Wisata NUSA LEMBONGAN Nusa Penida Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Nusa Lembongan: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jungutbatu, Nusapenida, Klungkung, Bali, Indonesia, 80771

Berwisata di Bali selalu identik dengan pantai. Tak heran karena pulau ini menawarkan keindahan pantai yang memukau. Begitu juga pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Bali. Salah satunya adalah Pulau Lembongan, atau terkenal juga dengan sebutan Nusa Lembongan.

Nusa Lembongan memiliki pantai yang tak kalah indah dari pantai lain di Bali. Selain itu, pulau ini juga memiliki keindahan lain tidak hanya pantai. Yaitu hutan Mangrove, serta desa di pulau ini yang masih sangat asri. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki saja untuk menjelajah pulau ini, karena jarak lokasi yang tidak terlalu jauh.

Harga Tiket Masuk Nusa Lembongan

Beberapa objek wisata di Nusa Lembongan tidak memberlakukan tiket masuk alias gratis. Namun untuk sampai ke pulau ini perlu menyeberang, biasanya dari pelabuhan Sanur.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tiket Kapal
Pelabuhan Sanur ke LembonganRp70.000-Rp100.000
Pelabuhan Padang Bai ke LembonganRp170.000-Rp185.000

Baca: 12 Tempat Wisata Menarik di Nusa Penida

Keindahan Bahari Nusa Lembongan yang tak Biasa

Dahsyatnya Ombak di Devil's Tear
Dahsyatnya Ombak di Devil’s Tear. Foto: Gmap/Tequila damaly

Nusa Lembongan memiliki beberapa objek wisata pantai dengan pemandangan yang indah. Seolah sulit ditemukan di pantai-pantai pulau lainnya. Pantai yang sering dikunjungi wisatawan yaitu Dream Beach, Mushroom Bay, Long Beach, dan Devil’s Tear. Tiap pantai menawarkan keindahan tersendiri yang membuat hati pengunjung terpikat.

Pantai Dream Beach menawarkan keindahan berupa pantai yang luas, dengan pasir pantai yang putih bersih. Air laut begitu jernih dan berwarna biru bergradasi. Bukit-bukit karang berdiri di sisi pantai dan sudah ditumbuhi oleh pepohonan. Namun, pengunjung harus berhati-hati karena ombak di sini cukup tinggi.

Jika menyukai pantai yang lebih menantang, wisatawan dapat berkunjung ke Devil’s Tear. Di pantai ini, pengunjung dapat merasakan cipratan dari ombak besar yang dahsyat menghantam karang besar.

Perlahan ombak akan naik dan turun seperti air mata, inilah awal mula penamaan Devil’s Tear. Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan indahnya ombak berwarna keemasan karena terkena sinar matahari.

Baca: Pantai Kelingking Keindahan Tebing Dan Pasir Putih

Sunset di Nusa Lembongan

sunset di nusa lembongan
Menyaksikan sunset di nusa lembongan. Foto: Google Maps/lola derhaag

Seperti Dream Beach, Mushroom Bay dan Long Beach memiliki pantai dengan pasir putih yang luas. Air laut yang biru bergradasi dengan ombak cukup besar. Batuan karang dengan tumbuhan pepohonan yang membuat pemandangan indah tak terelakkan. Apalagi, jajaran perahu sengaja parkir di tepi pantai, meramaikan indahnya pemandangan.

Dua pantai ini dapat menjadi pilihan jika ingin menyaksikan matahari terbenam. Tidak adanya penghalang membuat pengunjung puas memandang mentari hingga pulang ke peraduan. Rona oranye yang meninggalkan langit memantul di permukaan laut, membuatnya begitu artistik. Pengunjung sering kali memanfaatkan momen ini untuk berpose dan mengabadikannya dalam foto.

Baca: Keindahan Spektakuler Angel’s Billabong Nusa Penida

Menyusuri Tenangnya Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Nusa Lembongan
Hutan Mangrove Nusa Lembongan. Foto: Gmap/Kaveh Nano

Bagi pengunjung yang menyukai hijaunya alam, dapat mengunjungi Hutan Mangrove. Kawasan mangrove ini berada di Desa Jungutbatu, sangat rimbun dan sejuk suasananya.

Pengunjung dapat melihat puluhan jenis mangrove, meskipun semuanya tampak hampir sama karena telah membaur. Hutan mangrove ini merupakan kawasan ekowisata, serta berfungsi sebagai penangkaran ikan, dan pelindung pantai alami.

Tenang dan sejuk akan langsung terasa ketika memasuki kawasan hutannya. Pengunjung akan menyusuri hutan menggunakan sampan tradisonal tanpa mesin. Jika sampan bermesin, maka mesin akan dimatikan supaya tidak mengganggu hewan di sana. Perairannya hanya cukup untuk satu sampan yang melewatinya, sehingga sangat tenang.

Pengunjung dapat meminta untuk difotokan di area ini. Tentu akan sangat menyenangkan dan memberikan kesan tersendiri selain di pantai. Menyusuri kawasan ini akan membuat terlena, sesekali terdengar kicauan burung dan suara hewan kecil lainnya. Bahkan jika beruntung, pengunjung dapat melihat burung kecil hinggap di pepohonan mangrove.

Baca: 5 Aktivitas Seru di Air Terjun Peguyangan Nusa Penida

Uniknya Rumah Gala-Gala Bawah Tanah

Rumah Gala - Gala
Rumah Gala-Gala. Foto: Gmap/Kyle D

Selain keindahan, Nusa Lembongan juga menyimpan banyak keunikan lain. Di sini, terdapat Rumah Gala-Gala yang terletak di bawah tanah. Gala-Gala lebih tampak seperti goa bawah tanah yang dipahat dan membentuk ruang layaknya rumah. Di sini juga terdapat ruang tamu, hingga ruang meditasi.

Jalanan di Gala-Gala ini seperti labirin yang berliku-liku. Jika tidak hafal jalannya, bisa jadi tersesat. Sehingga berkunjung ke sini harus ditemani oleh pemandu atau ahli waris rumah ini. Karena kepemilikan rumah ini adalah oleh seorang warga setempat bernama Wayan Biasa.

Gala-Gala berdiri pada tahun 1961 dan selesai selama 12 tahun. Tempat ini memiliki luas 4,5 are dengan 9 buah lubang pintu untuk masuk. Pembuatannya terinspirasi oleh kisah Mahabarata, di mana Sengkuni yang akan membakar Pandawa di dalam rumah. Kini, rumah ini dibuka untuk umum dan jika berminat, pengunjung juga dapat menginap di sini.

Baca: AIR TERJUN SEGANING Eksotisme Panorama Laut Nusa Penida

Fasilitas di Nusa Lembongan

Nusa Lembongan
Nusa Lembongan. Foto: Gmap/Somnath Mukherjee

Nusa Lembongan telah menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang pengunjung. Banyaknya tempat wisata menjadikan pengunjung lebih kreatif. Di sini, pengunjung dapat menemukan banyak warung makan hingga kafe yang menawarkan berbagai menu. Penginapan pun mudah ditemui, mulai dari homestay hingga hotel bintang lima.

Lokasi Nusa Lembongan

Nusa Lembongan masih dalam satu gugusan dengan Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Pengunjung dapat menuju pulau ini dengan menyeberang dari Pantai Sanur.

Ulasan Pembaca

4.8 - 24 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *