Beranda Tiket Wisata

Pulau Menjangan Buleleng Snorkeling Asik di Utara Bali September 2021

Pulau MenjanganHarga Tiket: Mulai Rp750.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Sumber Klampok, Gerokgak, Buleleng, Bali, Indonesia, -

Pulau Menjangan merupakan sebuah spot diving dan snorkeling di kawasan Buleleng. Pulau ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Meski bentang alamnya gersang, namun keindahan bawah lautnya menjadi buruan banyak wisatawan. Spot menyelam Pulau Menjangan bahkan diakui secara global sebagai salah satu spot terbaik.

Harga Snorkeling/Diving Pulau Menjangan

Untuk kegiatan snorkeling atau diving harga paket standar dibanderol mulai dari 750 ribu rupiah. Jumlah rombongan minimal 2 orang dan maksimal 10 orang untuk satu perahu motor.

Harga Paket Snorkeling/Diving
Paket Snorkeling/Diving mulai dari Rp750.000

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Terbaik di Buleleng

Jam Buka

Kawasan snorkeling dan menyelam di sekitar pulau ini terbuka untuk umum setiap hari. Keberangkatan ke pulau ini biasanya dimulai pada pagi hari hingga menjelang sore.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Pulau Menjangan Spot Snorkeling di Utara Bali

Pulau Menjangan
Destinasi wisata bahari utara Bali yang sudah mendunia karena pesona bawah lautnya yang spektakuler – Foto: Google Maps/Stepen Sahrun

Mencari spot diving atau snorkeling untuk liburan? Daerah Indonesia Timur seringkali jadi tujuan karena memiliki pesona bawah laut yang luar biasa. Tapi, jangan dulu jauh-jauh ke Raja Ampat atau Bandaneira. Di Pulau Bali saja ternyata ada spot yang kecantikannya sudah diakui dunia.

Pulau Menjangan adalah tempatnya. Pulau yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Destinasi wisata bahari ini populer karena memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Berminat untuk mengunjunginya di masa liburan mendatang? Yuk lihat keindahannya.

Baca Juga: 4 Daya Tarik PANTAI LOVINA Selain Lumba-lumba

Pulau Menjangan via Bali

Dermaga Pelabuhan Labuan Lalang
Dermaga penyeberangan sebagai titik awal memulai kegiatan snorkeling atau menyelam  – Foto: Google Maps/Francois Descols

Ada dua titik keberangkatan dari Bali menuju Pulau Menjangan. Pertama adalah Pelabuhan Labuan Lalang di Desa Sumber Klampok. Pelabuhan ini berjarak sekitar 15 km dari Gilimanuk.

Pilihan moda transportasinya yaitu kapal motor yang bisa menampung hingga 10 orang. Waktu tempuh untuk menyeberang kurang-lebih 20 hingga 30 menit tergantung cuaca. Biaya sewa kapal ini biasanya sudah termasuk paket untuk aktivitas snorkeling.

Selain Labuan Lalang, ada juga Pelabuhan Banyumandi yang berada di sebuah teluk. Letaknya di Banjar Dinas Batu Ampar, Desa Pejarakan. Masih menggunakan kapal motor berkapasitas sama, namun waktu tempuhnya lebih lama. Di antara kedua opsi tersebut, yang paling ramai jadi pilihan adalah Labuan Lalang.

Baca Juga: Air Terjun Gitgit Buleleng Tiket & Daya Tarik

Pulau Menjangan via Banyuwangi

Keindahan bawah laut
Pemandangan terumbu karang yang bisa disaksikan di sekitar pulau – Foto: Google Maps/Tour Banyuwangi

Selain dari pulau Bali menuju ke pulau ini bisa juga dari Banyuwangi. Wisatawan bisa mendapatkan banyak alternatif titik keberangkatan. Waktu tempuh paling lama adalah 45 menit hingga 1 jam dengan perahu motor. Opsi yang tersedia yaitu Pantai Watudodol, Grand Watu Dodol, Pantai Kampe, dan Pantai Bangsring.

Keberangkatan dari titik-titik di Banyuwangi biasanya masuk dalam paket wisata. Dengan biaya mulai dari 1 juta rupiah, wisatawan tidak hanya mendapat tumpangan kapal pulang-pergi. Biaya ini termasuk perlengkapan snorkeling, pelampung, makan dan minum, serta pemandu.

Baca Juga: Brahma Vihara Arama Keindahan Stupa Borobudur Buleleng

Snorkeling & Diving

WIsatawan berfoto di antara terumbu karang
Snorkeling dan free diving adalah aktivitas rekreasi utama – FOto: Google Maps/Raka Ikrar

Aktivitas rekreasi utama di kawasan wisata ini tak lain adalah menikmati keindahan bawah laut. Wisatawan bisa memilih snorkeling, atau menyelam bagi yang sudah memiliki sertifikat. Ada juga opsi try scuba untuk yang ingin coba menyelam dengan instruktur.

Pulau Menjangan memiliki sejumlah titik penyelaman dengan pesona yang berbeda. Ada spot yang cocok untuk pemula, ada juga yang bisa dijajal oleh penyelam berpengalaman. Wisatawan tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dan petunjuk guide masing-masing.

Kekayaan bawah laut pulau ini masih sangat cantik dan terjaga kelestariannya. Puluhan jenis terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya tinggal di sini. Bentang geografisnya pun beragam dan menarik untuk dijelajahi. Palung, gua, tanah berlumpur, dan kenampakan indah lainnya ada di sekitar kawasan pulau.

Lautnya pun jernih dan berwarna biru. Beberapa spot snorkeling bahkan menyajikan hamparan terumbu karang yang terlihat dari permukaan laut. Wisatawan harus benar-benar memperhatikan petunjuk dari guide, terutama bagi pemula. Untuk menjaga keindahannya, wisatawan tidak boleh sembarangan merusak terumbu karang yang ada.

Baca Juga: Krisna Funtastic Land Tiket & Wahana

Fauna Pulau Menjangan

Rusa-rusa sedang mencari makan
Pulau Menjangan adalah habitat bagi rusa liar atau menjangan yang menjadi asal-usul nama pulau ini – Foto: Google Maps/Reyner Gunawan

Sesuai namanya, pulau ini memang pulaunya para menjangan atau rusa. Pulau ini telah menjadi habitat bagi rusa-rusa liar. Wisatawan bisa berinteraksi dengan rusa secara bebas. Namun, tetap harus memperhatikan untuk tidak sembarangan memberi makan, ya.

Keberadaan rusa menjangan ini jadi hiburan lainnya di samping snorkeling dan diving. Selain menjangan, pulau ini juga menjadi habitat burung jalak Bali. Hewan endemik ini bisa menjadi objek kegiatan bird watching bagi yang menggemarinya.

Baca Juga: Air Panas Banjar Rendam Nyaman Di Sela Taman Tropis

Pesona Alam Sekitar

Pura Menjangan
Beberapa pura berdiri di pulau ini sebagai tempat peribadatan dan upacara umat Hindu – Foto: Google Maps/mohamad fadeli

Pulau Menjangan sendiri sebenarnya merupakan pulau tak berpenghuni. Kondisi geografisnya tandus dan kering. Pulau ini memang memiliki pantai, namun sebagian besar tanahnya kering. Pepohonan yang tumbuh di sini pun tumbuh dengan jarang-jarang.

Hanya sebagian kecil areanya merupakan pantai. Pantainya berpasir putih dan landai. Sementara lautnya tenang dan minim ombak. Sehingga nyaman untuk melepas lelah setelah berenang kesana-kemari.

Hal menarik lainnya yang ada di pulau ini yaitu adanya bangunan pura. Pura Ganesha berdiri di sini sebagai penghormatan dewa yang telah menjaga laut. Pura ini bisa jadi objek wisata lainnya dari sisi kultural.

Tips Wisata Pulau Menjangan

Sebagai pulau tak berpenghuni, tidak ada warung ataupun kios di Menjangan. Untuk itu, wisatawan harus mempersiapkan sendiri perlengkapan. Pakaian ganti, makanan, minuman, dan obat-obatan merupakan barang yang wajib dibawa. Gunakan tas anti-air agar semua barang terjaga dari cipratan air laut.

Akomodasi penginapan hanya tersedia di sekitar pelabuhan di Bali dan Banyuwangi. Terdapat ragam pilihan akomodasi seperti homestay sederhana hingga resort eksklusif. Hampir semuanya menyediakan paket dan pemandu untuk open trip.

Fasilitas Pulau Menjangan

Fasilitas di Pulau Menjangan yaitu toilet, kamar mandi bilas dan ruang ganti, dan gazebo. Selain itu, tidak ada lagi sarana pendukung lainnya di pulau ini. Fasilitas penginapan baru ada di sekitar pelabuhan tempat keberangkatan.

Lokasi Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Lokasinya di Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Pulau ini bisa dicapai dengan perahu motor dari Buleleng atau Banyuwangi. Waktu tempuh standar yaitu 30 menit hingga 1 jam sesuai keadaan cuaca.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini