Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Banyumas Wisata Sarat Nilai Sejarah Desember 2021

Alun-alun BanyumasHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jl. Jaya Sirayu, Mruyung, Sudagaran, Banyumas, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53192

Alun-alun Banyumas bisa menjadi pilihan tujuan wisata singkat ketika berada di Banyumas. Alun-alun ini berbeda dengan di Alun-alun Purwokerto. Meskipun terkadang orang seringkali menyamakan dua tempat ini, Banyumas dan Purwokerto. Namun, keduanya memiliki alun-alun masing-masing.

Alun-alun Banyumas terletak di pusat Kota Banyumas. Merupakan ruang terbuka publik bagi masyarakat umum dan wisatawan. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di area berumput luas ini. Selain itu, ada berbagai daya tarik yang membuat tempat ini yang siap menghibur masyarakat dan wisatawan.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Banyumas

Objek wisata ini tidak menerapkan tiket masuk. Wisatawan hanya membayar tarif parkir saja sesuai dengan kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 16 Tempat Wisata Terbaik di Banyumas

Jam Operasional

Objek wisata ini buka sepanjang hari. Ada waktu-waktu tertentu yang perlu perhatian pengunjung, sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin bersantai atau berolahraga, datanglah di pagi hari. Sedangkan jika ingin mencari kuliner, datanglah di sore atau malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Alun-alun Banyumas

2 pohon beringin tepat berada di tengah alun-alun Banyumas
Dua pohon beringin berdiri gagah tepat di tengah alun-alun. Foto: Google Maps/Wanto

Mencapai objek wisata ini sangat mudah karena berada di tengah kota. Setelah sampai wisatawan akan menjumpai hamparan tanah lapang berumput yang luas. Ditambah dengan sekeliling taman berupa area semi trotoar untuk berjalan di area alun-alun. Sementara rumputnya begitu indah tertata, dan tampak hijau menyegarkan.

Sama halnya dengan Alun-alun Purwokerto, di Banyumas juga memiliki dua buah pohon beringin besar di tengahnya. Pohon beringin ini begitu rimbun dan besar yang sekelilingnya terdapat pagar. Keberadaan pohon ini mengapit sebuah jalan yang terbuat dari paving block. Jalan yang cukup lebar biasa berfungsi untuk berjalan santai atau jogging selama di taman.

Di sekeliling alun-alun juga banyak ditumbuhi pepohonan. Pepohonan ini tidak terlalu rapat, sehingga jalanan dan bangunan di sekitarnya masih terlihat dari alun-alun. Bagian depan yang terdapat tulisan “BANYUMAS” berbentuk bentuk setengah lingkaran. Di tulisan “BANYUMAS” ini sering menjadi ikon yang spot foto oleh wisatawan.

Baca: LOKAWISATA Baturraden Tiket & Wahana

Pesawat Bersejarah di Alun-alun Banyumas

Pesawat MIG 17 Fresco sebagai Ikon Alun-alun

Ada yang menarik di Alun-alun Banyumas, yaitu keberadaan pesawat tempur. Pesawat tempur ini bukanlah replika ataupun patung belaka. Melainkan pesawat tempur asli yang memiliki sejarah selama masa lampau. Pesawat ini yaitu MIG 17 yang pernah digunakan TNI AU pada tahun 1960-1969. MIG 17 Fresco ini adalah pesawat buatan Mikoyan Gurevich, Rusia. Pesawat ini ikut terlibat pada saat peristiwa sejarah perang Irian Barat.

Awalnya, pesawat ini berada di Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang. Kemudian dibawa menuju Banyumas yang jaraknya kurang lebih 466 kilometer melalui jalur darat. Pemilihan Banyumas sebagai rumah bagi MIG 17 Fresco ini sebagai penghormatan kepada seorang Putra Banyumas. Yaitu orang tua dari KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto yang dulu menjadi teknisi pesawat tempur ini.

Baca: CURUG BAYAN Banyumas Tiket & Aktivitas

Pesawat Tempur Ikon Baru Alun-alun

Bersantai saat senja di taman kota banyumas
Senja di Alun-Alun Banyumas. Foto: Gmap/Rizkita Ifanuloh

Posisi pesawat tempur MIG 17 Fresco ini berada tepat di belakang tulisan “BANYUMAS”. Lokasinya ada di bagian muka Alun-alun Banyumas. Sejauh ini monumen pesawat tempur ini menjadi salah satu spot foto wisatawan yang berkunjung ke taman.

Umumnya wisatawan akan berfoto tepat di depan tulisan “BANYUMAS”. Bisa juga di samping kiri atau kanan tulisan. Sementara MIG 17 Fresco akan tampak gagah karena berada lebih tinggi dari tulisan. Tentunya sangat keren ketika menjadi latar belakang foto.

Latar belakang foto semakin indah karena sekitar area ini terdapat taman dan air mancur. Kemudian di bawah air mancur ini terdapat kolam kecil. Membuat tampilan ikon alun-alun semakin mempesona.

Baca: HUTAN PINUS LIMPAKUWUS Banyumas Tiket & Aktivitas

Berfoto di Ikon Alun-alun Banyumas

anak-anak berfoto di ikon pesawat alun-alun banyumas
Tak jarang wisatawan yang berkunjung mengambil foto di Pesawat MIG 170 yang merupakan salah satu ikon alun-alun Banyumas. Foto: Google Maps/Nur Khamdah

Sudah sampai di objek wisata ini, sempatkan untuk mengambil dua tiga foto sebagai kenangan. Ada beberapa spot yang cukup menarik untuk berfoto. Utamanya adalah spot ikon yang terdapat tulisan “BANYUMAS” dan pesawat tempur ini. Wisatawan dapat berfoto di depannya dengan latar belakang ikon ini.

Pada saat malam hari, sekitar area pancuran akan semakin menarik. Karena terdapat lampu-lampu berwarna-warni yang berganti-ganti. Biru, merah hingga ungu, menjadi satu dan berpadu dengan air. Sangat cantik dan menarik menjadi objek berfoto.

Selanjutnya tentu saja dua pohon beringin yang ada di tengah lapang pun turut menjadi daya tarik. Apalagi, jika wisatawan datang di pagi atau siang hari. Juntaian akar-akar beringin tampak begitu indah di siang hari. Juga menambah estetika dalam foto.

Baca: THE VILLAGE Baturraden Tiket & Ragam Wahana

Berjalan Santai atau Jogging di Track

Di sekeliling alun-alun, terdapat area lantai atau paving block. Area ini khusus digunakan bagi wisatawan untuk berjalan santai. Sambil menikmati pemandangan hijau atau lalu lalang kendaraan.

Videotron yang ada di ujung alun-alun pun menambah keunikan tersendiri. Wisatawan dapat menyaksikan pesan-pesan layanan masyarakat di sini. Seperti video mengenai COVID-19, atau himbauan lainnya. Menjadi hiburan tersendiri pada saat bersantai di sekitar taman.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat berlari santai di tepian alun-alun ini. Saat pagi atau sore hari, tak sedikit wisatawan yang jogging di sini.

Menikmati Jajanan Kuliner di Alun-alun Banyumas

Malam hari, kawasan wisata bak pusat kuliner. Pasalnya, jajaran makanan kecil serta minuman memenuhi kawasan alun-alun. Tak hanya anak-anak yang suka, tapi orang dewasa pun tak mau ketinggalan.

Jajanan yang ada di sini masih sangat terjangkau. Wisatawan dapat puas berkuliner di sini dengan harga murah. Tentu akan sangat berkesan, menikmati kuliner di area Alun-alun Banyumas.

Lokasi Alun-alun Banyumas

Taman kota ini memiliki lokasi yang strategis tepatnya berada di Jalan Jaya Sirayu, Mruyung, Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang