Dusun Bambu Lembang Bandung
Dusun Bambu Lembang Bandung, tempat wisata di Bandung yang terintegrasi dengan berbagai aktivitas.

Dusun Bambu Lembang Bandung merupakan sarana rekreasi bagi keluarga di tengah pemandangan yang indah dan asri. Memiliki lokasi seluas 15 hektar, tempat ini menjadi area ekowisata yang memadukan keselarasan budaya tradisional Sunda dalam satu wilayah.

Tujuan didirkannya Dusun Bambu Lembang ialah guna menjadi sebuah taman wisata sekaligus sarana edukasi mengenai budaya tradisional pada kehidupan modern bagi pengunjung. Oleh karena itu, lokasi ini banyak dilirik oleh keluarga untuk berlibur, terutama dari luar Kota Bandung.

Tak hanya berupa taman rekreasi saja, di Dusun Bambu Lembang juga tersedia penginapan dengan suasana yang romantis. Pengunjung yang hendak bermalam bersama keluarga, dapat menyewa villa dengan beberapa pilihan tipe yang tersedia.

Lokasi ini juga dilengkapi fasilitas yang lengkap yaitu terdapatnya pusat perbelanjaan dan toko oleh-oleh. Selain itu, ada pula wahana menarik yang disediakan untuk segala usia seperti Tegal Pangulinan.

Dusun Bambu Lembang Bandung dikatakan sebagai tempat wisata yang tepat dikarenakan banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di area ini. Dimulai dari aktivitas bermain hingga kegiatan wisata kuliner dapat ditemui. Namun, untuk dapat menikmati seluruh kegiatan di sini, tak akan cukup jika hanya dihabiskan dalam satu hari saja. Apalagi jika membawa serta anak-anak menikmati berbagai wahana  menarik sarat edukasi seperti pada arena Bamboo Playground.

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang

Harga tiket Dusun Bambu Lembang Bandung
Harga Tiket MasukRp25.000
Tarif Parkir MotorRp5.000
Tarif Parkir MobilRp10.000
Bus / Mini BusRp25.000

Pengunjung yang akan berwisata ke sini dibebankan biaya tiket Dusun Bambu Lembang Rp25.000 per orang, kecuali anak di bawah usia 3 tahun, tidak dipungut biaya.

Bagi pengguna kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Jika menggunakan mini bus atau bus, akan dikenakan tarif Rp25.000 per kendaraan.

Harga tiket dusun bambu lembang bisa mengalami perubahan terutama pada libur lebaran dan musim liburan

Waktu Operasional Dusun Bambu

Jam Buka Dusun Bambu Bandung
Setiap Hari08.00 – 21.00

Dusun Bambu Bandung dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu pada pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Hari libur nasional tetap beroperasi.

Aktivitas di Dusun Bambu Lembang

Bagi penyuka kegiatan yang dekat dengan alam, Dusun Bambu Lembang bisa menjadi pilihan tepat. Beragam aktivitas outdoor bisa dilakukan, berikut beberapa diantaranya:

Eagle Camping Ground

Jika merasa bosan dengan penginapan di hotel, pengunjung bisa mencoba menginap di sini dengan suasana yang asyik. Tak hanya sekadar bermalam ala anggota Pramuka, tempat ini disediakan lengkap dengan fasilitas yang tak kalah dengan hotel berbintang.

Di dalamnya tersedia sleeping bed dan juga kamar mandi dengan kapasitas 6 orang. Kegiatan ini akan membuat pengunjung serta keluarga merasa lebih dekat dengan alam.

Baca: Bandung TreeTop Wisata Alam Outbond Seru: Tiket & Aktivitas 

Bersepeda di Alam

Jika sudah sering melakukan olahraga bersepeda di kota, maka saatnya mencoba kegiatan bersepeda di Dusun Bambu Lembang. Lokasi ini menyediakan sarana menyewa sepeda yang bisa digunakan pengunjung untuk menyusuri kaki Gunung Burangrang.

Selain itu, dapat juga digunakan ke lokasi kebun teh ditemani udara yang sangat sejuk. Selama perjalanan menggunakan sepeda, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan suasana pedesaan serta alam yang asri.

Olahraga Jogging

Didukung dengan lokasi udara yang masih sejuk dan segar, Dusun Bambu Lembang menjadi area yang pas untuk jogging. Pengunjung dan keluarga dapat leluasa berolahraga karena kawasan ini sangat minim polusi.

Selain akan lebih sehat, pikiran juga menjadi lebih fresh setelah menghirup udara yang masih dipenuhi pepohonan. Berlatar pegunungan, membuat kegiatan olahraga berlari ini menjadi lebih bersemangat daripada biasanya.

Wahana Bambu Play Ground Dusun Bambu Bandung
Bambu Play Ground Salah satu aktivitas yang bisa dimainkan oleh anak-anak .

Bermain Balad Lodaya untuk Anak

Merupakan wahana permainan yang diperuntukkan bagi anak-anak dengan konsep yang masih tradisional. Selain bermain, area ini juga berfungsi sebagai sarana mengasah bakat dan kekuatan pada sang buah hati.

Baca: Miniapolis Bandung: Tiket & Wahana Seru

Tak hanya itu, anak juga dapat bersosialisasi dengan teman-teman yang ada di sekitarnya. Namun dalam wahana ini orang tua juga wajib berperan untuk selalu mengawasi si anak.

Wisata Kuliner di Cafe Burangrang

Dusun Bambu Bandung dikenal sebagai lokasi wisata yang menawarkan keasrian alamnya, termasuk juga pemandangan yang disuguhkan dari Cafe Burangrang. Biasanya pengunjung akan senang melakukan kegiatan kuliner di cafe ini walaupun hanya minum teh demi menikmati suasana alam nan indah.

Tempat makan ini selalu dipenuhi oleh pengunjung di kala pagi saat sarapan dan saat makan siang. Menu andalan yang terdapat di sini yaitu bebek bakar bambu betutu, ayam bakar bambu betutu, cumi ala Dusun Bambu Lembang, dan nasi bakar kelapa muda.

Menikmati Suasana Resto Lutung Kasarung

Restoran Lutung Kasarung merupakan ikon yang paling mencolok dari Dusun Bambu Family Leisure Park. Resto ini memiliki bentuk yang mirip seperti sangkar burung besar yang tedapat meja dan kursi di dalamnya. Biasanya restoran ini sangat digemari oleh pasangan untuk menikmati suasana yang romantis.

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket, Wahana & Berbagai Studio

Di sini, pengunjung dapat mencoba aneka masakan Sunda hingga masakan internasional yang dinikmati di dalam ruangan menggantung layaknya rumah pohon.

Lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari

Tempat ini juga menjadi salah satu favorit para pengunjung di Dusun Bambu Lembang. Area yang memberikan sensasi sejuk dan lebih alami. Bamboo Gazebo merupakan tempat makan berbentuk lesehan yang terdapat di tengah danau.

Menu makanan yang ditawarkan di sini berupa masakan tradisional Bandung maupun makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Masakan yang dapat dipesan di Bamboo Gazebo seperti tahu, tempe, ayam goreng, karedok, pepes jamur, bacem, pepes peda, sepat cabai hijau, dan lain sebagainya.

Bermain di Kampung Ulin

Kampung Ulin sengaja diciptakan sebagai sarana hiburan berkualitas bagi pengunjung dan keluarga. Di sini terdapat aneka aktivitas yang akan membuat jantung berdegup lebih cepat atau yang biasa disebut dengan kegiatan pemacu adrenalin.

Di tempat ini, pengunjung akan diajak bermain busur panah, berinteraksi dengan ular piton, dan lain-lain. Kampung Ulin juga menyediakan berbagai jenis permainan yang menyenangkan, maka siapa pun akan mendapatkan permainan yang sesuai karakter masing-masing di sini.

Fasilitas di Dusun Bambu

Dusun Bambu Lembang menyediakan fasilitas restoran yang menyuguhkan pemandangan indah dan nyaman bagi pengunjung. Selain itu juga terdapat taman dengan bunga-bunga cantik yang tertata dengan rapi untuk dinikmati bersama keluarga.

Lokasi wisata ini juga menyediakan shuttle gratis untuk mengitari wilayah Dusun Bambu Bandung yang berangkat setiap 5 menit sekali. Tersedia juga sejenis pujasera yang disebut sebagai Pasar Khatulistiwa yang menyediakan aneka makanan, minuman, souvenir, bahkan sayur-sayuran.

Bagi orang tua yang ingin menghibur anak-anaknya, maka dapat mencoba fasilitas Bamboo Playground. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini yaitu melukis kaus, menyusri danau dengan perahu, dan segala kegiatan lainnya yang terdapat di beberapa booth.

Playground ini juga menyediakan wahana menyerupai labirin yang dapat ditelusuri oleh anak-anak. Selain itu juga terdapat penginapan dengan berbagai tipe yang tersedia di Dusun Bambu Lembang bagi keluarga.

Angkutan Umum Menuju Dusun Bambu Bandung

Pengunjung dapat menggunakan angkutan dengan rute Padalarang-Parongpong, kemudia turunlah di Terminal Parongpong. Dari Terminal Parongpong, bisa melanjutkan dengan menggunakan jasa ojek karena belum ada angkutan yang melewati lokasi Dusun Bambu Lembang secara langsung.

Alamat dan Kontak Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang beralamat di Jalan Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40551. Kontak yang dapat dihubungi untuk kepentingan tertentu yaitu ke nomor (022) 82782020 dan 085721254446. Atau melalui email dusunbambu@gmail.com.

Berikan Nilai: 4,50 Very PoorPoorAverageGoodExcellent 2 Voted
Loading...