Paralayang Batu Harga Tiket: Rp10.000 - Rp350.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Arumdalu No.20, Songgokerto,Batu,Batu,Jawa Timur,Indonesia,65312.

Kini di Kota Batu, Jawa Timur, terdapat wisata pemacu adrenalin, paralayang. Memang belum banyak wisata paralayang di Indonesia, karena medan dan lokasi sangat mempengaruhi. Hanya dataran tinggi ataupun perbukitanlah yang dapat menjadi lokasi olahraga ekstrim ini.

Selain itu, paralayang kebanyakan dimainkan oleh mereka yang memiliki keberanian tinggi. Tidak hanya itu, skill pun turut berperan dalam permainan yang menantang ini. Oleh karena itu, wisata seperti ini belum tersebar di seluruh Indonesia.

Harga Tiket Masuk Wisata Paralayang Batu

Untuk memasuki objek wisata ini tidak dikenakan biaya yang mahal, dan parkir yang terjangkau. Namun, jika ingin mencoba olahraga paralayang, dikenakan biaya tambahan. Yang mana biaya ini sudah mencakup sertifikat dan asuransi.

Harga Tiket
Tiket masukRp10.000
Retribusi parkirRp3.000
ParalayangRp350.000

Baca: Taman Langit Malang Tiket & Spot Foto Keren

Jam Operasional Wisata Paralayang Batu

Objek wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Waktu yang tepat adalah saat pagi hari atau sore hari. Namun jika ingin mencoba paralayang, datanglah ketika angin dan cuaca sedang bagus.

Jam Operasional Wisata Paralayang Batu
Setiap hari09.00 – 17.00

Keindahan Kawasan Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang Batu berada di Gunung Banyak, Kota Batu. Gunung Banyak berada pada ketinggian 1.315 mdpl. Dengan kondisi seperti ini, tentunya udara sangatlah sejuk dengan lokasi perbukitan hijau nan indah.

Medan paralayang Gunung Banyak mendapatkan predikat bintang empat. Hal ini dikarenakan kondisi alamnya yang begitu indah dan sangat mendukung olahraga ekstrim ini. Sayangnya, di Indonesia sendiri jarang sekali terdapat medan paralayang seperti Gunung Banyak.

Baca: JATIM PARK 3 Tiket & Wahana

Udara sejuk akan segera menyambut kedatangan wisatawan ketika menginjakkan kaki di kawasan wisata. Selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan rumpun pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Begitu menaiki bukit, pengunjung akan menyaksikan hamparan hijau rerumputan menyelimuti.

Bersantai sambil Menikmati Pemandangan

pemandangan sekitar area paralayang
Pemandangan perbukitan di sekitar kawasan wisata Paralayang Batu. Foto: Google Maps

Jika tidak berani mencoba paralayang, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan yang ada. Dari perbukitan, pengunjung dapat menyaksikan indahnya pemandangan Kota Batu. Selain itu, sawah dan kebun milik warga pun tak luput dari sorotan mata.

Menyaksikan paraglider yang berseliweran juga dapat menjadi pemandangan yang indah. Sambil menyaksikan pemandangan, pengunjung dapat menikmati kuliner di sekitar. Karena terdapat beberapa penjual makanan yang sayang jika dilewatkan.

Baca: Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah di sore hari. Karena, sudah tidak terlalu panas dan merupakan waktu yang tepat berada di puncak bukit. Apalagi jika cerah, pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Terbang Bebas dengan Paralayang

aktivitas paralayang batu
Paraglider sedang terbang dengan paralayang. Foto: Gmap/Ronny Prakosa

Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan dan nyali tinggi, dapat mencoba olahraga ekstrim ini. Bagi yang tertarik namun belum bisa, tetap dapat mencoba. Karena disediakan juga instruktur yang akan menemani selama melayang.

Pengunjung dapat merasakan sensasi terbang di atas Gunung Banyak. Minimal usia untuk dapat mencoba olahraga ini adalah 18 tahun. Sekali terbang, fasilitas yang didapatkan adalah asuransi, sertifikat, dan terbang tandem.

Baca: Taman Selecta Malang Tiket & Aktivitas

Sambil terbang, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Kota Batu. Bahkan, pengunjung juga dapat mengabadikan momen selama terbang, tentu alat yang digunakan harus aman. Dan tenang saja, karena instruktur akan mengarahkan arah terbang hingga mendarat dengan selamat.

Wahana Lain yang dapat Dicoba

Selain duduk menikmati pemandangan, berfoto, dan bermain paralayang ada hal lain yang bisa dicoba. Di sini, terdapat wahana flying fox. Cukup memacu adrenalin meski tidak seperti paralayang.

Untuk dapat menikmati wahana flying fox, pengunjung dapat membayar biaya Rp 15.000. Biaya ini untuk satu kali meluncur. Cukup mendebarkan dan membuat pemainnya menjerit senang sekaligus ngeri.

Berfoto di Omah Kayu

Omah Kayu. Foto: Gmap/Ignasius Apri

Di sini, terdapat sebuah spot yang sangat cantik untuk berfoto, yaitu Omah Kayu. Sama seperti namanya, di sini terdapat sebuah bangunan berbentuk rumah dari kayu. Pengunjung dapat duduk santai di atas Omah Kayu sambil berfoto dan menyaksikan pemandangan.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat kasur lengkap dengan bantal dan gulingnya. Untuk hanya berfoto di Omah Kayu, dikenakan biaya Rp 5.000. Jika ramai, pengunjung hanya disediakan waktu sekitar 5 menit untuk bergantian berfoto.

Pengunjung juga dapat menginap di Omah Kayu, yang lokasinya berbeda dengan spot foto. Ada 5 unit Omah Kayu, untuk harga per malam saat hari biasa Rp 350.000. Sementara ketika akhir pekan Rp 450.000 per malam.

Lokasi Wisata Paralayang Batu

Wisata paralayang berada di Jl. Arumdalu No.20, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312. Dari pusat kota Batu cukup dekat hanya berjarak 10 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 15 menit berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here