Beranda Tiket Wisata

Wisata Budaya di Rumah Adat Melayu Pontianak - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Rumah Adat Melayu : GratisJam Buka: 08.00 WIB - 15.00 WIBNo Telp: -Alamat: Jalan Sutan Syahrir, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia, 78113

Rumah Adat Melayu adalah salah satu wisata andalan yang ada di Kota Pontianak. Terletak di pusat kota tempat ini juga merupakan pusat dari kebudayaan Melayu yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Sejak resmi terbuka untuk umum pada tahun 2005, tempat ini menjadi favorit kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai hal menarik bisa ditemukan di sini.

Luas areanya mencapai setidaknya 1,4 Hektare. Tak heran jika di sini memiliki banyak ruangan dengan fungsinya masing-masing. Ada ruang pustaka yang berisi  kajian budaya dan perpustakaan. Selanjutnya ada ruang budaya untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan. Selain itu masih ada banyak lagi ruangan lainnya. Tak hanya menjadi tempat wisata, bangunan ini juga menjadi tempat  musyawarah Majelis Adat Budaya Melayu.

Harga Tiket Masuk Rumah Adat Melayu Pontianak

Untuk berkunjung dan melihat keindahan bangunan dari Rumah Adat Melayu pengunjung tidak dikenai biaya masuk alias gratis. Di tempat tersebut tidak ada sistem tiket dan pengunjung bisa langsung masuk saja.

Harga Tiket Rumah Adat Melayu Pontianak
Harga tiketGratis

Baca: Paradis Q Waterpark Tiket & Wahana

Jam Buka Rumah Adat Melayu Pontianak

Sebelum berkunjung ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jam operasionalnya. Tempat ini buka di jam kerja dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 WIB – 15.00 WIB

Tentang Rumah Adat Melayu Pontianak

Rumah adat Melayu
Pesona arsitekur bangunan yang sangat khas. Foto: Gmaps/Jonse P

Berdiri sejak tahun 2005, Rumah Adat Melayu menjadi destinasi wajib pada saat berada di Pontianak. Lokasinya sangat strategis karena berada di jantung kota. bangunan ini berada di Komplek Perkampungan Budaya, Jalan Sutan Syahrir. Arsitekturnya yang indah dan eksotis menjadikan kawasan ini selalu ramai kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan. Selain berwisata menikmati keindahan bangunan, di sini juga bisa mempelajari kebudayaan Melayu. Selain itu tersedia pula restoran yang menyuguhkan menu-menu khas Melayu. Rumah Adat Melayu boleh dibilang ada pusat kegiatan di Pontianak. Selain untuk wisata, sering juga bermanfaat sebagai tempat resepsi, kegiatan sosial hingga festival seni budaya.

 Baca: TAMAN AKCAYA Pontianak Tiket & Aktivitas

Menikmati Seni Arsitektur Melayu Pontianak

Bangunan rumah adat melayu tampak depan
Pengunjung bisa menikmati kecantikan bangunan yang sarat nilai filosofi. Foto: Gmaps/Agus Wibowo

Berluaskan 1,4 hektar, pengunjung bisa berkeliling menikmati keindahan setiap sudut dari bangunan. Rumah Adat Melayu ini pembangunannya tidak sembarangan karena mengusung filosofi khas Melayu. Arsitektur bangunannya adalah rumah panggung berkolong dan memiliki tiang-tiang tinggi. Hal tersebut sesuai dengan iklim setempat serta kebiasaan turun temurun dari suku Melayu.

Untuk atapnya sendiri berbentuk lipat kajang (rumah dengan atap curam) segitiga dengan kemiringan kira-kira 30 derajat. Bentuk tersebut memiliki fungsi untuk menyaring udara panas agar tidak terperangkap di dalam ruangan rumah. Keunikan bangunannya yaitu adanya ornamen dari keraton di Kalimantan Barat. Hal inilah yang membuatnya beda dengan bangunan Rumah Adat Melayu di tempat lain.

Tak hanya keindahan bangunannya saja, tempat ini semakin cantik dengan kehadiran taman di sekitarnya. Rerumputan hijau dan pesona bunga warna-warni menjadi daya tarik tambahan untuk pengunjung. Di area taman tersebut juga berdiri sebuah air mancur yang indah dan bersih. Pengunjung bisa berfoto dan mengabadikan momen di tempat tersebut.

Baca: TAMAN DIGULIS: Taman Cantik Tengah Kota

Wisata Kuliner Masakan Melayu

Di dalam komplek bangunan tersedia juga restoran yang menyuguhkan menu-menu khas Melayu. Restoran ini terletak di bagian bawah bangunan rumah adat dan memiliki konsep dekorasi yang sangat kental dengan budaya Melayu. Kurang lebih adalah 50 jenis sajian kuliner yang tersedia.

Di sini pengunjung juga merasakan citarasa khas Melayu pada ikan asam pedas, ikan bakar, boto ikan tenggiri, pepes ikan kemangi. Sementara untuk minuman tersedia air rujak, air serbat dan jika tercampur dengan susu akan berubah sebutannya menjadi jadi strup.

Selain menu khas Melayu, ada juga berbagai menu khas Nusantara lainnya seperti cah pakis, ayam bakar pandan, opor ayam kampung dan sambal petai ikan asin. Menariknya restoran ini menyediakan menu yang bervariasi setiap harinya.

Berbagai Spot foto Menarik

Rumah dengan ornamen-ornamen yang khas
Keindahan ornamen  yangsangat menarik sebagai obyek foto. Foto: Gmaps/Yunus Matacokelat.

Di dalam komplek wisata juga banyak karya seni menarik yang sangat cocok untuk berswafoto. Beberapa karya seni yang menarik perhatian di tempat ini diantaranya seperti patung penari, meriam, kubus emas. Tersedia juga barisan patung burung Rangkong yang menjadi ciri khas dari Kalimantan.

Di waktu-waktu tertentu, areanya juga menjadi tempat untuk festival budaya. Acara tersebut menjadi daya tarik tambahan. Ketika penyelenggaraan festival budaya tersebut akan lebih banyak karya seni yang dipamerkan.

Fasilitas

Sebagai tempat wisata sekaligus pusat kegiatan di Pontianak, kompleknya memiliki  fasilitas yang lengkap. Di sana tersedia area parkir luas, toilet, hingga mushola. Sementara untuk menunjang berbagai kegiatan tempat ini memiliki gedung resepsi dan tempat pertemuan yang luas. Tersedia juga area pesanggarahan yang terdiri dari penginapan, klinik kesehatan dan tempat pelatihan.

Lokasi Rumah Adat Melayu Pontianak

Rumah Ada Melayu Pontianak beralamat di Jalan Sutan Syahrir, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Letaknya sangat strategis karena berada di jantung kota Pontianak. Lokasinya juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lain di Pontianak. diantaranya adalah Rumah Radang, Keraton Kadariah, Sungai Kapuas hingga Tugu Khatulistiwa.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 16

Berikan Rating