Beranda Tiket Wisata

TAMAN NARMADA LOMBOK Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Narmada : Rp5.000Jam Buka: 09.00 - 16.00No. Telepon: -Alamat: Jl. Raya Mataram - Labuhan Lombok, Lembuak, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83371

Taman Narmada menawarkan taman yang kental akan sejarah agama Hindu. Di taman ini, wisatawan akan bisa menikmati pemandangan indah nan asri dengan pepohonan dan rumput hijaunya. Selain itu ada juga tersedia kolam renang dan danau buatan khusus untuk hiburan wisatawan.

Taman ini juga terkenal sebagai objek wisata sejarah yang cukup sakral. Karena keberadaan pura tempat beribadah umat Hindu. Ditambah dengan mata air suci yang konon dapat membuat awet muda. Dan bagi wisatawan, di sini juga tersedia toko cendera mata serta warung kuliner.

Harga Tiket Masuk Taman Narmada Lombok

Objek wisata ini menetapkan tarif yang berbeda antara wisatawan domestik dan mancanegara. Meski demikian, tarifnya masih sangat terjangkau. Bahkan tiket mancanegara pun masih terjangkau oleh wisatawan domestik.

Harga Tiket Masuk
Wisatawan domestik Rp5.000
Wisatawan mancanegara Rp15.000

Baca: PANTAI PINK Tiket & Aktivitas

Jam Buka Taman Narmada Lombok

Objek wisata ini dapat dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Dengan waktu yang sama di semua hari.

Jam Operasional
Setiap hari 09:00 – 16:00

Menikmati Keindahan Taman Narmada Lombok

Keindahan Taman Narmada Lombok
Keindahan Taman Narmada Lombok. Foto: Gmap/Adistya Erland

Seperti namanya, Taman Narmada adalah sebuah taman dengan konsep alam yang memukau. Penamaan Narmada berasal dari nama Narmada Nadi, yaitu nama salah satu anak sungai Gangga di India. Karena dulu, nama “Narmada” hanya digunakan pada nama kolam di taman ini. Saat ini, nama Narmada juga dipakai untuk keseluruhan area taman nan indah ini.

Keseluruhan pemandangan dari taman ini berwarna hijau. Tak heran, karena banyak pepohonan yang tumbuh dengan rimbun. Membuat kawasan menjadi teduh. Di bawahnya, tertanam rumput hijau yang menutupi permukaan tanah.

Di sini wisatawan dapat menemukan kolam renang dan danau buatan untuk wahana air. Objek wisata ini terbagi menjadi dua kawasan, yaitu kawasan sakral dan non sakral. Kawasan sakral berada di sisi timur, di mana terdapat bangunan pura dan tirta suci. Di sisi barat tempat non sakral, terdapat beberapa bale atau rumah singgah.

Baca: PANTAI SENGGIGI Lombok Tiket & Daya Tarik

Sejarah Pembangunan Taman Narmada

Taman Narmada dulunya bukanlah objek wisata, melainkan tempat sakral yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar. Pada saat pemerintahan Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karangasem. Taman ini berfungsi sebagai tempat alternatif untuk upacara Pakelem. Yaitu upacara menenggelamkan sesaji (yadnya) di dalam air, baik laut, danau, atau kawah gunung.

Upacara Pakelem ini berlangsung setiap purnama kelima tahun Saka. Awalnya, sang raja melakukan upacara ini dengan mendaki Gunung Rinjani. Namun karena usia beliau sudah tidak mampu lagi naik gunung, dibangunlah Taman Narmada. Pembangunan taman ini memakan waktu selama 27 tahun, yaitu dari tahun 1852 hingga 1879.

Di sini terdapat pura yang berada di ketinggian, yang merepresentasikan puncak Gunung Rinjani. Serta menjadi tempat peribadatan umat Hindu yang mengunjungi Taman Narmada. Kemudian terdapat replikasi dari Danau Segara Anak, untuk melarung sesaji. Makna dari upacara Pakelem adalah permohonan kepada dewa agar melimpahkan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Pura Kelasa Sarat akan Sejarah

Pura Kelasa yang menjadi Pura Tertua di Lombok
Pura Kelasa yang menjadi Pura Tertua di Lombok. Foto: Gmap/Ardika Dodoka

Di bagian atas kawasan taman terdapat sebuah pura, yaitu Pura Kelasa. Pura Kelasa menjadi salah satu Pura Jagat tertua di Lombok. Nama pura ini berasal dari nama Gunung Kelasa, yang merupakan replika Gunung Rinjani. Lokasinya masih menjadi satu kesatuan dengan Kolam Segara Anak.

Pura ini juga dibangun menghadap arah puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Hingga sekarang, Pura Kelasa masih aktif sebagai tempat beribadah. Salah satu upacara yang rutin berlangsung di sini adalah Upacara Pujawali.

Untuk bisa mencapai pura ini, pengunjung harus melewati puluhan anak tangga. Hal ini menggambarkan supaya pengunjung seolah-olah seperti menaiki Gunung Rinjani.

Baca: Rinjani Waterpark Tiket & Wahana

Mata Air Tirta Murni

Tirta Murni Taman Narmada
Tirta Murni Taman Narmada. Foto: Gmap/Aruna Bali

Di sisi timur Taman Narmada, terdapat sebuah sumber mata air. Lokasinya berada di Bale Petirtaan, yang menempati sebuah ruangan kecil di bagian kiri taman. Dengan sebuah sumber mata air yang dipercaya bisa membuat awet muda. Tak hanya itu, efek lain yang konon ditimbulkan dari air ini adalah murah rezeki dan enteng jodoh.

Wisatawan cukup membasuh air saja ke wajah. Dengan begini, kemudahan tersebut akan datang. Percaya atau tidak, kembali pada masing-masing individu. Yang jelas, air di sini berasal dari mata air asli yang rasanya sangat dingin.

Selain membasuh wajah, wisatawan juga bisa meminum atau membawa pulang air. Bahkan wisatawan muslim bisa juga menggunakannya untuk berwudhu. Yang terpenting, wisatawan harus datang dengan pakaian sopan, dan mengenakan selendang kuning. Serta bagi wanita sedang datang bulan tidak diperkenankan masuk.

Baca: PANTAI KUTA Lombok Tiket & Aktivitas

Berenang di Kolam dan Bermain di Kawasan Danau

Kolam yang Berdekatan dengan Danau
Kolam yang Berdekatan dengan Danau. Foto: Gmap/Teguh Ari Prabowo

Kini, Taman Narmada telah menjadi objek wisata yang dapat terbuka untuk umum. Kunjungan bahkan tak hanya berasal dari sekitar Lombok atau Indonesia saja, tapi juga mancanegara. Ada yang datang karena tertarik dengan sejarah kerajaan, ada juga yang hanya ingin berwisata. Oleh karena itu pengelola menyediakan wahana wisata bagi pengunjung, seperti kolam renang.

Sejauh ini terdapat dua kolam renang, satu berukuran besar dan satunya berukuran kecil. Di kolam renang besar ini lebih dalam untuk orang dewasa. Di kolam renang besar ini pun tidak terdapat permainan anak. Sementara di kolam kecil ukurannya dangkal, dan memiliki wahana permainan anak-anak seperti perosotan.

Sementara di danau, wisatawan dapat bermain dengan menaiki perahu. Atau sekedar berjalan-jalan di sekitarnya, karena areanya begitu teduh.

Lokasi Taman Narmada Lombok

Taman rekreasi ini berlokasi di Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok, Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 14

Berikan Rating