Taman Cinta Waterboom Singkawang
Taman Cinta Waterboom Singkawang

Kota Singkawang di Kalimantan Barat memang sudah terkenal sebagai destinasi wisata budaya. Kota ini identik juga dengan budaya etnis Tionghoa-nya. Tak hanya dari bangunan, atrakasi budaya, dan kuliner, kini nuansa Tionghoa juga bisa dirasakan ketika berada di Taman Cinta Waterboom Gunung Poteng.

Objek wisata yang baru dibuka tahun 2017 lalu ini merupakan taman wisata dan rekreasi air yang mengusung konsep budaya Tinghoa. Hal tersebut tampak dari bentukan arsitektur bangunan dan wahana yang ada. Menariknya lagi, pemandangan alam Gunung Poteng disekitarnya menjadikan tampilan visualnya jauh lebih indah.

Harga Tiket Masuk Taman Cinta Waterboom Singkawang

Pengunjung yang datang dan bermain di taman wisata air ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk Taman Cinta Waterboom Singkawang dibedakan berdasarkan hari kunjungan.

Harga Tiket Masuk Taman Cinta Waterboom Singkawang
Senin – Jumat Rp30.000
Sabtu – Minggu Rp40.000

Baca: Promo ParadisQ Waterpark Pontianak Diskon 50%

Jam Buka

Taman wisata air ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pagi hari sampai dengan malam hari.

Jam Buka Taman Cinta Waterboom
Setiap Hari 08.00 – 22.00 WIB

Beragam aktivitas dan wahana bisa dimainkan di tempat wisata air ini. Berikut beberapa diantaranya.

Suasana Taman Cinta Waterboom

Ketika baru memasuki kawasan wisata ini, pengunjung akan disambut jalur yang menarik untuk spot berfoto. Jalan masuk ini dihiasi dengan payung-payung berwarna-warni di atasnya. Berikutnya spot foto yang sangat digemari pengunjung ialah jalan dengan gerbang berbentuk love yang berjajar. Bentuk simbolis hati ini dihiasi dengan tanaman merambat buatan yang terlihat cantik.

danau dengan bangunan bergaya oriental di taman cinta
Danau Taman Cinta yang cantik lengkap dengan bangunan bergaya kebudayaan tionghoa. foto: Sp Chin/googlemap

Danau Taman Cinta

Di tengah area Taman Cinta ini merupakan danau yang cukup luas. Di tengah danau terdapat bangunan berasitektur khas Tiongkok dengan warna merah dan kuning. Untuk mencapainya, pengunjung cukup melewati jembatan yang ada. Tampilannya ditengah danau sangat menaik mata dan semakin cantik dengan latar perbukitan.

Di bagian lain Taman Cinta juga ada spot-spot untuk berfoto seperti tanaman yang ditata berbentuk love, area kursi dengan hiasan yang juga berbentuk love, hingga dermaga buatan di tepi danau.

Kepala Naga Race Slide

peluncuran kepala naga taman cinta waterboom
alah satu peluncuran yang cukup unik di Taman Cinta berbentuk kepala naga. foto: PaSXPascal/googlemap

Wahana yang menjadi andalan ialah kolam waterboom-nya. Hal yang sangat mencolok dan unik yaitu bentuk kepala naga yang besar di tengah kolam. Kepala naga ini menjadi tempat menara untuk wahana perosotan atau race slide.

Pengunjung bisa naik tangga menuju kepala naga dan meluncur dari mulutnya. Ya, atraksi perosotannya berada tepat dimulut naga sehingga nampak seperti api yang keluar dari mulutnya. Wahana perosotan ini berwarna warni dengan jumlah 5 jalur sehingga bisa menjadi arena balap seluncuran.

Bermain di wahana Peluncuran Air

kolam dan wahana permainan anak
Berbagai wahana permainan air siap menghibur pengunjung yang datang. foto:  Sandy Mok/googlemap

Jika kurang berani mencoba Race Slide, pengunjung terutama anak-anak bisa mencoba wahana water slide yang lebih pendek. Wahana perosotan yang lebih melebar sekitar 3 meter ini hanya memiliki ketinggian sekitar 2 meter dan cukup landai sehingga aman bagi anak-anak.

Namun yang lebih menarik ialah wahana ini berada di bangunan berbentuk bola dengan patung seperti barong berwarna emas yang memegang bagian atasnya.

Kolam & Wahana Anak

Tak ketinggalan, wahana water playground juga tersedia. Wahana ini berupa perosotan single slide untuk anak-anak. Atraksi yang tak kalah menarik dan paling ditunggu-tunggu ialah ember tumpah. Wahana ini tepat berada di atas water playground sehingga akan membuat anak-anak lebih merasa senang.

kolam dan permainan anak
Kolam anak lengkap dengan berbagai wahana permainan seperti peluncuran dan ember tumpah. foto: V Channel/googlemap

Fasilitas Taman Cinta Waterboom

Sebagai sebuah destinasi wisata, Taman Cinta Waterboom Gunung Poteng juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Area parkir yang memadai, toilet, kamar basuh, loker penyimapanan barang, dan food-court tersedia. Selain itu, untuk pengunjung yang datang dari luar kota dan ingin menginap juga tak perlu ragu karena ada hotel dan villa.

Lokasi Taman Cinta Waterboom Singkawang

Taman wisata air ini beralamat di Jalan Raya Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,00 / 1 pembaca