Beranda Tiket Wisata

Pemandian Air Panas Cangar Tiket & Aktivitas - April 2020

Pemandian Air Panas Cangar Harga Tiket: Rp5.000 - Rp5.500 Jam Buka: 07.00 - 14.00 No. Telepon: - Alamat: Tulungrejo Bumiaji, Sumber Brantas,Batu,Kota Batu,Jawa Timur,Indonesia,65336.

Kota Batu Jawa Timur merupakan daerah yang termasuk dataran tinggi. Tak mengherankan jika di kawasan Kota Batu, suhu udara relatif sejuk. Sangat menyenangkan untuk berwisata, terutama wisata alam. Salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi ketika di Batu adalah Pemandian Air Panas Cangar.

Pemandian Air Panas ini berlokasi kurang lebih 20 kilometer dari pusat Kota Batu. Lokasinya berada di kaki gunung, yang membuat sejuk suasana di sekitar. Ditambah lagi, pengunjung dapat berendam dan berenang di kolam air hangat. Yang mana airnya berasal dari sumber mata air alami pegunungan.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket yang sangat murah. Meskipun murah, objek wisata ini tetap tampil cantik karena dirawat dengan baik oleh pengelola. Ini jugalah yang menyebabkan pengunjung selalu memadati area wisata.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk area wisata Rp 5.500
Kolam renang Rp 5.000
Penitipan helm Rp 1.000
Biaya Parkir
Parkir Rp 3.000

Baca: 20+ Tempat Wisata Menarik di Kota batu

Jam Operasional

Objek wisata ini tidak dibuka setiap hari. Karena, ada satu hari yang mana pemandian ini harus dibersihkan dan dikuras airnya. Selian itu, pengunjung hanya dapat menikmati wisata di sini sejak pagi hingga siang hari saja.

Jam Operasional
Kamis – Selasa 07.00 – 14.00 WIB
Rabu Tutup untuk pengurasan kolam

Hangatnya Kolam Berbalut Udara Sejuk

Pemandian Air Panas Cangar
Suasana kolam-kolam pemandian air panas Foto: Gmap/erny susanty

Baca: Omah Kayu Kota Batu Tiket & Ragam Pesona

Berada di ketinggian 1.000 mdpl, Pemandian Air Panas Cangar menyuguhkan udara yang begitu sejuk. Hal ini karena objek wisata ini juga berada di kaki Gunung Welirang. Suasana tampak asri karena di sekitar objek wisata dikelilingi dengan hutan yang hijau dan rimbun. Bahkan, sesekali pengunjung akan berjumpa dengan hewan penghuni hutan, yaitu para monyet.

Monyet – monyet ini tampak santai bergelantungan di pohon meskipun pengunjung tampak memadati lokasi kolam. Sesekali pekikan dan teriakan monyet turut memecahkan suasana sunyi hutan. Dibalut dengan suara derik serangga – serangga hutan yang menjadi melodi alami area pemandian. Tidak mengganggu, justru suara – suara inilah yang menjadi penenang pengunjung ketika berendam di kolam.

Kolamnya sendiri terbagi menjadi tiga kolam alami dan dua kolam renang. Air di kolam pemandian tampak begitu jernih, dengan dasar kolam berupa batuan yang terlihat jelas. Tampak uap air keluar dari kolam karena airnya yang begitu hangat. Sangat pas berendam di air hangat dengan udara sejuk di kawasan wisata ini.

Kolam Hangat Berkhasiat

Kolam Pemandian Air Panas Cangar
Kolam Pemandian Air Panas Cangar. Foto: Gmap/rm zainul

Baca: Coban Putri Batu Tiket Dan Ragam Aktivitas

Air yang ada di kolam merupakan mata air panas alami. Dimana mata air ini keluar dari perut bumi, yang memiliki suhu relatif tinggi. Namun, air ini tidak langsung masuk ke kolam, melainkan dicampur dengan air alami bersuhu rendah. Sehingga, air yang berada di kolam cukup hangat untuk berendam, tidak teralu panas maupun dingin.

Warna air pun sangat jernih, tidak kuning meskipun mengandung belerang dan kandungan mineral lainnya. Meski tidak terlalu pekat, Pemandian Air Panas Cangar dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Ini jugalah yang mendasari wisatawan datang berkali – kali ke pemandian ini. Karena ada mitos juga bahwa berandam di pemandian air panas ini di  dapat membuat kulit awet muda.

Bekas Lokasi Bersejarah

Suasana Alami sekitar kolam
Suasana Alami Pemandian Air Panas Cangar. Foto: Gmap/Prega Panji Buana

Baca: Batu Flower Garden Tiket & Wahana

Area pemandian air panas berada di kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo. Tempat ini merupakan tempat bersejarah, karena dulunya menjadi saksi bisu penjajahan Jepang terhadap Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya goa buatan yang ada di kawasan hutan. Goa ini dibuat pada tahun 1942 – 1945, saat masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Pengunjung masih dapat menjumpai goa tersebut di beberapa titik hutan. Tidak perlu khawatir, karena goa ini sudah tidak digunakan lagi. Hanya sebagai bukti peninggalan bersejarah yang patut untuk dijaga kelestariannya.

Kuliner Khas Cangar

Gerbang Masuk menuju area kolam air panas
Gerbang Masuk Pemandian Air Panas Cangar. Foto: Gmap/Oka Mahendra

Baca: BATU NIGHT SPECTACULAR (BNS) Tiket & 10 Wahana Keren

Di beberapa titik sekitar kolam, terdapat gazebo. Gazebo ini dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat. Pengunjung pun dapat menyimpan barang bawaan di gazebo ini. Serta para orang tua dapat mengawasi anak – anaknya bermain di kolam.

Sembari duduk santai di gazebo, pengunjung dapat menikmati kuliner khas dari Cangar. Yaitu tape ketan hitam dan tetel, yang menjadi sajian nikmat untuk menemani santai di gazebo. Jika tidak memiliki penyakit maag, pengunjung juga dapat menikmati badhek, yaitu air tape ketan hitam. Kuliner ini sangat nikmat, apalagi dinikmati di udara dingin daerah Cangar.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Cangar

Objek wisata air panas ini telah melengkapi wisatanya dengan fasilitas penunjang. Diantaranya toilet, mushola, serta kamar bilas berair hangat yang jumlahnya cukup sehingga tidak perlu antre. Di sini juga terdapat gazebo, serta taman bermain untuk anak – anak. Jajaran penjual kuliner dan souvenir turut meramaikan suasana di kawasan wisata.

Lokasi Pemandian Air Panas Cangar

Objek wisata ini terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Yang mana dapat ditempuh melalui dua jalur. Jalur pertama yaitu dari arah Batu – Jurang Kuali – Sumber Brantas – Cangar. Sementara jalur kedua yaitu melalui Pacet – Mojokerto – Kampung Sendi – Kawasan Tahura Soeryo.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent5,00 | 1 Pembaca

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here