The Village Baturraden Purwokerto merupakan Family City Park yang berlokasi di Rempoah, Kecamatan Baturraden. Taman rekreasi yang hadir dengan gaya bangunan unik klasik dan elegan ala Eropa. Konsep utamanya edukasi seputar dunia kesenian, pendidikan, budaya, dan hiburan.

Luas areanya mencakup 2,8 hektar. Diresmikan pada tahun 2018 oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Tempat ini memiliki daya tarik tinggi dengan ciri khas kemegahan bangunan dan taman-taman indahnya.

Harga Tiket Masuk The Village Baturraden

Untuk menikmati panorama The Village, wisatawan dikenakan tiket dengan harga termasuk bonus minuman gratis.

Harga Tiket Masuk The Village Baturraden
Senin- JumatRp20.000
Sabtu, Minggu, Hari LiburRp25.000
Wisata Malam Hari Biasa (18.00 – 21.00 WIB)Rp10.000
Wisata Malam Akhir Pekan (18.00 – 21.00 WIB)Rp15.000
WahanaRp7.000 – Rp10.000

Baca: Lokawisata Baturraden Banyumas Tiket & 9 Wahana Top

Jam Buka The Village Baturraden

Wisatawan bisa berkunjung ke taman rekreasi ini setiap hari kecuali hari Selasa. Mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Rabu – Senin10.00 – 21.00 WIB

Aktivitas Wisata di The Village Baturraden Purwokerto

suasana malam the village baturaden purwokerto
wisatawan bisa menikmati suasana malam di taman rekreasi tematik ini Purwokerto.Foto : Instagram/thevillagepurwokerto

The Village Baturraden unik karena merupakan tempat wisata Small World berisi beragam wahana. Di taman wisata ini banyak dijumpai spot-spot ala luar negeri untuk berfoto atau sekadar duduk bersantai. Beberapa lokasi swafoto pun bisa dikunjungi dengan properti yang penuh warna.

1. Area Taman Tematik The Village Baturraden

area the village baturaden purwokerto jawa tengah
Wisatawan bisa bersantai menikmati suasana area The Village Baturraden Purwokerto. Foto : Instagram/thevillagepurwokerto

Adanya bangunan unik yang tinggi menjulang layaknya istana dongeng, membuatnya menarik perhatian dibanding sekitarnya. Area taman yang di desain dengan bangunan-bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia.

Beberapa di antaranya bangunan kincir angin menyerupai di negeri Belanda. Ada juga jembatan pada danau bening dengan paddle boat menyusuri jalur kanal seperti Venesia. Sedangkan bangunannya sendiri terlihat menyerupai Disney World di Jepang.

Baca: DREAMLAND Water Park Banyumas Tiket & 5 Wahana

2. Jalur Kanal dan Danau buatan

jalur kanal ala Venesia ini, wisatawan bisa naik perahu mengitari kanal di The Village Baturaden Purwokerto
Di jalur kanal ala Venesia ini, wisatawan bisa naik perahu mengitari kanal di The Village Baturraden Purwokerto. Foto : Instagram/thevillagepurwokerto

Taman rekreasi ini menyajikan panorama istimewa yang menawan dengan hadirnya danau buatan. Dikelilingi taman dari aneka bunga dan tanaman dengan rerumputan hijau.

3. Taman dan Spot Foto

spot foto taman bungan dengan berbagai ornamen
setiap sudut di taman bisa dijadikan spot foto menarik – thevillagepurwokerto. Foto : Instagram/thevillagepurwokerto

Taman-taman yang memanjakan mata terhampar di area The Village Baturraden Purwokerto. Wisatawan dapat berkeliling dan berswafoto bersama kerabat dan teman-teman.  Banyaknya pepohonan hijau sebagai penghias membuat suasana wisata menjadi nyaman dan tenang. Terdapat juga kapal bajak laut yang menjadi spot foto yang menarik.

4. Bird Dome (Kubah Burung)

bird dome the village baturaden purwokerto jawa tengah
Wisatawan dapat memberi makan aneka ragam burung di dalam Bird Dome, kubah berisi aneka ragam burung. Foto : Instagram/thevillagepurwokerto

Bird Dome merupakan kubah berisi aneka ragam koleksi burung. Di dalamnya burung-burung bebas bergerak dan beterbangan. Dengan membayar Rp 10.000, wisatawan dapat masuk berjalan-jalan dan memberi makan aneka burung dalam kubah.

5. Paddle Boat

paddle boat The Village Baturaden Purwokerto
Berkeliling sungai menggunakan Paddle Boat. Foto : Instagram/thevillagepurwokerto

Saat lelah, wisatawan cukup membayar Rp10.000 untuk naik paddle boat. Wisatawan bisa bersantai mengelilingi danau buatan dan jalur kanal. Serasa sedang berada di Venesia, Italia.

Paddle Boat menjadi salah satu fasilitas favorit wisatawan yang berkunjung ke sini. Di samping itu, wisatawan bisa sambil menikmati pemandangan taman-taman hijau memanjakan mata.

6. Video Mapping

Ini merupakan wahana video ilusi optik pertama di Purwokerto. Di sini, cahaya dan video dimainkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan ilusi optik yang memukau.

7. Mobil Antik

Untuk mengelilingi area taman, pengelola menyediakan beberapa sarana bagi wisatawan. Di antaranya adalah mobil antik dan kereta mini. Pengunjung cukup membayar tarif tiket sebesar Rp10.000.

Baca: SMALL WORLD Baturraden Tiket & 7 Atraksi Top

8. Lovelock

Lovelock adalah spot berupa jembatan di atas jalur kanal The Village Baturraden Purwokerto. Wisatawan menjadikan Lovelock sebagai tempat gembok cinta ala Korea Selatan.

9. Beragam Wahana Anak

wahana anak-anak
Pilihan wahana permainan untuk anak-anak juga lengkap. Foto: Google Maps/dar yanto

Banyak wisatawan yang datang bersama keluarga. Untuk itu, The Village Baturraden menyediakan area bermain dalam ruangan. Playground untuk anak-anak ini berisi permainan yang cukup lengkap. Selain bermain, permainan fisik dan bersifat edukatif ini juga berfungsi untuk melatih motorik anak.

Di taman ini tersedia juga Labirint Shipventure, Ecoforest Adventure dan Mini Zoo. Wisatawan bersama anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan. Ada banyak binatang jinak seperti sapi, domba, kambing, kelinci, dan kuda.

Di Taman Kelinci,wisatawan bisa berinteraksi dengan kelinci. Wisatawan terutama anak-anak sangat menyukai taman ini. Dengan membeli makanan kelinci, wisatawan dapat memberi makan kelinci-kelinci yang ada di taman.

10. Area Food Court

food court dan coffe shop
Nikmati kopi istimewa dari para peracik kopi profesional di coffe shop The Village Baturraden Purwokerto. Foto : Instagram/thevillagepurwokerto

Fasilitas tempat makan minum ini menyajikan menu western dan juga makanan khas Banyumas. Tempat bersantap ini tersedia di beberapa titik sekitar area taman.

Wisatawan juga dapat menikmati racikan dari pembuat kopi profesional di coffe shop. Letaknya di tepi jalur kanal dengan pemandangan area taman. Selain itu terdapat juga Queen bakery, Gelato point dan pusat merchandise. Untuk parkir, wisatawan tak perlu khawatir karena halaman luas untuk kendaraan tersedia di sini.

Lokasi The Village Baturraden

Taman rekreasi ini berlokasi di Jl. Raya Baturraden KM 07, Rempoah, Baturraden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah 53151. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi nomor telp. 0281 6512271 atau ikuti halaman Instagram di @thevillage_purwokerto.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.