Beranda Tiket Wisata

PULAU SEMPU Tiket & Ragam Aktivitas - Agustus 2021

Pulau Sempu Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, -.

Pulau Sempu merupakan area yang dilindungi berada di bawah pengelolaan Pemda Malang. Tempat ini juga termasuk ke dalam kawasan cagar alam dan konservasi. Oleh sebab itu, pulau ini tidak lagi dibuka untuk masyarakat umum.

Pengunjung bisa datang ke sini dengan membuat perizinan terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Pengawasan yang ketat tersebut bertujuan agar area pulau ini tetap terjaga kelestariannya. Pulau eksotis ini bisa ditempuh hanya melalui Pantai Sendang Biru.

Harga Tiket Masuk Pulau Sempu

Untuk memasuki kawasan Pulau Sempu, pengelola tidak membebankan biaya apapun atau gratis. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tiket di pintu masuk Pantai Sendangbiru yang merupakan titik berangkat menuju pulau.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
Tiket Masuk Pantai SendangbiruRp10.000
Transportasi
Akses Melalui Pantai SendangbiruRp10.000
Sewa Perahu Pulang – PergiRp130.000
Sewa Tour Guide dan PerizinanRp200.000

Baca: 20+ Objek Wisata Pantai Terbaik di Malang

Jam Buka

Pulau yang satu ini tidak memiliki jadwal buka dan tutup tertentu. Pengunjung pun bisa berkunjung ke sini bahkan hingga malam untuk camping. Namun waktu yang paling tepat untuk datang tentu pada pagi hari.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas Menarik di Pulau Sempu

Keasrian pulau sempu
Pulau Sempu yang dipenuhi hutan belantara.
Foto: Google Maps/eka sukarno p

Pulau ini merupakan tempat berlibur yang dekat dengan alam. Pengunjung bisa merasakan sensasi berkunjung di tengah hutan belantara. Selain itu, keberadaan tumbuhan dan hewan penghuni asli pulau ini menambah keasriannya.

Menelusuri Hutan

Menjelajahi hutan di pulau sempu
Pengunjung bisa melakukan jelajah hutan di dalam Pulau Sempu.
Foto: Instagram/pulausempu

Pulau eksotis yang satu ini memiliki luas kurang lebih 877 hektar. Tempat ini terdiri dari beragam vegetasi mulai dari hutan tropis, pantai, hingga bakau. Banyaknya vegetasi di pulau ini membuat aktivitas jelajah hutan semakin seru.

Pengunjung bisa menelusuri hutan dengan melewati jalur trekking tertentu. Jalan yang dilalui masih berupa tanah yang berlumpur ketika hujan. Oleh sebab itu, diperlukan kehati-hatian yang tinggi agar tidak terpeleset.

Baca: Pantai CLUNGUP Keindahan & Kebersihan Terjaga

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan menjumpai berbagai jenis flora. Tak hanya itu, hewan liar terkadang juga menampakkan diri. Sebaiknya tetap waspada saat bertemu dengan fauna yang lewat agar tetap aman.

Berkemah di Pulau Sempu

Berkemah di tepi pantainya.
Pengunjung bisa mendirikan tenda di tepi pantai Pulau Sempu.
Foto: Instagram/pulausempu

Tempat asri yang satu ini sering dijadikan sebagai spot berkemah. Pengunjung bisa menikmati bermalam di antara hutan belantara di tempat terpencil. Suasana sunyi khas hutan semakin terasa saat malam tiba.

Esok paginya, sinar matahari perlahan menyinari gelapnya hutan. Cahaya matahari menembus rimbunnya pepohonan. Pemandangan terlihat semakin menarik dengan munculnya kabut-kabut yang melingkupi hutan ini.

Baca: PANTAI GATRA Tiket & Ragam Aktivitas

Aktivitas seru ini sebaiknya dilakukan bersama teman, keluarga, atau kerabat. Pengunjung perlu membawa tenda dan peralatan camping sendiri dari rumah. Tak ketinggalan pula bawalah bekal makanan dan minuman. Selain itu, sediakan juga perlengkapan darurat seperti obat-obatan atau alat pereda sakit lainnya.

Mengenal Kekayaan Flora dan Fauna

Pulau ini dijadikan cagar alam karena memiliki beraneka ragam flora dan fauna. Pengunjung bisa ke sini untuk menambah ilmu kekayaan hayati. Hutan tropis di pantai ini terdiri dari triwulan, bendo, Buchanania, hingga wadang.

Selain itu, terdapat hutan pantai yang didominasi ketapang, waru laut, pandan, hingga nyamplung. Di hutan bakaunya terdapat 2 jenis mangrove yakni Rhizophora Mucronata dan Rhizophora Apiculata. Hutan bakau di pulau ini juga memiliki flora jenis api-api dan tancang.

Baca: PANTAI TELUK ASMARA Malang Tiket & Aktivitas

Sedangkan fauna yang ada di pulau ini yaitu berbagai jenis kera hingga kijang. Selanjutnya ada bermacam-macam jenis kupu-kupu hingga semut. Untuk biota lautnya ada kepiting, ikan belodok, hingga raja udang.

Bermain Pasir

Gerbang pulau ini berupa teluk yang memiliki bibir pantai cukup luas. Pengunjung bisa melakukan aktivitas seru di bibir pantai dengan hamparan pasir putih ini. Pasirnya yang halus dan lembut cocok untuk kegiatan bermain. Pengunjung bisa bermain pasir dengan membuat replika bangunan atau istana.

Memancing di Bibir Pantai

Selain bermain pasir, pulau ini dulunya juga menjadi spot favorit untuk memancing. Tak sedikit bapak-bapak yang suka memancing di bibir pantainya. Hal ini dikarenakan banyak ikan yang bisa terjebak ke dalam kail. Ikan-ikan hasil pancingan pun bisa dibakar dan diolah di tepi pantai. Setelah dimasak, ikan yang telah matang bisa disantap dengan ditemani semilir angin.

Sunset di Pulau Sempu

Pemandangan matahari terbenam di Pulau Sempu
Pengunjung bisa menyaksikan sunset menawan di Pulau Sempu.
Foto: Instagram/pulausempu

Pulau menawan ini juga banyak diburu oleh para pecinta sunset. Spot yang paling bagus untuk menyaksikan sunset adalah di bibir pantainya. Pengunjung bisa menikmati senja hari sambil duduk-duduk di tepi pantai.

Pemandangan sore hari di pulau ini terlihat sangat menawan dengan langitnya yang jingga. Semburat merah yang ada di sekeliling langit juga menandakan hari mulai gelap. Deburan ombak dan kicauan burung pun menjadi harmoni alam yang terdengar syahdu.

Fasilitas

Di pulau yang satu ini belum ada fasilitas sebagai tempat wisata. Pengunjung tidak akan menjumpai fasilitas toilet hingga warung makan di pulau ini.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Sempu

Pulau Sempu berada di kawasan hutan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Lokasi pulau yang satu ini masih termasuk ke dalam wilayah Malang, Jawa Timur. Tempat ini memiliki jarak sekitar 75 kilometer dari pusat kota Malang. Pengunjung hanya perlu berkendara kurang lebih selama 3 jam untuk mencapai pulau ini.

Cara mencapai pulau ini bisa dimulai dari pusat kota Malang. Setelah itu, pengunjung perlu menuju Pantai Sendang Biru. Hal ini dikarenakan akses ke pulau ini hanya bisa melalui Pantai Sendang Biru. Selanjutnya, naiklah perahu untuk menyeberang ke pulau ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus (No Ratings Yet)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini