Beranda Tiket Wisata

MEMPAWAH MANGROVE : Tiket & Ragam Aktivitas - November 2020

Mempawah Mangrove
Harga Tiket: Gratis - Rp5.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Pasir,Mempawah Hilir,Pontianak,Kalimantan Barat,Indonesia,78919.

Mempawah Mangrove merupakan destinasi wisata yang menyajikan salah satu hutan bakau di pesisir Kalimantan Barat. Lokasi ini menyuguhkan panorama alam yang indah dan alami dengan suasana segar dan sejuk. Dibuka sejak tahun 2016, objek wisata ini telah banyak menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Harga Tiket Masuk Mempawah Mangrove

Harga Tiket Masuk
UmumRp5.000
Pelajar dan PenelitiGratis

Baca: 8 Destinasi Wisata Terbaik di Pontianak

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 07.00 – 17.00

Edu-ekowisata Mempawah Mangrove

Destinasi hutan wisata mangrove ini dibangun dari lahan yang terkena abrasi parah. Kawasan konservasi ini telah berhasil mendatangkan ribuan orang wisatawan. Banyak aktivitas wisata yang dapat dinikmati di lokasi yang mengusung konsep edu-ekowisata ini.

Naik Perahu Memasuki Hutan Mangrove

Naik perahu menyusuri hutan bakau Mempawah Mangrove
Naik perahu menyusuri kawasan hutan bakau Mempawah Mangrove – Foto : Instagram/_ion23_

Keindahan hutan mangrove telah mulai dapat dinikmati saat perjalanan menuju kawasan hutan mangrove. Menggunakan speedboat, wisatawan diajak menyaksikan panorama sungai Kapuas yang ditumbuhi pohon Nipah dan bakau. Wisatawan juga dapat memanfaatkan sampan-sampan motor warga untuk memasuki dan mengitari hutan mangrove.

Kesegaran Udara Segar Hutan Bakau

Mempawah Mangrove memiliki keindahan dan membentang dipinggir alur sungai Desa Dabung. Objek wisata hutan mangrove ini merupakan kawasan dengan suasana segar dan sejuk. Kehadiran pepohonan mangrove pun mampu menjaga puluhan ribu habitat laut di akar-akar pohonnya.

Baca: Paradis Q Waterpark Tiket & Wahana

Wisata Edukasi

Wisatawan sedang menikmati suasana alam mangrove dari jembatan
Menjelajah area hutan bakau – Foto : Instagram/nelatalaga

Tak hanya berwisata, Mempawah Mangrove juga turut mengusung konsep edu-ecotourism. Perpaduan antara edukasi dan ekologi wisata berupaya mencapai tujuan konservasi melalui sisi pariwisata. Mulai dari kalangan anak-anak hingga wisatawan dewasa dapat melakukan aktivitas wisata edukasi di sini.

Wisatawan dapat melihat papan-papan yang berisi informasi mengenai pohon bakau di area ini. Setelah rehabilitasi tahun 2011, area seluas dua hektar ini mengembalikan kelestarian ekosistem mangrove. Selain itu, berbagai satwa seperti burung-burung kembali berdatangan dan jumlahnya semakin banyak.

Dengan melakukan aktivitas wisata di hutan mangrove ini, wisatawan diajak mengenal ekosistemnya lebih dekat. Edukasi mengenai tanaman bakau dan habitatnya juga akan menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.

Baca: TAMAN AKCAYA Pontianak Tiket & Ragam Aktivitas

Trekking di Mempawah Mangrove

Trekking di jembatan kayu yang melintas ke dalam hutan mangrove
Menapaki jalur mangrove trekking yang melintasi hingga ke dalam hutan – Foto : Instagram/son_damix

Dalam area hutan mangrove terdapat jalan setapak yang dibuat di atas permukaan hutan bakau. Jalur sepanjang sekitar 300 meter tersebut terbuat dari kayu dengan cat beraneka warna. Menyusuri jaur treking ini, wisatawan dapat menjelajahi sejuknya area hutan mangrove.

Menikmati Suguhan Panorama Pantai

Panorama laut dan pulau di sekitar Mempawah Mangrove
Menikmati sajian panorama laut dan pulau di sekitar dari area hutan mangrove – Foto : Instagram/taufiq_hooligans

Selain keindahan hutan mangrove, Mempawah Mangrove juga menyajikan keindahan panorama di arah pandang lainnya. Memandang ke luar area hutan bakau, pemandangan indah pantai dan pulau terdekat tersaji. Panorama alam paduan laut dan langit tersebut menemani perjalanan menyusuri kawasan hutan.

Berburu Spot Foto di Mempawah Mangrove

spot foto kupu-kupu warna-warni di dalam area mangrove
Berfose di spot foto sayap kupu-kupu – nurulhh23

Mempawah Mangrove memiliki banyak spot foto yang tersebar di setiap sudut maupun sisi areanya. Bentuk yang unik dan warna-warni yang cantik menjadi daya tarik setiap spot tersebut.

Baca: Jungkat Beach Tiket & Ragam Aktivitas

Di setiap titiknya, wisatawan dapat berfoto untuk mengabadikan momen berlibur. Jumlahnya sangat banyak dan sangat instagramable untuk dijadikan latar berfoto.

Wisata Budaya

Gelaran acara kebudayaan di area hutan mangrove
Kawasan Mempawah Mangrove juga menjadi destinasi wisata budaya – Foto : Instagram/roemah_setasik

Kawasan wisata Mempawah Mangrove memiliki kekayaan budaya lokal juga tak kalah menarik. Pada banyak momen, wisatawan biasa disapa dengan adat setempat seperti tarian Melayu. Wisatawan juga dapat ikut serta mencoba permainan rakyat khas tradisional yang masih lestari.

Bermain Kano

Mengarungi perairan di antara hutan bakau wilayah Mempawah Mangrove, wisatawan dapat mencoba naik kano. Wisatawan dapat menyusuri wilayahnya dan melihat lebih dekat tepian pantai hutan mangrove. Mengayuh dayung kano sambil menikmai suasana santai hutan mangrove memberika efek relaksasi bagi wisatawan.

Momen Sunset

Panorama surya tenggelam di Mempawah Mangrove didagang-gadang sebagai momen sunset terbaik di Mempawah. Saat senja, matahari akan tenggelam di depan pantai dengan berlatarkan Pulau Penibung. Detik-detik terbenamnya mentari membentuk siluet di balik pulau-pulau di sekitar kawasan pantai.

Memancing

Hutan bakau di Mempawah Mangrove merupakan habitat yang ideal bagi banyak jenis ikan. Wisatawan yang hobi memancing dapat memuaskan aktivitas kesukaannya tersebut di area ini. Area memancing juga merupakan wilayah teduh dan sejuk sehingga membawa nuansa tenang serta nyaman.

Memeriahkan Festival

Mempawah Mangrove Festival merupakan event tahunan yang digelar sebagai ajang promosi Pariwisata Kabupaten Mempawah. Festival ini juga menjadi tempat bagi berbagai komunitas dan pihak yang peduli lingkungan. Gelaran ini juga sebagai tempat bertukar pikiran, pengalaman, dan ide tentang konservasi mangrove.

Wisatawan pun dapat turut merasakan keseruan dari banyaknya aktivitas hiburan yang dipertunjukkan. Perhelatan edukasi dan hiburan ini biasa digelar pada bulan Agustus setiap tahunnya. Berbagai perlombaan yang melibatkan masyarakat setempat pun menjadi hiburan yang menyenangkan.

Kawasan Perisau Hijau

Kawasan Mempawah masuk dalam kawasan “Perisai Hijau” wilayah pesisir utara Kalimantan Barat. Perisai Hijau merupakan istilah untuk inisiasi dalam penanaman kembali lokasi rawan abrasi. Areanya membentang sepanjang sekitar 193 km dari Kota Pontianak hingga Kabupaten Sambas.

Menanam Bakau di Mempawah Mangrove

Kegiatan menanam bakau di area hutan mangrove
Menanam bakau turut menjaga konservasi kawasan Mempawah Mangrove – Foto : Instagram/depepea

Wisata Mempawah Mangrove mengusung konsep edu-ecotourism yang bertujuan sebagai konservasi area hutan bakau. Sejumlah anggota melakukan rehabilitasi dan gerakan konservasi dengan menanam mangrove sejak tahun 2011. Menggugah kesadaran peduli lingkungan,  wisatawan diajak terlibat langsung dalam aksi penanaman mangrove.

Melihat Kekayaan Flora dan Fauna

Mempawah Mangrove memiliki kurang lebih 10 jenis mangrove dalam masing-masing zona. Terdiri dari jenis Rhizopora, Bruguiera, Avicennia, Nypha fruiticans, Kandelia candel yang langka, dan lainnya.

Avicennia sp merupakan komponen mangrove zona minor yang mendominasi dengan buahnya menyebar sepanjang tahun. Sedangkan Nypha fruiticans termasuk kategori palmae dengan daun dan rasa buah menyerupai kelapa. Di perisai terdepan, pengelola kawasan menanam Rhizopora mucronata yang akar jangkarnya berfungsi mencegah abrasi.

Wisatawan pun dapat menemukan satwa-satwa seperti berbagai jenis burung, serangga, reptil, kepiting, dan ikan. Wisatawan juga dapat menjumpai ikan Gelodok (Mudskipper) atau Loncrot yang merupakan endemik hutan mangrove. Ikan yang hidup di lumpur ini mampu meloncat jarak jauh, bahkan sekilas terlihat terbang.

Fasilitas di Mepawah Mangrove

Mempawah Mangrove telah dilengkapi berbagai fasilitas bagi wisatawan. Seperti Rumah Mangrove, toilet, lokasi pembibitan, kantin, serta sunset bridge yang memanjakan wisatawan. Area seluas empat hektar ini juga dilengkapi perpustakaan, panggung seni, pendopo, serta menara pandang.

Lokasi dan Akses Wisata Mempawah Mangrove

Wisata hutan bakau ini berada di Desa Pasir, Mempawah Hilir, Pontianak, Kalimantan Barat 78919. Dari kota Pontianak, wisatawan dapat menempuh sekitar tiga jam perjalanan. Wisatawan juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus antar kota Pontianak-Singkawang. Dapat juga menggunakan taxi yang dapat dipesan dari bandara Supadio, Pontianak.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini