Beranda Tiket Wisata

Alun-Alun Purwokerto Wisata Hemat Tengah Kota - April 2021

Alun-alun Purwokerto Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Komplek PJKA 386-388, JL. Jend. Sudirman, Purwokerto Lor, Purwokerto, Sokanegara, Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53115.

Alun-alun Purwokerto tanah lapang yang memiliki luas setidaknya 1 Ha ini berada di pusat kota Purwokerto. Taman kota yang juga sering menjadi tujuan rekreasi hemat warga sekitar maupun wisatawan. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari bersantai, kuliner hingga berolahraga.

Menyegarkan pikiran dengan berjalan-jalan di area rerumputan, menjadi pilihan utama. Beberapa wisatawan tampak duduk menikmati suasana sambil menyantap makanan kecil. Apalagi, banyak jajanan yang dijual di sekitaran objek wisata. Tempat ini semakin ramai di malam hari, karena adanya air mancur yang menjadi daya tariknya.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Purwokerto

Menikmati objek wisata ini tidak memerlukan biaya. Pasalnya, tempat ini merupakan ruang publik yang dapat terbuka untuk siapapun secara gratis.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik di Purwokerto

Jam Operasional

Selain gratis, objek wisata ini juga buka sepanjang hari. Waktu yang tepat berkunjung untuk berolahraga atau sekedar istirahat adalah di pagi hingga sore hari. Jika ingin menyaksikan air mancur dan gemerlapnya lampu kota, malam hari adalah waktu yang tepat.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Sajian Hamparan Hijau di tengah Kota

Wisatawan Memadati Area Rerumputan
Warga masyarakat ramai berkunjung ke alun-alun pada malam hari untuk sekedar bersantai atau wisata kuliner.

Alun-alun Purwokerto, menjadi penyejuk mata di tengah padatnya perkotaan. Lalu lalang kendaraan serta bangunan perkotaan lainnya seolah menjadi latar belakang yang sinkron. Alun-alun ini memiliki bentuk persegi, dengan bagian tengahnya berupa rerumputan yang luas. Di sekelilingnya berupa lantai, yang berfungsi sebagai lintasan jalan-jalan santai dan ber-jogging.

Di bagian tengah alun-alun, terdapat jalan setapak melintang. Seolah menjadi penghubung antara satu sisi dengan sisi lainnya. Di pusatnya, terdapat dua buah pohon beringin besar dengan akarnya yang sudah menggantung. Yang mengindikasikan bahwa pohon beringin tersebut sudah berusia puluhan tahun.

Rumput yang ada di objek wisata ini sangat terawat, begitu juga dengan tanaman di sekitarnya. Pohon dan tanaman hias dirawat sehingga rapi dan membuat pemandangan lebih menyenangkan. Bangku sebagai tempat untuk duduk pun tersedia di beberapa titik. Wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan duduk di bangku ini di bawah rindangnya pohon.

Baca: THE VILLAGE Baturraden Tiket & Ragam Wahana

Penuh dengan Filosofi

Logo Purwokerto di depan Alun - Alun.
Logo Purwokerto di depan Alun-Alun. Foto: Gmap/Ermawita Nasir

 

Keberadaan Alun-alun Purwokerto ini memiliki sejarah dan filosofi yang sangat berarti. Zaman dulu, alun-alun menjadi tempat berlatih perang prajurit kerajaan. Selain itu juga sebagai tempat penyelenggaraan sayembara, hingga menyampaikan titah raja. Bahkan, pusat perdagangan dan penyelenggaraan hiburan juga berpusat di alun-alun.

Ada dua buah pohon beringin yang dipagari di tengah alun-alun. Filosofi keberadaan pohon ini adalah seorang pemimpin harus dapat mengayomi rakyatnya. Sedangkan jalan lurus yang membagi alun-alun menjadi sisi barat dan timur, juga memiliki arti. Yaitu jalan yang menuju pendopo ini memiliki filosofi bahwa rakyat yang akan sowan harus menampakkan diri.

Masjid yang berada di sisi barat melambangkan kebaikan. Sementara di sisi timur adalah kebalikannya, yaitu lambang keburukan. Bersimbol dengan adanya bangunan penjara. Terlepas dari itu semua, beberapa hal masih juga dilakukan di alun-alun ini selain sebagai objek wisata. Yaitu sebagai tempat penyelenggaraan acara besar masyarakat Purwokerto.

Baca: LOKAWISATA Baturraden Tiket & Wahana

Wisata Malam Alun-alun Purwokerto

Air Mancur di Malam Hari
Air Mancur di Malam Hari. Foto: Gmap/Hatsuyuki Ai

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini. Saat malam tiba, lampu-lampu di taman dinyalakan dengan terang. Membuat suasana semakin semarak. Dan semakin malam, suasana justru semakin ramai, utamanya muda-mudi yang duduk santai beralaskan rumput.

Di bagian depan alun-alun, terdapat tulisan “Purwokerto”, yang ditulis dengan huruf kapital. Kemudian di depannya, terdapat air mancur yang unik, menyembur dari bawah ke atas. Air mancur ini akan menyala berwarna-warni di malam hari. Membuatnya tampak semakin indah, apalagi dijadikan tempat untuk berfoto.

Pada saat malam hari juga menjadi waktu yang tepat untuk bermain di area rumput hijaunya. Karena sudah tidak panas lagi, maka anak-anak pun tidak perlu khawatir kepanasan. Berbagai permainan seperti baling-baling yang dilempar ke atas, menjadi hiburan menarik bagi anak-anak. Tawa anak-anak yang berlarian memecah keheningan malam itu.

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Bersantai Ria di Siang Hari

Ramainya Wisatawan dan Pedagang di Sore Hari
Ramainya Wisatawan dan Pedagang di Sore Hari. Foto: Gmap/Nanditya PurpleSea69

Jika ingin bersantai, pagi hingga sore hari adalah waktu yang tepat. Bahkan, di siang hari yang terik pun wisatawan juga dapat datang ke sini. Karena banyaknya pohon yang tumbuh, membuat area taman menjadi teduh. Duduk di bangku sambil menikmati pemandangan menjadi kegiatan utama bersantai.

Apalagi, sesekali berteman tiupan angin sepoi-sepoi yang menghempaskan panas siang. Penjaja makanan telah siap untuk menjajakan makanannya. Mulai dari makanan ringan, berat, hingga minuman segar mudah untuk ditemukan. Jangan lupa memesan dawet dan tempe mendoan untuk menemani santai di sini.

Anak-anak pun mulai ramai memadati kawasan wisata pada saat sore hari. Berlarian di area rumput, saling kejar dengan temannya. Atau ada juga yang tampak sibuk dengan permainan gelembung sabunnya. Yang tertawa melihat gelembung-gelembung sabun itu pecah satu per satu.

Olahraga di Kawasan Wisata

Saat pagi dan sore, tempat ini tak hanya menjadi objek wisata. Tapi juga sebagai tempat untuk berolahraga. Umumnya, pengunjung datang untuk jogging di area lantai yang mengelilingi alun-alun. Areanya yang rata memberikan kenyamanan tersendiri bagi wisatawan.

Beberapa anak-anak lain juga tampak bermain bola seadanya di area rerumputan. Meskipun areanya tidak terlalu luas, namun anak-anak ini tampak seru bermain.

Fasilitas Alun-alun Purwokerto

Objek wisata ini menyediakan fasilitas berupa area parkir, bangku duduk, hingga tempat sampah. Tidak ada toilet serta mushola di alun-alun. Sebagai gantinya, wisatawan dapat menuju masjid yang tak jauh dari alun-alun. Dan di sekeliling objek wisata ini juga terdapat mall dan tempat umum lain yang bisa dikunjungi.

Lokasi Alun-alun Purwokerto

Taman kota ini berlokasi di Komplek PJKA 386-388, Jl. Jend. Sudirman, Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini