Beranda Tiket Wisata

TAMAN DIGULIS: Taman Cantik Tengah Kota - November 2020

Taman Dagulis
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 06.00 - 22.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.114, Bansir Laut,Pontianak Tenggara,Pontianak,Kalimantan Barat,Indonesia,78112.

Taman Digulis merupakan wisata taman terbuka hijau di Pontianak yang selalu ramai dikunjungi. Penamaan taman diambil lokasinya yang berada dekat dengan bundaran di Tugu Digulis.

Di sini, wisatawan dapat menikmati sejuknya kawasan dengan pepohonan rindang layaknya hutan kota. Berada di pusat kota yang strategis taman ini mudah dijangkau oleh wisatawan. Diresmikan pada 31 Desember 2016, taman ini Berada di area seluas 1779 m2.

Harga Tiket Masuk Taman Digulis

Harga tiket masuk
Harga tiket masukGratis

Baca: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Pontianak

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Rabu – MingguPk. 06.00 – 22.00
Senin, SelasaTutup

Ragam Aktivitas Menarik di Taman Dagulis

Taman Digulis menjadi lokasi pilihan untuk menikmati waktu santai di area yang sejuk dan asri. Tempat ini juga menjadi lokasi aktivitas olahraga, rekreasi, maupun belajar bersama komunitas.

Bersantai Menikmati Suasana Taman

area bersantai di sekitar taman
Bersantai menikmati waktu di sekitar area taman – Foto : GoogleMaps/Tri Santus

Taman Digulis merupakan kawasan yang terawat sehingga terlihat indah, bersih, serta tertata rapi. Pemerintah setempat memang memberikan perrawatan intensif untuk membuatnya tetap cantik dan mempesona. Pada pagi maupun sore hari, wisatawan berdatangan untuk menikmati kesejukan area taman ini.

Pepohonan rindang tumbuh dengan rimbun berperan sebagai paru-paru kota, pemasok oksigen terbesar Pontianak. Bersantai di taman, wisatawan dapat menghirup udara segar dengan suasana yang menenangkan. Hutan tengah kota ini mengundang burung-burung datang berkicau merdu berpadu dengan harmoni suara tonggeret.

Baca: TAMAN AKCAYA Tiket & Ragam Aktivitas

Monumen Bersejarah di Taman Digulis

Tugu Digulis di depan Taman Digulis Pontianak Kalimantan Barat - Lukman Hakim Muali
Tugu Digulis berada pada bundaran di depan taman – Foto : GoogleMaps/Lukman Hakim Muali

Berlokasi dekat dengan bundaran Tugu Digulis, taman ini diberi dengan nama Taman Digulis. Berada di tengah kota membuat taman kota ini mudah untuk diakses oleh para wisatawan. Menjadi jejak rekam sejarah, tugu ini diresmikan pada 10 November 1987.

Tugu Digulis merupakan monumen untuk mengenang jasa pejuang- pejuang Sarekat Islam di Kalimantan Barat. Sebelas tonggak berbentuk bambu runcing mewakili jumlah pejuang yang dibuang ke Boven Digoel, Papua. Dari nama tempat pengasingan para pahlawan tersebutlah nama Digulis muncul.

Wisatawan biasanya tak lupa untuk berswafoto dengan latar Tugu Digulis yang bersejarah. Sebelas tonggak bambu runcing berwarna kuning ini terlihat menawan sebagai ikon tengah kota. Pada malam hari, tampilannya pun semakin cantik dengan sorotan lampu nan megah.

Baca: Paradis Q Waterpark Tiket & Wahana

Olahraga

Aktivitas senam lantai dan yoga di area taman
Aktivitas senam lantai dan yoga sekitar area taman – Foto : Instagram/pontianak_beryoga

Taman Digulis dilengkapi dengan jogging track sebagai penunjang bagi wisatawan untuk berolahraga. Setiap pagi hingga malam banyak wisatawan datang berolahraga dan jumlahnya bertambah di akhir pekan. Berlari di lintasan taman, wisatawan ditemani kesejukan dari jajaran pepohonan rindang di sisi jalur.

Taman ini juga dilengkapi fasilitas untuk aktivitas olahraga lainnya seperti lapangan tenis. Lapangan ini pun dilengkapi penerangan sehingga memungkinkan untuk digunakan di malam hari.

Pada setiap sudut jalan juga disediakan kursi-kursi taman untuk tempat beristirahat bagi wisatawan. Selain itu, area taman juga banyak digunakan untuk aktivitas senama lantai dan yoga. Menggunakan matras dan alas senam, wisatawan dapat melakukan olahraga bersama komunitas.

Baca: Taman Cinta Waterboom Tiket & Wahana

Atraksi Sepeda dan Skateboard di Taman Digulis

Dengan sarana yang tersedia, area taman menjadi tempat penyaluran hobi dan kreativitas kalangan muda. Berbagai komunitas dari generasi muda aktif melakukan aktivitas bersama di area taman ini. Taman ini juga memiliki Digulis Extreme Park sebagai arena atraksi olahraga pemacu adrenalin.

Adanya arena skatepark membuat taman ini menjadi tempat berkumpulnya para pecinta skateboard. Taman Digulis juga merupakan arena atraksi bagi para pengguna sepeda ekstrem BMX (Bicycle Moto-cross(x)). Wisatawan dapat menyaksikan keseruannya, bahkan ikut bergabung melakukan aktivitas olahraga kreatif tersebut.

Mengajak Anak-anak Bermain

Area playground untuk anak-anak
Area playground menjadi tempat bermain dengan desain ramah anak – Foto : Instagram/delvin93_project93

Bersantai bersama keluarga menjadi pilihan menikmati waktu di Taman Digulis. Kawasan ramah anak ini juga telah dilengkapi dengan area playground dengan berbagai permainan. Seluncur dan lantai di area bermain dibuat lebih lembut sehingga aman untuk anak-anak.

Mengunjungi Rumah Baca

Sebuah Rumah Baca melengkapi sarana Taman Digul yang berada tepat berada di tengah areanya. Tempat ini memiliki ribuan koleksi buku untuk mendorong meningkatkan capacity building, pengetahuan, dan keterampilan.

Taman Digulis juga dilengkapi dengan adanya sarana perpustakaan digital dengan akses hotspot gratis. Fasilitas ini mendukung pemanfaatan taman sebagai media tempat berdiskusi bagi mahasiswa maupun pelajar.

Pohon Langka dalam Taman

Untuk menambah keindahan dan kesejukan, taman juga ditanami pepohonan dengan habitat asli Kalimantan Barat. Pohon tengkawang, belian, pelaik, Ketapang Kencana dan banyak lainnya mengisi hutan tengah kota ini.

Dengan mengunjungi taman ini, wisatawan dapat mengenal sekaligus mengedukasi anak-anak mengenai jenis-jenis pohon lokal. Kayu Ulin dan Meranti  termasuk jenis tanaman kehutanan langka yang tumbuh di sini.

Wisata Malam Taman Digulis

area taman yang cantik di waktu malam
Taman Digulis pada malam hari dilihat dari ketinggian – Foto : Instagram/nouvalisnin

Mengunjungi kawasan taman di malam hari, wisatawan akan disajikan kemeriahan aneka lampu hias. Wisatawan juga dapat melihat pemandangan air mancur menari dengan aneka warna lampu.

Fasilitas

Area taman dirancang untuk memberikan kenyamanan dan dilengkapi fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Fasilitas umum seperti toilet pun telah tersedia di dalam area taman. Ada juga fasilitas wi-fi yang dapat diakses secara gratis oleh wisatawan dalam kawasan taman.

Lokasi dan Akses Wisata Taman Digulis

Taman kota ini berlokasi di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.114, Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78112.

Taman ini berada di lokasi strategis, dekat dengan bundaran di Tugu Digulis. Terletak di tengah kota, akses menuju lokasi taman ini cukup mudah. Wisatawan dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini