Beranda Tiket Wisata

PANTAI SELOK Malang: Tiket & 5 Pesona Unggulan - Januari 2021

Pantai Selok
Harga Tiket: Rp12.000 Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Kandangmerak, Sumberbening,Bantur,Malang,Jawa Timur ,Indonesia,65179.

Pantai Selok merupakan salah satu pantai wisata dari deretan koleksi pantai selatan Kabupaten Malang. Pantai ini berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur. Baru beberapa tahun sejak dibuka sebagai pantai wisata. Sehingga, belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan pantai ini.

Pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Tanpa terhalang apapun, angin laut tak pernah berhenti menghampiri pantai ini. Ombaknya yang terkenal besar tidak lantas membuat Pantai Selok sepi. Daya tarik alaminya jadi pemikat bagi wisatawan yang mencari pantai dengan suasana yang masih asri.

Tiket Masuk Pantai Selok

Karena letaknya yang bertetangga, satu tiket masuk berlaku untuk Pantai Selok dan Pantai Banyu Meneng. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati kedua pantai tersebut tanpa biaya tambahan.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk per orangRp12.000
Tiket ParkirRp7.500

Baca: 50+ Destinasi Wisata Menarik di Malang

Jam Operasional

Pantai Selok terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Pantai ini seringkali dijadikan tujuan untuk berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Terpikat Pantai Selok

Pantai Selok bertetangga dengan Pantai Banyu Meneng
salah satu pantai wisata di pesisir selatan Kabupaten Malang – Foto: Google Maps / Edo Senphay

Kawasan selatan Kabupaten Malang memiliki sejumlah pantai yang menarik. Sebut saja Pantai Nganteb atau Pantai Balekambang dengan garis pantai yang panjang. Namun, ada juga beberapa pantai kecil yang belum banyak terdengar. Salah satunya adalah Pantai Selok yang berada di Kecamatan Bantur.

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang luas. Beberapa batu karang jadi ciri khas yang menghiasi lautnya. Selain itu, ombaknya pun terkenal cukup ganas. Namun, pantai ini cukup banyak dijadikan tujuan untuk berkemah karena lahannya yang luas.

Baca: Pantai Ngliyep Malang Spot Sunset Paling Asik

Ombak Besar

Batu karang yang tak pernah berhenti diterjang ombak
Pengunjung perlu berhati-hati saat bermain. Ombaknya besar, sehingga tidak diperkenankan untuk berenang di lautnya. – Foto: Google Maps / gita agnestasia

Pantai Selok lebih banyak dikenal sebagai ‘tetangga’ dari Pantai Banyu Meneng. Kedua pantai wisata ini memang tepat bersebelahan. Lokasinya hanya dipisahkan oleh sebuah bukit. Wisatawan bisa berpindah lokasi hanya dengan melalui jalan setapak kecil di bukit.

Dibandingkan Selok, Banyu Meneng memang lebih banyak dituju sebagai tempat wisata keluarga. Air lautnya cenderung lebih tenang, selaras dengan namanya. Ini karena lokasinya yang terlindung di balik teluk.

Sementara itu, laut di Pantai ini adalah kebalikannya. Pantai ini memanjang menghadap langsung Samudera Hindia yang ganas. Tiada hari tanpa tiupan angin laut yang kencang dan debur ombak yang besar. Oleh karena itu, wisatawan hanya boleh beraktivitas di sekitar bibir pantainya saja.

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Tiket & Aktivitas

Batu Karang Eksotis

pengunjung berfoto di atas salah satu batu karang
Formasi batu karang besar di tepi pantai jadi salah satu spot foto favorit pengunjung. – Foto: Google Maps / dina sari putri

Selain ombak yang besar, Pantai Selok juga memiliki ciri khas lainnya. Beberapa formasi batu karang besar tampak menghiasi pantai ini. Jika diperhatikan, batu-batu karang ini seolah membagi pantai menjadi beberapa bagian.

Keberadaan batu karang besar ini justru jadi daya tarik tersendiri. Pengunjung seringkali menjadikannya objek foto yang menarik. Batu karang ini jadi dekorasi alami yang memberi nilai eksotis lebih. Pemandangan matahari terbit maupun terbenam jadi semakin cantik berkat formasi karang ini.

Arena Camping

sejumlah wisatawan beristirahat di tepi pantai
Area pantai menyajikan hamparan pasir putih lembut serta pemandangan laut yang cantik. Suasananya masih asri dan belum terlalu ramai dikunjungi – Foto: Google Maps / Mohamad Gilang Roziqin

Pantai Selok memang tidak punya ombak yang bersahabat. Namun, ada kelebihan lain yang tetap membuatnya banyak dilirik. Kontur tanah yang landai dan pasir yang lembut menjadikan Selok cocok untuk berkemah.

Baca: PANTAI TELUK ASMARA Malang Tiket & Aktivitas

Agak jauh dari bibir pantai, terdapat area yang ditumbuhi pepohonan cemara. Area ini jadi tempat berteduh favorit bagi wisatawan. Selain itu, tanahnya rata dan nyaman untuk mendirikan tenda. Meski tidak memiliki fasilitas penginapan di sekitar, wisatawan tetap bisa bermalam di sini.

Luas dan Nyaman

Selain berkemah, ada bergaam opsi aktivitas rekreasi lainnya di sini. Bermain pasir, piknik, atau bermain layangan bisa jadi pilihan. Manfaatkan hembusan angin yang kencang untuk menerbangkan layangan setinggi mungkin. Pasirnya yang lembut juga bisa jadi lahan bermain untuk semua kalangan.

Setelah lelah menikmati pantainya, menepi ke jajaran kedai yang tersedia. Pengunjung bisa mengisi perut dengan beragam kuliner laut dan kelapa muda. Manjakan perut sekaligus telinga dengan suara debur ombak.

Baca: PANTAI GOA CINA Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas Pantai Selok

Pantai Selok memiliki area parkir yang menyatu dengan Pantai Banyu Meneng. Area parkir ini luas dan cukup untuk bis besar. Di pantai ini sudah tersedia toilet, mushola, dan sejumlah kedai makanan tak jauh dari bibir pantai. Tidak ada akomodasi penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Namun, banyak lahan datar yang bisa dijadikan tempat untuk berkemah.

Lokasi Pantai Selok

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai di pesisir selatan ini bersebelahan dengan Pantai Banyu Meneng. Dari pusat Kota Malang jaraknya sekitar 60 kilometer.

Untuk menuju ke sini, lalui rute menuju Pantai Kondang Merak. Ikuti petunjuk arah ke Pantai Banyu Meneng di pertigaan. Pengunjung selanjutnya cukup berjalan kaki sedikit ke lokasi pantai dari tempat parkir.

Akses Pantai Selok

Akses jalan menuju pantai bisa dikatakan cukup baik. Hanya mendekati lokasi pantai terdapat beberapa bagian jalan yang tidak beraspal. Jalan berupa makadam dan jalan tanah yang cukup merepotkan bagi pengendara mobil. Pantai Selok bisa dikunjungi langsung atau melalui jalan setapak di bukit dari Pantai Banyu Meneng.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini