Beranda Tiket Wisata

SITU BULEUD Ragam Aktivitas Wisata Oktober 2021

Situ BuleudHarga Tiket: GratisJam Buka: 05.30 - 21.00No Telp: -Alamat: Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia, 41111

Berlibur ke Purwakarta tidak akan lengkap rasanya jika belum mengunjungi Situ Buleud. Danau yang dilengkapi patung serta air mancur raksasa ini ternyata sudah ada sejak abad ke-18. Sejak mengalami pemugaran dan penataan ulang, danau ini jadi salah satu destinasi wisata kebanggan Purwakarta.

Danau cantik ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur setiap akhir pekan. Selain itu, ada beragam aktivitas lainnya yang bisa dilakukan.

Tiket Masuk

Tidak ada biaya yang dikenakan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Situ Buleud. Wisatawan bisa langsung masuk dan menikmati seluruh fasilitas yang tersedia.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis

Baca: 7 Tempat Wisata Pilihan Di Purwakarta

Jam Operasional

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari dengan jam tertentu. Namun, pengunjung hanya bisa menyaksikan pertunjukan air mancur setiap Sabtu malam.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 09.00 dan 17.30 – 21.00 WIB
Pertunjukan Air Mancurmulai pukul 19.30 WIB

Ragam Aktivitas di Situ Buleud

Situ Buleud dilihat dari atas
Situ Buleud memiliki luas 4 ha dan terletak di pusat Kota Purwakarta – Foto: Google Maps/by Chanel123

Sejak awal pembangunannya, Situ Buleud merupakan danau yang diperuntukkan sebagai sumber air dan tempat rekreasi masyarakat Purwakarta. Keberadaan danau ini juga menjadi penyejuk di pusat Kota Purwakarta yang sering dilanda cuaca panas.

Saat ini, Situ Buleud masih memiliki fungsi yang sama, namun dengan beberapa tambahan di sana-sini. Salah satu dekorasi yang mencolok adalah Patung Sri Baduga Mahara di bagian tengah danau serta air mancur yang mengelilinginya. Selain menyaksikan pertunjukan air mancur, terdapat beragam aktivitas lainnya yang bisa menjadi ajang rekreasi.

Tarian Air Mancur

Tarian air mancur Sri Baduga
Pertunjukan air mancur di Situ Buleud yang tidak boleh dilewatkan – Foto: Google Maps/guruh pradoko

Tidak dapat dipungkiri pertunjukan air mancur di Situ Buleud merupakan salah satu daya tarik besar bagi wisatawan yang datang ke Purwakarta saat ini. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang sengaja datang untuk menyaksikan air mancur terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Pertunjukan air mancur Situ Buleud hanya bisa disaksikan di malam Minggu dan ketika ada acara-acara khusus. Pengunjung akan melihat jajaran air mancur menari-nari mengikuti irama dengan bias lampu berwarna-warni. Air mancur inilah yang mengukuhkan kawasan ini sebagai landmark Kota Purwakarta yang wajib dikunjungi wisatawan.

Baca: Taman Batu Purwakarta Tiket & Aktivitas

Olahraga Keliling Danau

Jogging keliling danau
Situ Buleud dapat menjadi alternatif lokasi olahraga pagi maupun sore hari – Foto: Google Maps/Aun Anwari

Situ Buleud juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga. Danau ini dikelillingi oleh jalan setapak yang bisa dijadikan trek jogging atau bersepeda. Namun, pengunjung hanya boleh berolahraga di waktu yang telah disediakan, yaitu pagi hari dan sore hari.

Pengunjung bisa menikmati udara sejuk di kawasan danau sambil berjalan santai, berlari, atau bersepeda. Di beberapa titik juga terdapat area yang bisa digunakan sebagai tempat senam berkelompok. Jika lelah, pengunjung bisa beristirahat di jajaran bangku yang telah disediakan.

Baca: Taman Air Mancur SRI BADUGA 6 Aktivitas Pilihan

Memberi Makan Ikan

Pengunjung memberi makan ikan di danau
Pengunjung boleh memberi makan ikan-ikan yang ada di danau – Foto: Google Maps/Alvin Muhammad

Sebagai danau, Situ Buleud juga merupakan tempat hidup beberapa jenis ikan, seperti ikan koi dan ikan mas. Ikan-ikan ini boleh diberi makan oleh pengunjung secukupnya. Kegiatan ini biasanya digemari oleh kalangan anak-anak. Sambil bersantai dan menikmati udara segar, pengunjung bisa memberi makan ikan.

Demi menjaga kelestarian dan kehidupan ikan-ikan ini, tidak diperkenankan memancing atau memberi makanan yang tidak seharusnya. Pengunjung juga harus ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama membuangnya ke danau. Selain mengotori dan merusak pemandangan, sampah juga bisa membahayakan ikan-ikan tersebut.

Baca: URBAN FARMING Purwakarta Tiket & Aktivitas

Aktivitas Lainnya di Situ Buleud

Sunset di Situ Buleud
Patung Sri Basuga Mahara dengan latar matahari terbenam – Foto: Google Maps/Aun Anwari

Area wisata ini juga kerap diminati sebagai tempat rekreasi kalangan remaja. Banyak yang sengaja datang kemari sekadar untuk jalan-jalan atau duduk-duduk. Tidak jarang mereka mencari spot-spot tertentu untuk berburu swafoto atau selfie. Ada juga yang datang untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset.

Di bulan Ramadhan, Situ Buleud sering menjadi tujuan untuk menunggu waktu berbuka puasa, atau ngabuburit. Setelah pengunjung puas menikmati berbagai fasilitas, biasanya dilanjutkan dengan kegiatan mencari takjil. Banyaknya pedagang yang berjualan makanan di luar kawasan Situ Buleud membuat tempat ini selalu ramai.

Baca: CIKAO PARK Purwakarta Tiket & 6 Aktivitas Seru

Di waktu-waktu tertentu, sering diadakan acara besar di sini, terutama pertunjukan seni. Ini karena adanya panggung di danau yang menawarkan pemandangan indah. Sudah banyak seniman maupun artis yang mengadakan pertunjukan di sini, seperti konser dan pertunjukan tari.

Fasilitas Situ Buleud

Fasilitas yang tersedia antara lain fasilitas umum seperti toilet, mushola, serta pintu masuk yang dikhususkan bagi kalangan lansia, golongan disabilitas, dan ibu hamil. Terdapat bangku-bangku di beberapa titik serta jalan setapak yang mengelilingi danau. danau ini juga memiliki panggung yang bisa digunakan sebagai tempat pertunjukan atau acara besar lainnya.

Pemerintah melarang adanya tempat berjualan di dalam kawasan wisata ini, sehingga tidak terdapat kios ataupun warung kecuali di luar area. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi hanya bisa parkir di ruas jalan sekitar situ karena tidak tersedia lahan parkir.

Lokasi Situ Buleud

Danau wisata ini terletak di Purwakarta. Danau ini diapit oleh Jalan Siliwangi dan Jalan K.K Singawinata, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jaraknya hanya sekitar 300 meter dengan berjalan kaki dari Stasiun Purwakarta. Angkutan kota yang melintasi kawasan ini adalah angkot 03 jurusan Ciganea – Simpang.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang