Beranda Tiket Wisata

PANTAI PALANGPANG Sukabumi Tiket & Ragam Aktivitas Oktober 2021

Pantai PalangpangHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Girimukti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, -

Pantai Palangpang adalah pantai di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Pantai ini merupakan pantai teluk yang luas dan memiliki panorama memukau. Dihiasi oleh laut lepas yang biru serta perbukitan hijau di sekitarnya.

Destinasi wisata alam ini menyajikan suasana tropis yang masih alami dan terjaga. Pemandangan Curug Cimarinjung yang terlihat dari pantai seolah jadi pelengkap istimewa. Jadikan Pantai Palangpang sebagai destinasi wisata keluarga selanjutnya, yuk!

Tiket Masuk Pantai Palangpang

Untuk memasuki Pantai Palangpang, pengunjung akan perlu membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah. Dengan biaya sangat terjangkau, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pantai ini.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk Rp5.000
CampingRp20.000
Perahu untuk Island HoppingRp300.000/10 orang

Baca Juga: 14 Destinasi Wisata Terbaik di Sukabumi

Jam Buka

Pantai Palangpang terbuka untuk umum setiap hari. Kawasan pantai ini memiliki penginapan serta area berkemah, sehingga buka selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Pesona Pantai Palangpang

Panorama pantai
Pantai Palangpang atau Pantai pasir Putih Ciletuh terlihat dari atas bukit – Foto: Google Maps/Alexy yesherry

Geopark Ciletuh merupakan taman nasional yang berada di Sukabumi. Kawasan ini merupakan tempat yang sudah diakui secara internasional yaitu UNESCO. Ia memiliki bentang alam unik dengan bentuk menyerupai tapal kuda.

Di dalam kawasan taman ini, terdapat sejumlah spot wisata. Salah satu yang ikonik adalah Pantai Palangpang. Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Pasir Putih Ciletuh. Pantai ini juga menjadi salah satu gerbang dari laut untuk memasuki kawasan geopark.

Lokasi pantainya berada di ujung ‘tapal kuda’ Ciletuh. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan luas. Berada di teluk membuat Palangpang memiliki pasir yang putih dan lembut. Panorama laut serta alam sekitarnya dijamin menghipnotis wisatawan yang butuh refreshing sejenak.

Baca Juga: GEOPARK CILETUH Tiket & Pesona Alam Memukau

Pantai Teluk

Sunset Palangpang
Panorama matahari terbenam – Foto: Google Maps/Lam Ir

Pantai Palangpang juga terkenal dengan sebutan Pantai Ciletuh ini terletak di sebuah teluk. Teluk ini juga bagian penting dari kawasan Geopark Ciletuh yang sudah mendunia. Lahannya melengkung ke arah dalam, menghadap ke Samudera Hindia yang ganas.

Karena lokasi geografisnya ini, Pantai Palangpang memiliki garis yang panjang. Area pantainya pun sangat luas. Lahannya tertutupi hamparan pasir putih yang lembut. Tidak lupa juga lautnya jernih dengan warna biru-kehijauan nan cantik.

Berada di teluk membuat pantai ini secara alami terlindungi dari angin laut. Sehingga, gulungan ombaknya cenderung kecil dan aman. Namun, jika bergerak agak ke tengah laut terdapat gelombang yang cukup besar. Pantai ini memang sangat cocok sebagai lokasi berenang hingga bermain aneka watersport.

Baca Juga: PANTAI KARANG HAWU: Tiket & Daya Tarik

Berenang Hingga Banana Boat

Pengunjung menikmati snorkeling
Asyiknya menjajal pengalaman snorkeling di kawasan sekitar pantai – Foto: Google Maps/Villa geopark ciletuh (villa & resto)

Apa saja yang bisa dilakukan di kawasan Pantai Palangpang? Berenang dan bermain pasir tentu jadi yang paling wajib. Pasirnya yang lembut sangat pas sebagai area untuk beragam aktivitas. Entah itu bermain, olahraga, atau sekadar berjemur.

Selain itu, Pantai Palangpang juga memiliki sejumlah lapak penyewaan wahana air. Wahana sederhana seperti perahu hingga yang menantang seperti banana boat. Dengan tarif yang tentatif, wisatawan bisa menikmati aneka permainan air yang menguji adrenalin.

Jangan sampai ketinggalan juga untuk mencoba snorkeling di lautnya. Kawasan geopark ini memiliki keindahan bawah laut yang memesona. Pesonanya dapat dinikmati melalui kegiatan snorkeling atau diving. Pengunjung akan didampingi instruktur ahli untuk kegiatan ini.

Baca Juga: PANTAI UJUNG GENTENG: Tiket & Ragam Aktivitas

Penginapan Atau Berkemah

Penginapan di sekitar pantai
Menginap di kawasan pantai dengan berbagai opsi akomodasi – Foto: Google Maps/Asnaf Geopark

Menikmati indahnya Pantai Palangpang tentu tidak cukup jika hanya satu hari. Untuk itu, wisatawan dapat memilih untuk bermalam di fasilitas yang tersedia. Di sepanjang pantai, terdapat sejumlah penginapan. Ada jenis bungalow, hotel, atau homestay untuk pilihan yang lebih terjangkau.

Jika ingin lebih dekat dengan alam, berkemah adalah jawabannya. Kawasan pantai yang luas memberi banyak ruang untuk mendirikan tenda. Cukup dengan biaya 20 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa berkemah di sini. Jangan khawatir soal fasilitas karena banyak warung dengan toilet umum yang buka 24 jam di sini.

Baca Juga: 5 Pantai di Geopark Ciletuh Sukabumi

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung tampak dari dekat
Keindahan Curug Cimarinjung bisa terlihat dari sekitar pantai – Foto: Google Maps/Shadiqy artib

Yang menjadi daya tarik serta ciri khas Pantai Palangpang adalah pemandangan Curug Cimarinjung. Air terjun setinggi 50 meter ini tampak jelas terlihat dari kejauhan. Meski hanya setengah bagian dari tingginya, namun ini jadi nilai tambah bagi eksotisme Palangpang.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, datanglah ketika akhir musim kemarau atau menjelang musim hujan. Curug ini memang merupakan jenis musiman yang airnya bisa kering sewaktu-waktu.

Baca Juga: Curug Cimarinjung Sukabumi Tiket & Daya Tarik

Island Hopping

Suasana pantai di Pulau Kunti
Di sekitar pantai terdapat pulau-pulau kecil dengan pesonanya masing-masing, seperti Pulau Kunti yang memiliki spot-spot snorkeling cantik – Fiti: Google Maps/pangestu adji

Masih ingin mencari suasana tropis lainnya? Tidak jauh dari bibir Pantai Palangpang, ada banyak pulau kecil. Pulau-pulau ini bisa dikunjungi dan dijelajahi, lho.

Sebut saja Pulau Kunti yang memiliki spot snorkeling yang memikat. Ada juga Pulau Mandra, Pulau Batubelah, dan Pulau Mandra. Kegiatan berkunjung ke pulau-pulau alias island hopping ini bisa dilakukan dengan menyewa perahu. Biayanya hanya sekitar 30 ribu rupiah per orang untuk perahu bermuatan 10 orang.

Baca Juga: PANTAI CITEPUS Sukabumi: Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas Pantai Palangpang

Fasilitas yang tersedia diantaranya area parkir, toilet umum, dan musala. Di sekitar pantai banyak terdapat penginapan, hotel, dan camping ground. Banyak tersedia jasa penyewaan wahana watersport, perahu, dan pelampung.

Lokasi Pantai Palangpang

Pantai eksotis ini terletak di Desa Ciwaru, Kelurahan Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Wisatawan perlu menempuh kurang-lebih 2 hingga 3 jam dari Sukabumi. Medan jalan berliku-liku dan memiliki banyak tanjakan dan turunan. Direkomendasikan untuk menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.

Tanggapan:

5 / 5. dari 2

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini