Saung Angklung Udjo Bandung
Saung Angklung Udjo Bandung. img: https://commons.wikimedia.org/wiki/User:Midori

Saung Angklung Udjo yang mulai berdiri tahun 1966, merupakan destinasi rekreasi dan edukasi mengenai budaya Sunda. Lengkap dengan bale pertunjukan, aneka kerajinan bambu, dan juga workshop tentang alat musik dari bambu.

Menghadirkan nuansa segar dan asri di kawasan Bandung Timur, menjadikan tempat ini sangat tepat untuk dinikmati. Memiliki keunikan elemen interior yang didominasi bambu, pesona pemandangan dan dekorasi, serta bunyi gemerincing suara alat musik dari bambu yang menggambarkan keharmonisan di antara budaya dan alam.

Saung Angklung Udjo didirikan oleh tokoh yang dikenal sebagai Udjo Ngalagena (Mang Udjo) bersama istrinya. Tujuan diciptakan tempat ini ialah untuk melestarikan budaya dan seni tradisional khas Sunda.

Mang Udjo sendiri merupakan seniman angklung dari Jawa Barat, yang lahir pada 5 Maret 1929. Beliau telah akrab dengan kesenian angklung sejak berusia 4 tahun, sebab itulah Mang Udjo mendirikan Saung Angklung Udjo karena kecintaannya terhadap alat musik bambu tersebut.

Setelah Mang Udjo wafat, maka Saung Angklung Udjo tak serta berhenti begitu saja. Semasa hidupnya, beliau dikaruniai 10 orang anak yang sampai saat ini meneruskan jejak ayahnya untuk melestarikan budaya Sunda.

Saung Angklung Udjo masih tetap berdiri untuk mengedukasi pengunjung tentang seni dan budaya khas Sunda. Di sana, pengunjung akan disuguhkan dengan keasrian lingkungan sembari mencoba alat musik angklung.

Harga Tiket Saung Angklung Udjo

Harga Tiket Saung Angklung Udjo
Dewasa DomestikRp60.000
PelajarRp40.000
Dewasa MancanegaraRp100.000

Tiket masuk Saung Angklung Udjo dipatok dengan harga yang berbeda untuk setiap kalangan. Untuk WNI dewasa, tiket Saung Angklung Udjo dibanderol dengan harga Rp60.000 per orang. Bagi WNA dewasa, harga tiket Saung Angklung Udjo Rp100.000 per orang.

Untuk pengunjung yang menunjukkan kartu pelajar akan diberi harga tiket Rp40.000 per orang untuk WNI dan Rp60.000 per orang untuk tiket Saung Angklung Udjo WNA. Beda halnya dengan pengunjung yang berusia di bawah 3 tahun, tidak akan dikenakan biaya.

Harga tiket Saung Angklung Udjo berlaku untuk hair biasa maupun akhir pekan. Sudah termasuk dengan air mineral atau teh dan suovenir gantungan kunci berbentuk angklung. Tarif tersebut masih terhitung terjangkau untuk bisa menikmati keindahan alam sekaligus edukasi akan budaya. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang membawa serta anaknya.

Baca: Trans Studio Bandung Tiket, Studio & Pertunjukkan

Jam Operasional Saung Angklung Udjo

Jam Operasional Saung Agklung Udjo
Setiap Hari08.00 – 22.00 WIB
Jadwal Pertunjukkan
Sabtu Bambu Siang13.00 WIB
Sabtu Bambu Sore15.30 WIB
Minggu Bambu Siang10.00 WIB
Mingu Bambu Sore15.00 WIB

Saung Angklung Udjo buka setiap hari yaitu dari hari Senin hingga Minggu. Tempat ini memiliki jam buka dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Ada pun atraksi kesenian dan kebudayaan Sunda yang setiap hari ditampilkan pada pukul 15.30 WIB. Atraksi tersebut akan dibagi menjadi 9 sesi yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Aktivitas di Saung Angklung Udjo

Banyak aktivitas edukatif yang bisa dilakukan di Saung Angklung Udjo Bandung. Kegiatan yang utamanya bertujuan mempopulerkan budaya Sunda serta alat musik angklung. Berikut beberapa aktivitas ketika berkunjung ke Saung Angklung Udjo.

Wayang Golek

Wayang golek adalah sandiwara boneka kayu khas Sunda yang lengkap dengan kostumnya. Pertunjukan ini biasa ditampilkan pada sesi pembukaan pada seluruh atraksi yang diadakan setiap harinya.

Pada akhir sandiwara biasanya diselipkan pesan moral yang dapat dipetik para pengunjung. Durasi aksi wayang golek berlangsung sekitar 10 hingga 20 menit yang akan disambung dengan atraksi selanjutnya.

Helaran

Atraksi ini biasanya diadakan pada upacara khitanan dan upacara panen padi. Helaran memiliki tujuan untuk menghibur dan mengungkapkan syukur, maka musik pada helaran biasanya bersifat riang dan semangat.

Di pertunjukan ini terdapat beragam tarian Sunda sambil bernyanyi dengan lagu khas Sunda. Selain itu ada juga pertunjukan musik angklung yang dipentaskan oleh anak-anak didik Saung Angklung Udjo.

Tari Topeng

Tarian ini termasuk dalam pentas pertunjukan yang dihadirkan setiap hari di Saung Angklung Udjo. Kisah tari topeng berawal dari seorang pembawa berita dari Majapahit yang sedang menyelidiki situasi Kerajaan Blambangan.

Dalam tarian tersebut, seorang penari berperan sebagai pembawa berita yang menyamar menggunakan topeng. Topeng tersebut digunakan agar sang penari terlihat seperti seorang pria yang gagah guna melawan Prabu Menakjingga.

Angklung Orkestra

Pada atraksi ini, angklung akan dimainkan bersama oleh para pementas sehingga menghasilkan suara yang indah. Suara alunan musik tersebut akan dibarengi dengan tarian Jawa Barat yang luwes.

Pertunjukkan orkestra angklung
Pertunjukkan orkestra angklung. img: Midori

Lagu yang akan dibawakan dengan alat musik angklung di pentas ini seperti Balonku, Twinkle Twinkle Little Star, hingga lagu dangdut maupun lagu daerah. Pengunjung akan dibuat kagum dengan perpaduan musik dan tarian Jawa Barat yang menambah kental budaya Sunda.

Bermain Angklung Bersama

Pengunjung akan diajak bermain angklung bersama oleh anak-anak didikan Saung Angklung Udjo pada sesi ini. Nantinya, setiap pengunjung akan dipinjamkan sebuah angklung untuk dimainkan dengan mengikuti aba-aba.

Angklung digoyangkan saat dirigen memberikan kode dengan mengerakkan tangannya. Sebelum bermain angklung bersama, pengunjung akan diajarkan dahulu bagaimana cara membunyikan angklung yang benar.

Menari Bersama

Pada sesi ini, pengunjung juga diajak untuk menari tarian tradisional khas Jawa Barat. Pengunjung dapat mengikuti gerakan tari yang digerakkan oleh para penari.

Kegiatan ini jelas mengedukasi khususnya bagi anak-anak untuk mengenalkannya pada budaya Sunda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena diiringi musik yang riang. Atraksi ini biasanya ada pada sesi terakhir di jadwal pertunjukan setiap hari.

Wisata Kuliner Dapoer Angklung

Pengunjung dapat menikmati juga aneka ragam kuliner yang ada di Dapoer Angklung. Makanan yang dijajakan di sana bervariasi seperti batagor dan siomai khas Bandung. Ada pun menu makanan western yang rasanya tak kalah enak dan lezat. Harganya pun terbilang cukup terjangkau untuk dinikmati bersama keluarga.

Baca: Wisata Kampung Gajah: Tiket & Wahana Seru

Belanja Souvenir

Tersedia ruangan khusus yang disediakan bagi pengunjung yang berisi aneka souvenir khas Sunda. Beragam souvenir yang dijajakan pada ruangan ini seperti gantungan kunci, kipas, kaus, gelang, sandal, tas, hingga replika angklung.

Harga yang dibanderol untuk sebuah benda di sini pun cukup murah meriah dan terjangkau. Pengunjung dapat menjumpai aneka souvenir ini di dekat loket penjualan tiket.

Foto-foto

Karena kelestarian dan keasrian alam yang disuguhkan, Saung Angklung Udjo dapat dijadikan spot berfoto yang bagus. Pengunjung bisa menikmati lingkungannya yang sejuk sambil mengambil gambar.

Hampir seluruh area dipenuhi dengan pohon bambu yang gemerisik saat disapa angin. Situasi di sana akan membawa pengunjung menikmati suasana tradisi pedesaan yang tak terlupakan.

Bernyanyi Bersama

Dibarengi dengan kegiatan memainkan alat musik angklung bersama, pengunjung akan diajak untuk bernyanyi bersama. Lagu yang dibawakan juga bervariasi seperti lagu anak-anak hingga lagu daerah.

Kegiatan ini sangat menghibur karena menjadikan pengunjung lebih aktif dan mencintai budaya Sunda. Selain itu, dapat menjadi sebuah hiburan sekaligus edukasi untuk pengunjung khususnya anak-anak.

Fasilitas di Saung Angklung Udjo

Wisata ini dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti Buruan Sari Asih yang berfungsi sebagai tempat untuk bersantai menikmati suasana Sunda. Lalu ada Sentra Penyuluhan Kehutanan sebagai unit kegiatan untuk memberikan penyuluhan memelihara pohon dan berkontribusi terhadap lingkungan.

Selain itu ada Bale Karesemen yang digunakan sebagai tempat berkumpul dan juga tempat untuk pertunjukan seni. Dan Pusat Produksi Angklung yang memungkinkan pengunjung melihat proses pembuatan angklung dengan kualitas terbaik secara langsung.

Rute Angkutan Umum ke Saung Angklung Udjo

Tempat ini hanya dilewati oleh satu angkutan umum yang bisa diakses oleh pengunjung. Lokasi Saung Angklung Udjo dapat dijangkau menggunakan angkutan umum nomor 06 dengan rute Cicaheum-Ciroyom, lalu turun di perempatan Padasuka.

Dari perempatan Padasuka, pengunjung dapat menuju lokasi dengan hanya berjalan kaki sejauh 500 meter. Atau jika mau, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek untuk masuk sampai ke gerbang Saung Angklung Udjo.

Alamat dan Kontak Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo berlokasi di Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung. Kontak yang dapat dihubungi untuk keperluan tertentu di nomor (022)7271714 dan (022)7101736. Atau melalui email info@angklung-udjo.co.id atau Instagram di @angklungudjo.

Berikan Nilai: 4,63 Very PoorPoorAverageGoodExcellent 8 Voted
Loading...