Beranda Tiket Wisata

Taman Andhang Pangrenan Tiket Masuk & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Andhang Pangrenan Purwokerto : Rp2.500 - Rp5.000Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Banyumas, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53142

Taman Andhang Pangrenan Purwokerto merupakan taman terbuka hijau bekas terminal bus. Di mana lokasi terminalnya sekarang pindah ke kawasan Bulupitu. Meski bekas terminal, tetapi itu tidak mengurangi keindahan kawasannya. Di sini pemandangannya benar-benar hijau seperti wilayah pegunungan.

Hampir setiap sisinya selalu penuh dengan pepohonan rindang. Sementara permukaan tanahnya sebagian besar tertutup oleh rerumputan hijau. Agar terlihat kian menarik, pihak pengelola menambahkan sejumlah spot foto dan wahana permainan. Dan untuk menunjang aktivitas pengunjung sudah sediakan beberapa fasilitas umum.

Harga Tiket Masuk Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman Andhang Pangrenan menetapkan harga tiket berbeda berdasarkan usia Pengunjung. Yaitu tiket anak dewasa yang keduanya tergolong murah. Biaya tersebut sudah termasuk wahana permainan mobil-mobilan, becak, otoped, dan sepeda.

Harga Tiket Taman Andhang Pangrenan
Tiket anak-anak Rp2.500
Tiket orang dewasa Rp5.000

Baca: THE FOREST ISLAND Purwokerto Tiket & Wahana Seru

Jam Buka Taman

Taman kota ini selalu buka setiap hari dan hampir tidak pernah tutup. Pengunjung pun bisa datang di hari apa pun tanpa harus menentukan jadwal khusus. Namun waktu operasinya dari pagi hingga malam hari.

Jam Buka
Hari Jam
Setiap hari 08.00 – 22.00 WIB

Daya Tarik Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Walaupun namanya terdengar aneh, namun taman ini tidak jauh berbeda dengan taman kebanyakan. Di sekelilingnya terdapat rerumputan hijau dan pepohonan rindang menghiasi seluruh areanya. Kemudian terdapat beberapa spot unik yang bisa menjadi latar foto. Tidak ketinggalan juga terdapat fasilitas taman bermain untuk anak-anak.

Terowongan Lampion

Seorang pria foto di bawah terowongan lampion Taman Andhang Pangrenan.
Terowongan Lampion menghiasi area taman dengan warna seperti warna pelangi. Foto : Googemap/Andy Kristyagita

Satu hal menarik dari Taman Andhang Pangrenan yaitu adanya spot terowongan unik. Di mana pada bagian atasnya banyak hiasan lampu lampion dengan berbagai macam warna. Mulai dari yang berwarna hijau, putih merah, kuning, hingga biru. Semuanya tergantung rapi pada sebuah atap berbentuk melengkung.

Keindahan spot ini semakin bertambah dengan adanya tanaman hijau yang mengelilinginya. Di samping kanan dan kiri terlihat  rimbunnya pepohonan berdiri tegak. Sebagai pemanis terdapat hiasan 2 patung Bagong pembawa obor api di bagian depannya. Penampilannya seolah-olah seperti tengah memberikan sambutan kepada para pengunjung yang datang.

Baca: THE VILLAGE Baturraden Tiket & Wahana

Taman Bermain Anak-anak

Seorang anak menaiki wahana jembatan di Taman Andhang Pangrenan Purwokerto.
Arena bermain dengan sejumlah wahana permainan menarik seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Ihda Maulida

Sebuah taman memang terasa tak lengkap tanpa kehadiran wahana permainan. Di taman tersedia berbagai permainan untuk anak-anak. Anak-anak bisa bermain sepuasnya tanpa takut kotor. Sebab permukaan arena bermainnya sudah tertutupi oleh rerumputan hijau. Anak-anak jadi bebas berlarian ke sana kemari meski tanpa menggunakan alas kaki. Untuk menjaga kebersihan taman, pihak pengelola telah menyediakan tempat sampah di setiap sisinya.

Kemudian tersedia pula berbagai macam wahana permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Di antaranya ada perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga satu spot keren berupa papan besar bergambar makanan. Anak-anak sering menjadikan spot tersebut sebagai latar belakang foto.

Baca: Alun-Alun Purwokerto Wisata Hemat Tengah Kota

Spot Foto yang Beragam

Spot naga Taman Andhang Pangrenan.
Terdapat beragam spot foto flora dan fauna seperti merak, naga, bunga raflesia, jerapah, dan masih banyak lagi. Foto : Google map/Arlyn Yuanita

Taman Andhang Pangrenan tidak hanya menawarkan kawasan yang hijau. Di sini juga ada beberapa spot foto keren yang akan membuat pengunjung terpukau. Sepanjang jalan setapak terlihat deretan patung flora dan fauna dengan bentuk yang unik. Di antaranya ada Merak, Jerapah, Naga, Bunga Rafflesia, dan Badak.

Dari semua spot foto yang paling unik yaitu Patung Naga. Di mana posisinya tidak berada di atas permukaan tanah. Melainkan posisinya melilit batang sebuah pohon besar.

Dari kejauhan patung naga terlihat seolah tengah mengambang di udara. Padahal yang sebenarnya ada sebuah tiang besi yang menyangga bagian tubuhnya. Keunikannya pun kian bertambah dengan ekspresi mata menatap tajam dengan mulut terbuka. Yang mana seolah-olah seperti ingin menerkam sesuatu di hadapannya.

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Suasana Asri Di Sekitar Taman

Warga Purwokerto betah berlama-lama di Taman Andhang Pangrenan karena suasananya yang asri. Serta jauh dari keramaian dan udara sekitarnya juga terasa sejuk. Tak heran jika kawasan ini sering menjadi pilihan tempat bersantai untuk melepas penat. Atau bisa juga sebagai tempat olahraga dan kegiatan piknik keluarga.

Keunggulan wisata ini terletak dari banyaknya tanaman hijau yang tumbuh di sekitar taman. Salah satunya ada bunga Zinia anggun berwarna merah muda dan putih. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 75 cm dengan ukuran kepala bunga mencapai 5 cm. Biasanya proses mekarnya pada musim semi sampai dengan musim gugur.

Selain bunga, taman ini juga dipenuhi pohon buah berenuk. Tingginya kurang lebih sekitar 10 meter dan bentuk batangnya silindris. Sementara buahnya berbentuk bulat besar dan berwarna hijau. Dan tanaman selainnya ada pohon cemara dan pohon kelapa berukuran sedang.

Fasilitas

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas umum yang bisa menunjang aktivitas pengunjung. Untuk kegiatan bersantai sudah tersedia bangku yang terbuat dari kayu. Ada pun area parkir yang luas, tempat makan, musala, dan toilet. Tersedia pula sebuah panggung megah yang bisa digunakan masyarakat untuk menggelar acara tertentu.

Lokasi Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman kota ini beralamat di Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kalau dari Alun-alun Kota Purwokerto jaraknya kurang lebih sekitar 3 km.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini