Beranda Tiket Wisata

CURUG BANDUNG Banyumas Tiket & Daya Tarik - Februari 2021

Curug Bandung Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Dusun II, Kebocoran, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53152.

Wisata di air terjun memang sangat menyenangkan. Suasana hati seolah akan langsung tenang begitu menginjakkan kaki di kawasannya. Hampir di setiap kabupaten di Indonesia memiliki wisata air terjunnya sendiri. Salah satunya adalah Curug Bandung yang ada di Banyumas, Jawa Tengah.

Jika diterjemahkan memang arti namanya adalah Air Terjun Bandung. Namun, air terjun ini tidak ada hubungannya dengan Kota Bandung. Untuk mengunjunginya, wisatawan harus melalui hutan dan semak belukar. Namun, semua ini akan terbayar ketika sampai di kawasan air terjun.

Harga Tiket Masuk Curug Bandung

Objek wisata ini sangat murah bagi seluruh kalangan karena tidak memerlukan biaya untuk mengunjunginya. Bahkan, wisatawan juga tidak dikenakan tarif parkir.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 10+ Tempat Wisata Terbaik di Banyumas

Jam Operasional

Objek wisata ini belum dikelola dengan baik, oleh karena itu jam operasional juga belum ditetapkan. Namun umumnya, wisatawan datang dari pagi hingga sore. Dan memang sebaiknya tidak dianjurkan berkunjung sampai malam atau berkemah. Karena tidak ada yang mengawasi dan sarana serta prasarana belum memadai.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Sejuknya Alam Curug Bandung

Keindahan Curug Bandung
Keindahan Curug Bandung. Foto: Gmap/May Candra Santosa

Curug Bandung memiliki aliran air yang tidak terlalu deras. Alirannya terkesan tipis hingga terlihat seperti tirai-tirai halus dari air. Alirannya pun tidak hanya satu, ada beberapa aliran air terjun yang tampak mengalir menuruni batuan. Namun, hanya dua aliran saja yang paling deras dari aliran lainnya.

Air terjun ini mengalir menuruni tebing batu, yang tingginya kurang lebih 7 meter. Batu di belakangnya berwarna hitam, dan tampak basah karena cipratan air terjun. Sementara di beberapa bagiannya ditumbuhi semak serta lumut hijau, yang menambah kesan alami di sini. Karena tidak terlalu tinggi, bahkan pengunjung dapat melihat daratan di atasnya.

Baca: 12 Air Terjun Terbaik di Jawa Tengah

Aliran airnya begitu jernih, tampak putih jernih saat mengalir menuju kolam. Bahkan, pengunjung dapat meminum air terjun ini secara langsung. Rasakan kesegaran alami dari air terjun yang mengalir menuruni tebing ini.

Berenang di Kolam Air Toska

Kolam di bawah Air Terjun
Kolam di bawah Air Terjun. Foto: Gmap/May Candra Santosa

Aliran air terjun langsung turun menuju kolam di bawahnya. Airnya yang jernih langsung membaur menjadi satu di dalam kolam. Uniknya, kolam di Curug Bandung ini berwarna hijau toska. Yang membuat warna ini semakin kontras dengan paduan tebing dan jernihnya air terjun.

Kolam air ini begitu tenang, mengingat aliran air terjun tidak terlalu deras. Saat sinar matahari mengenai permukaan kolam, tampak berkilau indah. Pengunjung dapat mencoba berenang merasakan segarnya kolam ini. Kolam ini memiliki kedalaman kurang lebih satu meter saja, sehingga aman bagi pengunjung.

Baca: Curug Jenggala Banyumas Tiket & Daya Tarik Wisata

Pengunjung pun dapat membawa ban pelampung untuk bermain-main. Memang menyenangkan jika berkunjung ke sini beramai-ramai bersama teman. Bahkan, pengunjung seolah merasakan air terjun ini sebagai kawasan pribadi. Karena belum banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Batuan Sungai Eksotis

Pengunjung Berfoto di depan Batuan Curug
Pengunjung Berfoto di depan Batuan Curug. Foto: Gmap/Mas Spongebob

Di luar kawasan kolam, pengunjung akan berjumpa dengan banyaknya batuan sungai. Ukurannya sangat besar, sehingga membutuhkan perjuangan tersendiri untuk melewatinya. Batu-batu besar berwarna hitam ini bertaburan di kawasan sungai yang dialiri kolam. Air jernih mengalir melalui sela-sela batuan ini.

Pengunjung dapat menggunakan arena batuan ini sebagai spot foto yang indah. Dari atas batuan, pengunjung akan mendapatkan pemandangan yang indah. Yaitu pemandangan air terjun dan kolam hijau toska sebagai latar belakangnya. Sangat aesthetic dan cocok sekali saat di-upload di media sosial.

Baca: Curug Cipendok Banyumas Menyajikan Keasrian Alami

Namun tentunya, pengunjung harus tetap berhati-hati saat berfoto di sini. Karena batu yang basah akan lebih licin, sehingga pengunjung harus berhati-hati supaya tidak terpeleset.

Perjalanan menuju Curug Bandung

Curug Bandung jika Dilihat dari Ketinggian
Curug Bandung jika Dilihat dari Ketinggian. Foto: Gmap/May Candra Santosa

Objek wisata ini cocok bagi pengunjung yang menyukai arena petualangan. Pasalnya, jalur menuju air terjun sangat menantang. Pengunjung harus melewati semak belukar yang masih cukup tinggi. Jalan yang dilalui pun masih berupa tanah.

Pengunjung akan melewati kolam milik warga, hingga persawahan. Padang rumput juga akan dilalui pengunjung saat menuju ke air terjun. Lalu, pengunjung akan melewati jalur hutan yang jalannya begitu sempit. Pepohonan melingkupi seluruh area hingga jalanan rimbun.

Baca: CURUG BAYAN Banyumas Tiket & Aktivitas

Jalur trekking hutan ini begitu sempit, berupa jalan dari tanah yang hanya dapat dilalui satu orang. Semakin mendekati air terjun, pengunjung harus menyeberangi sungai berbatu tanpa pengaman. Terkadang sungai ini deras, terkadang juga surut sesuai dengan debit air di air terjun. Oleh karena itu, pengunjung wajib mengenakan alas kaki yang nyaman dan anti selip.

Fasilitas

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung harus mempersiapkan segala keperluan sendiri. Mulai dari keperluan makanan, baju ganti, hingga keperluan obat-obatan. Karena, di sini belum ada fasilitas yang memadai. Bahkan toilet pun belum tersedia, sehingga harus berhati-hati jika ingin membuang air.

Untuk berkunjung kesini, sebaiknya mengenakan pakaian yang nyaman. Alas kaki juga harus nyaman sehingga untuk berjalan dan menyusuri sungai tidak licin. Perjalanan dari tempat parkir menuju air terjun dapat ditempuh kurang lebih selama 10 menit. Meskipun tidak lama, namun harus dipastikan tetap mempersiapkan segalanya dengan baik.

Lokasi Curug Bandung Banyumas

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Berlokasi tidak jauh dari kota Purworketo, air terjun ini hanya berjarak kurang lebih 10 Kilometer. Dengan waktu tempuh 20 menit saja menggunakan kendaraan bermotor.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini