SONGGORITI HOTSPRINGS Tiket dan Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Songgoriti Hotspring: Rp100.000
  • Jam Buka: 10.00 WIB - 22.00 WIB
  • Nomor Telepon: 081331332292
  • Alamat: Jl. Raya Songgoriti No.31, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur , Indonesia, 65312

Songgoriti Hotspring di Batu merupakan destinasi pemandian air panas yang unik. Wisatawan bisa menikmati kolam air dingin serta jacuzzi air panas di sini. Air panas di kolam Songgoriti bersumber dari bawah Candi Songgoriti yang merupakan situs kuno. Airnya mengandung belerang yang bermanfaat untuk terapi kesehatan sekaligus melepaskan penat.

Destinasi wisata ini cocok untuk pengunjung yang ingin bersantai di tengah cuaca dingin Kota Batu. Di samping kolamnya, Songgoriti Hotspring juga menghadirkan panorama yang bisa memanjakan mata. Sekeliling areal pemandiannya menampilkan rerimbunan pohon-pohon tinggi. Serta dataran tinggi berupa pegunungan hijau.

Harga Tiket Masuk Songgoriti Hotspring

Bila ingin sekadar masuk atau nongkrong di kafenya tidak perlu membeli tiket. Namun bila ingin menikmati pemandiannya pengunjung harus mengeluarkan budget Rp100.000. Nantinya dengan tiket tersebut, bisa ditukarkan dengan makanan di kafe.

Harga Tiket Masuk Songgoriti Hotspring
Tiket Masuk Pemandian Dewasa / AnakRp100.000 / Rp50.000
Harga MakananRp60.000 – Rp100.000
Harga MinumanRp20.000 – Rp40.000
Harga CamilanRp40.000 – Rp60.000

BACA: Batu Wonderland Waterpark, Harga Tiket & Wahana.

Jam Buka Songgoriti Hotspring

Kafe serta hotspring buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Jam bukanya lumayan panjang sehingga pengunjung bisa berlama-lama di tempat tersebut. Saran untuk pengunjung sebaiknya datang sore hari menjelang malam. Karena suasananya lebih indah saat matahari mulai terbenam.

Jam Buka
Weekday10.00 – 22.00 WIB
Weekend08.00 – 22.00 WIB

Sejarah Songgoriti Hospring

Sebelum dibuatnya Candi Songgoriti, area ini merupakan kawah gunung berapi yang mengeluarkan air panas. Kemudian dibangunlah candi agar airnya tak mengalir ke mana-mana. Sampai saat ini terdapat banyak pemandian air panas yang sumber air dari Candi dan dialirkan ke kolam salah satunya Songgoriti.

Dahulu Mpu Sindok serta Mpu Gandring suka membersihkan kerisnya di sumber air Candi Songgoriti. Hebatnya pemandian ini telah diwariskan sejak abad ke 10. Tepatnya pada zaman pemerintahan Mpu Sindok (Raja Kerajaan Medang). Kemudian terus eksis di jaman penjajahan 1911 sampai di masa sekarang. Sehingga pengunjung dapat menikmati juga sumber air yang telah ada sejak berabad-abad.

BACA: Pemandian Air Panas Cangar, Harga Tiket dan Daya Tarik.

Daya Tarik Songgoriti Hotspring

Tempat Wisata Air Panas Songgoriti Hotspring
Destinasi Wisata Air Panas Songgoriti Hotspring. Foto: google maps/Songgoriti Hot Springs

Hal utama yang pengelola tawarkan disini adalah kafe dengan menu hidangan lezat serta kekinian. Khusus pelanggan yang telah berbelanja di kafe minimum Rp100.000 bisa relaksasi di pemandian. Terdapat 3 jenis pemandian yakni kolam air dingin, air panas, dan air keruh hijau.

Senggoriti Hotspring letaknya di kaki Gunung Banyak. Untuk sampai di lokasi ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan gunung yang cantik. Pohon-pohon yang mengelilingi kawasan ini menambah suasana asri dan natural. Tata penempatan kolam di pemandian air panas ini pun cantik dengan adanya pohon-pohon yang menghiasi sekeliling kolam.

BACA: Taman Dolan Harga Tiket Masuk dan Aktivitas Seru.

Suasana malam hari di resto Songgoriti Hotspring
Suasana malam hari di kafe Songgoriti Hotspring. Foto: google maps/Fazri Subianto

Kafe Songgoriti memiliki menu beragam dan cocok di lidah nusantara maupun western. Ada nasi goreng, mie, iga bakar, sop iga, katsu, burger, dan olahan ikan. Camilannya berupa kentang, piscok, sandwich, tahu lada garam, dan lainnya. Untuk minumannya ada aneka teh, kopi, coklat, susu, herbal tradisional dan minuman racikan khas Songgoriti.

Jaccuzi Air Panas

Kolam Jacuzzi air panas untuk relaksasi di Songgoriti Hotspring
Jacuzzi air panas untuk relaksasi di Songgoriti Hotspring. Foto: google maps/titania fourensach

Kolam air panasnya tidak luas karena kolamnya bukan untuk berenang. Kolam air panas di Songgoriti Hotspring adalah jacuzzi yang cukup untuk orang dewasa untuk berendam. Kolamnya cukup nyaman untuk berendam dengan teman ataupun keluarga karena muat menampung sampai 5 orang. Total terdapat 4 jacuzzi yang bisa pengunjung gunakan untuk berendam.

Airnya tidak terlalu panas melainkan hangat kuku. Suhunya air panasnya berkisar 34-45 derajat celcius. Namun temperatur airnya dapat berubah-ubah tergantung kondisi alam pada saat itu. Jangan heran jika melihat air jacuzzi yang keruh, hal tersebut normal karena air panasnya berasal dari belerang.

BACA: Wisata Paralayang Batu, Harga Tiket & Aktivitas.

Manfaat Bagi Kesehatan

Air panas di kolam tersebut mengandung belerang yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya sebagai anti-inflamasi, analgesik, membersihkan kulit. Di samping berendam air panas di kolam belerang juga bisa meningkatkan sirkulasi darah serta meredakan stress atau relaksasi.

Kolam Air Dingin

Kolam air dingin
Kolam air dingin ukurannya paling besar. Foto: google maps/Songgoriti Hot Springs

Kolam air dingin di Songgoriti Hotspring berjumlah dua buah serta lebih luas daripada kolam air panasnya. Air kolam terlihat berwarna kehijauan bila melihatnya dari atas. Di pinggiran kolam terdapat barisan kursi serta payung outdoor untuk bersantai.

Tempat Menyelenggarakan Berbagai Acara

Songgoriti Hotspring sering menjadi lokasi penyelenggaraan berbagai acara ataupun event. Misalnya seperti poundfit bersama ataupun kegiatan olahraga lainnya. Seringkali juga diadakan acara hiburan live music, pada saat acara pengunjung juga bisa bernyanyi bersama. Acara Live music sering berlangsung saat weekend mulai jam 17.00 WIB.

Beberapa acara kadang terselenggara secara dadakan. Maka wisatawan yang hendak menyaksikan dapat memantau kabar terbaru. Melalui laman instagram resmi @songgoritihotsprings.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Songgoriti Hotspring ada beberapa aturan yang harus diikuti demi menjaga ketertiban. Pertama, pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dari luar, karena sudah ada kafe di dalam. Saat masuk ke area kafe, pengunjung tidak boleh dalam keadaan basah. Karena itu sebaiknya pengunjung makan dahulu sebelum berenang. Pengunjung juga tidak boleh mengajak binatang peliharaan ke areal hotspring.

BACA: De Tjangkul Harga Tiket dan Aktivitas Menarik.

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki destinasi wisata ini cukup lengkap demi memberi kenyamanan untuk wisatawan. Terdapat parkiran, kamar mandi, serta mushola untuk ibadah. Selain itu, kamar mandinya juga memiliki fasilitas bilas air dingin dan air panas. Kemudian ada juga fasilitas sewa handuk bagi pengunjung.

Lokasi Songgoriti Hotspring

Pemandian Songgoriti Hotspring berlokasi di Jl. Raya Songgoriti No.31, Songgokerto. Wilayah Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312. Dari Pusat Kota Batu ke Songgoriti Hotspring berjarak 4,0 km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan menghabiskan waktu sekitar 9 menit.

Berikan Rating

4.6 - 29 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *