisa di nikmati langsung di tempat. Wisatawan bisa meminta para penjual ikan untuk mengolahnya sesuai dengan menu yang di inginkan. Di sini, menu yang paling lezat adalah ikan bakar dengan lalapan.

Berkemah Di Pantai Ngantep

Perkemahan di Pantai Nganteb
Rombongan wisatawan yang berkemah dengan membangun tenda. Foto: Google Maps/ Sds syauqia

Pantai Ngantep sangat cocok di jadikan tempat untuk berkemah. Di samping suasana pantai yang nyaman dan tenang, wisatawan bisa mendapatkan bonus seperti panorama langit fajar ketika matahari terbit dan langit senja ketika matahari terbenam. Bahkan, wisatawan bisa melihat para nelayan berlayar mencari ikan di pagi hari sekitar jam 06.00.

Bagi yang berkemah di sini bisa membawa perlengkapan kemah sendiri seperti tenda. Atau jika tidak ingin repot, maka bisa menyewa tenda. Di pantai sendiri hanya menyediakan penyewaan tenda untuk berkemah.

Fasilitas

Pantai Ngantep menyediakan fasilitas pendukung untuk wisatawan khususnya bagi yang berkemah. Fasilitas tersebut seperti toilet, musala, warung makan, toko kebutuhan sehari-hari. Di sini, akses air bersih cukup memadai.

Alamat Pantai Ngantep

Objek wisata pantai ini terletak di Dusun Sidurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178. Pantai ini berdekatan dengan dua pantai yang terkenal di Malang yaitu Pantai Balekambang dan Pantai Wonogoro. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor 082147548421.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini