Beranda Tiket Wisata

SEGARA ANAKAN Laguna Eksotik Pulau Sempu - April 2021

Pantai Sendang Biru Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, -.

Segara Anakan merupakan salah satu laguna paling cantik yang ada di Malang. Tempat yang satu ini lokasinya berada di tengah-tengah Pulau Sempu. Laguna ini termasuk ke dalam cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah.

Tempat eksotis ini sering dijadikan sebagai spot berlibur yang alami. Laguna menawan yang satu ini terletak di dalam Pulau Sempu. Tak heran jika harus trekking dengan jarak yang cukup jauh terlebih dahulu untuk sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Segara Anakan

Pengunjung tidak dibebani tiket masuk saat datang ke laguna ini. Namun wisatawan akan ditarik tiket masuk Pantai Sendang Biru sebagai pintu gerbang. Sewa perahu dan tour guide perlu diperhitungkan agar selamat sampai tujuan.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
Transportasi
Akses Melalui Pantai Sendang BiruRp10.000
Sewa Tour Guide dan Perahu (Pulang Pergi)Rp250.000

Baca: 20+ Wisata Pantai Terbaik di Malang

Jam Buka

Pihak pengelola tidak mematok jadwal tertentu untuk masuk ke tempat ini. Pengunjung pun bisa datang ke sini kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung tentu saja saat tidak hujan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Keindahan Danau Segara Anakan

Air laut berwarna hijau toska di segara anakan
Segara anakan terlihat mempesona berada di tengah hutan belantara.
Foto: Google Maps/Bob Rachman

Laguna ini memiliki pemandangan layaknya surga tersembunyi di tengah hutan belantara. Tempat yang satu ini sering dijadikan spot berenang. Selain itu, pemandangan sekitarnya yang masih perawan juga sayang untuk dilewatkan.

Trekking

Trekking di jalan berliku menuju segara anakan
Pengunjung perlu trekking terlebih dahulu untuk sampai di Segara Anakan.
Foto: Google Maps/Muhammad Ashraf Rafsanjani

Sebelum mencapai lokasi laguna, pengunjung harus trekking terlebih dahulu. Jalur trekking berada di tengah rimba yang cenderung terjal dan berliku. Sebaiknya menyewa jasa tour guide agar tidak tersesat di tengah hutan belantara.

Perjalanan trekking dari gerbang Pulau Sempu memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. Sebaiknya menyiapkan kondisi tubuh yang fit sebelum berlibur ke tempat ini. Selain itu, disarankan untuk mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

Baca: PANTAI GATRA Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Pengunjung disarankan membawa bekal dan air minum sendiri dari rumah. Hal ini untuk mengatasi rasa lapar dan haus di tengah perjalanan. Tetaplah waspada sepanjang perjalanan trekking agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berenang

Melakukan aktivitas air di segara anakan
Pengunjung bisa berenang di dalam Segara Anakan yang menyegarkan.
Foto: Google Maps/Muhammad Ashraf Rafsanjani

Pengunjung akan takjub dengan penampakan laguna yang begitu menyejukkan mata. Laguna cantik ini memiliki ukuran yang sangat luas yakni sekitar 4 hektar. Tempat ini berwarna biru kehijauan dan tampak berkilauan.

Birunya air di laguna ini mirip dengan warna laut di pesisir selatan Jawa. Air ini bersumber dari ombak laut yang menerobos lubang tebing di samping danau. Saat masih dibuka untuk umum, tempat ini sering diburu untuk bermain air.

Baca: PANTAI GOA CINA Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Pengunjung bisa berenang sepuasnya di laguna yang ada di tengah hutan belantara. Air yang memenuhi laguna ini cenderung jernih dan masih alami. Selain jernih, air di laguna ini juga terasa sangat menyegarkan badan.

Melihat Karang Bolong

Di tepi laguna ini terdapat sebuah karang besar yang berlubang. Karang yang satu ini berdiri begitu megahnya di atas hamparan pasir putih. Spot ini terlihat begitu estetis dengan latar belakang laguna dan hutan belantara. Area unik yang satu ini pun menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung.

Camping

Camping ground di pinggir segara anakan
Pengunjung bisa berkemah di tepi Segara Anakan.
Foto: Google Maps/Dedy kusuma

Laguna ini memiliki tepi yang cukup luas dan berpasir padat. Tak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini untuk camping. Kegiatan berkemah di tepi laguna dengan latar belakang hutan rimba tentu sangat menyenangkan.

Pengunjung bisa menikmati pengalaman menginap di hutan belantara yang masih alami. Aktivitas berkemah ini semakin terasa seru saat malam hari. Pada malam hari, hutan terlihat gelap gulita dan hanya ada bintang-bintang yang menyinari.

Baca: PANTAI TELUK ASMARA Malang Tiket & Aktivitas

Sebaiknya membawa tenda dan alat perlengkapan camping lainnya dari rumah. Pihak pengelola tidak menyediakan penyewaan tenda beserta alat lainnya. Selain itu, pengunjung disarankan membawa makanan dan minuman dari rumah. Namun diharapkan untuk tidak meninggalkan sampah di laguna yang masih perawan ini.

Memancing

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di tempat elok ini adalah memancing. Air di laguna yang satu ini sangat bening. Tak heran jika ikan-ikan di dalamnya mudah terlihat dari permukaan air. Pengunjung perlu membawa kail dan umpan sendiri dari rumah.

Kegiatan memancing terasa lebih menyenangkan ditemani suara kicauan burung sebagai harmoni alam. Pengunjung bisa menikmati panorama sekitar laguna yang asri sambil menunggu hasil pancingan. Jika beruntung, terkadang ada ikan dengan ukuran cukup besar yang tersangkut di kail.

Baca: PANTAI TIGA WARNA Tiket & Aktivitas Seru

Fasilitas

Di tempat ini, pengunjung tidak akan menemui fasilitas seperti toilet. Selain itu, di sekitar laguna ini juga tidak ada warung atau penjaja makanan. Sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Namun perlu mematuhi peraturan untuk tidak meninggalkan sampah di area laguna.

Lokasi dan Rute Menuju Segara Anakan

Segara Anakan berlokasi di area hutan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Letak laguna yang satu ini masih berada di kawasan Malang, Jawa Timur. Laguna ini memiliki jarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Malang. Pengunjung hanya perlu berkendara kurang lebih selama 3 jam untuk mencapai tempat ini.

Untuk mencapai laguna ini caranya tidaklah sulit. Pengunjung bisa memulai perjalanan dari pusat kota Malang. Selanjutnya, jalankan kendaraan menuju Pantai Sendang Biru. Setelah itu, naik perahu menuju Pulau Sempu. Sesampainya di pulau tersebut, perlu trekking selama 2 hingga 3 jam. Setelah trekking di jalan berliku, laguna dengan airnya yang jernih pun terlihat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini