Beranda Tiket Wisata

Pantai Suwehan Nusapenida Lanskap Spektakuler - Oktober 2020

Pantai Suwehan
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Tanglad,Nusapenida,Klungkung,Bali,Indonesia,80771.

Pantai Suwehan merupakan salah satu pantai wisata yang berada di wilayah Klungkung, Bali. Pantai yang masih termasuk area Nusa Penida ini memiliki pemandangan khas berpadu pagar tebing. Perbukitan yang menghijau berpadu dengan hamparan birunya laut yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Pantai Suwehan memiliki satu spot unik yang disebut Batu Jineng. Batu karang besar berbentuk diamond segitiga ini menjadi latar foto favorit wisatawan. Ditambah trek yang menantang, destinasi wisata ini menjadi semakin atraktif bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwehan

Seperti kebanyakan pantai di Bali. Pantai ini juga tidak menerapkan harga tiket masuk. Wisatawan bebas datang ke sini tanpa dipungut biaya.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masukGratis

Baca: 21 Pantai Pilihan Terbaik di Bali

Jam Buka Pantai

Waktu operasionalJam Buka
Senin – Minggu24 Jam

Aktivitas Wisata di Pantai Pantai Suwehan

Begitu sampai, wisatawan dapat memarkirkan kendaraan di lokasi parkir yang tidak dijaga. Destinasi wisata Pantai Suwehan ini memang belum dikelola secara resmi oleh Dinas Pariwisata. Dari lokasi parkir, perjalanan dimulai dengan berjalan kaki.

Mampir di Pura Puseh

Menuju lokasi pantai, wisatawan akan melewati sebuah pura. Rumah peribadatan umat Hindu di kawasan Pantai Suwehan ini adalah Pura Puseh. Di bawah Pura Puseh inilah lokasi utama wisata  Pantai Suwehan berada.

Area Pura Puseh bernuansa sakral religius. Wisatawan tetap harus menjaga tata kesopanan dan ketenangan melewati kawasan ini.

Menyambangi Sumber Mata Air yang Disucikan

Di sela perjalanan berjalan kaki, wisatawan juga akan menemui sebuah sumber mata air. Mata air ini keluar dari tebing dan tertampung di kolam-kolam alami. Area sumber mata air ini dibatasi oleh jalan setapak menuju lokasi pantai berada.

Baca: 9 Tempat Wisata Terbaik di Nusa Penida

Air dari sumber mata air ini sangat jenih, bersih, dan segar. Namun wisatawan dilarang mandi di kawasan sumber mata air ini. Mata air ini disucikan oleh masyarakat sekitar dan digunakan untuk keperluan upacara keagamaan di pura.

Menikmati Pemandangan Indah Bukit Abangan

Bukit abangan di sekitar pantai suwehan
Pemandangan lanskap Pantai Suwehan dari ketinggian – Foto : GoogleMaps/Gracia Luciana

Selama perjalanan menuju ke Pantai Suwehan, wisatawan akan disuguhi keindahan panorama alam yang memukau. Terbentang area perbukitan kawasan Nusa Penida maupun area lain dari ketinggian dengan begitu Indah. Inilah Bukit Abangan yang berada di sebelah kiri jalur menuju pantai.

Dari atas ketinggian, Pantai Suwehan terlihat sebagai sebuah teluk kecil dengan raksasa tebing batu. Hamparan laut biru yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia ini terlihat indah mempesona. Berdiri di tepi tebingnya memberikan sudut pandang yang luas ke lanskap di hadapan.

Baca: Pantai Atuh Nusa Penida Pasir Putih Berpagar Tebing

Menikmati hembusan angin di tempat ini menjadi pilihan bersantai sekaligus mengabadikan momen liburan. Wisatawan biasanya berhenti sejenak di spot ini untuk mengabadikan beberapa momen. Wisatawan juga mampir untuk melepas lelah dalam ketenangan indah perbukitan yang berpadu birunya laut.

Trek Terjal Menantang

trek terjal menuju tepi pantai
Jalur menurun menuju bibir pantai yang menantang bagi pecinta olahraga pemacu adrenalin – Foto : GoogleMaps/Wan Naqiuddin Wan Yaacob

Setelah melewati jalur jalan setapak, kini saatnya wisatawan menempuh jalur terjal yang menurun. Lokasi pusat Pantai Suwehan memang berada di bawah dinding raksasa tebing batu.

Menuju ke bawah, wisatawan harus berjalan kaki sejauh sekitar 300 meter, dengan jalan yang menurun dan cukup terjal. Jalurnya sempit, wisatawan diharapkan berhati-hati menuruni anak tangganya. Di spot ini disediakan tali untuk wisatawan dapat melakukan rapelling menuruni tebing.

Baca: Pantai Kelingking Keindahan Tebing Dan Pasir Putih

Bagi wisatawan pecinta alam maupun olahraga pemacu adrenalin, trek ini bisa jadi sangat menantang. Curamnya kemiringan jalur membuat wisatawan membutuhkan stamina yang cukup kuat untuk melaluinya.

Spot Unik Batu Jineng

Batu Jineng menjadi spot ciri khas pantai suwehan
Batu Jineng menjadi spot ciri khas Pantai Suwehan – Foto : GoogleMaps/Jay Wahyudi

Sesampainya di lokasi Pantai Suwehan, hal pertama yang menarik perhatian wisatawan adalah Batu Jineng. Batu yang bentuknya menyerupai diamond segitiga ini memang menjadi daya tarik utama Pantai Suwehan.

Batu karang berukuran sangat besar yang berbentuk khas ini letaknya menjorok ke laut. Batu Jineng yang merupakan ikon dari Pantai Suwehan ini berdiri kokoh di pantai.

Baca: BROKEN BEACH Nusa Penida Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Sebagian wisatawan menyebut Batu Jineng menyerupai bentuk brand ‘Volcom’. Dari sebutan ini, tak jarang wisatawan menyebut pantai ini sebagai ‘Pantai Volcom’.

Menyusuri Pantai Suwehan

Setelah melalui jalur yang menantang dan akses yang memacu adrenalin, panorama Pantai Suwehan menjadi sebuah hadiah indah. Di sini wisatawan akan merasakan kebebasan untuk mengekplorasi wilayah pantainya. Menyusuri daerah pesisir laut, wisatawan akan merasa seolah berada di pantai pribadi.

Hamparan pasir putihnya yang lembut terhampar di sepanjang pesisir bentang garis pantai. Airnya jernih, jauh dari apapun yang dapat menjadi sumber polusi.

Baca: DIAMOND BEACH Nusa Penida Daya Tarik Memesona

Layaknya surga yang tersembunyi, keindahan alam wilayah pesisir laut ini jauh dari keramaian. Suasanya begitu tenang, memberikan efek relaksasi dari kedamaian alaminya.

Bersantai Mandi Matahari

Saat matahari bersinar cerah menjadi favorit wisatawan yang datang ke sini. Wisatawan, terutama yang berasan dari mancanegara sangat menyukai sunbathing di area pantai ini. Berbaring santai memberikan kesempatan kulit menyerap vitamin D yang berlimpah dari hangatnya cahaya mentari.

Bersantai di hamparan pasir putih, wisatawan akan merasakan sejuknya hembusan angin laut. Kesegaran yang diberikan bukan hanya fisik, namun juga menyegarkan bagi pikiran.

Bersantai menikmati hembusan angin di tepi pantai
Wisatawan bersantai menikmati hembusan angin pantai di hamparan pasir putih – Foto : Instagram/chantcute

Bermain Air

Wilayah laut di area Pantai berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Itulah mengapa ombak di daerah pantai ini kurang bersahabat untuk berenang.

Wisatawan dapat bermain air dan berkejaran dengan ombak di tepian berpasir dari kawasan pantai. Namun tidak diperbolehkan untuk melewati batas aman yang diperkenankan.

Swafoto

Sangat disayangkan untuk tidak mengabadikan momen liburan di Pantai Suwehan. Banyak spot dan latar indah yang sangat layak untuk dijadikan sebagai latar swafoto.

Spot andalan yang sangat atraktif tentu saja Batu Jineng yang menjadi ciri khas pantai ini. Ombak yang memecah batu karang tersebut juga menjadi objek foto yang menarik wisatawan. Ditambah lanskap birunya laut dan latar perbukitan hijau yang berpadu sempurna.

Lokasi Wisata Pantai Suwehan

Kawasan wisata pantai ini berjarak sekitar 1,5 jam dari Toyapakeh, pelabuhan utama area traveler di Nusa Penida. Tepatnya di Tanglad, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini