Beranda Tiket Wisata

Taman Kambang Iwak Besak Wisata Danau Tengah Kota – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Kambang Iwak Besak : gratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121, Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, 30121

Taman Kambang Iwak Besak merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di jantung kota Palembang. Taman ini sering disebut dengan KI Park. Terkenal sebagai sebuah danau besar yang dipenuhi ikan. Dengan jembatan di tengah danau serta terdapat air mancur.

Sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga, olahraga atau sekedar joging. Lengkap adanya aneka jajanan untuk wisata kuliner. Terutama di hari minggu sebab lokasinya digunakan untuk Car Free Day.

Harga Tiket Masuk Taman Kambang Iwak Besak

Taman Kambang Iwak Besak merupakan area terbuka hijau yang terbuka untuk umum dan gratis. Pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya untuk parkir saja.

Harga Tiket
Tiket masuk gratis
Tiket parkir Rp2.000-Rp5.000

Baca: PUNTI KAYU Palembang Tiket & Wahana

Jam Buka

Taman ini dibuka setiap hari tanpa batasan waktu. Sehingga wisatawan dapat berkunjung kapan pun.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Pesona Danau Di Tengah Taman

Taman Kambang Iwak Besak berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Suasananya teduh meskipun berada di tengah kota. Bahkan taman ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Taman Kota Terbaik Se-Indonesia.

Danau Dengan Beragam Jenis Ikan

Sebagaimana namanya, Kambang merupakan kolam dan Iwak adalah ikan. Wisatawan dapat menyaksikan kolam yang dulunya merupakan area rekreasi zaman belanda. Hingga sekarang masih berfungsi sebagai tempat penampungan air yang dihuni berbagai jenis ikan di dalamnya. Ikan dalam kambang ini dilarang untuk diambil. Ada sanksi buat yang melanggarnya. Hal ini sebab bertujuan menjaga kelestarian kolam.

Baca: OPI Water Fun Palembang Tiket & Wahana

Jembatan di Tengah Danau

jembatan di tengah danau -palembang destinasi
jembatan di tengah danau (Foto Instagram/palembang destinasi)

Daya tarik berikutnya yaitu adanya jembatan yang membelah danau. Jembatan baja berwarna merah dengan desain estetik. Pengunjung dapat berfoto di sini sebagai spot yang keren. Latar danau yang luas akan menambah eloknya hasil jepretan. Apalagi jika fotonya menggunakan drone dari sudut atas. Akan tampak sisi seberang danau dengan rimbunnnya pepohonan.

Air Mancur di Taman Kambang Iwak Besak

air mancur di danau Taman Kambang Iwak Besak
air mancur di tengah danau (Foto: Instagram/disbudparsumsel)

Daya tarik berikutnya yaitu adanya air mancur di tengah kolam. Air mancur yang menyala tampak anggun menawan. Terutama saat malam hari. Kolaborasi antara pancuran air dan juga lampu menghasilkan perpaduan yang indah. Nyala lampu akan memantul di permukaan kolam hingga membentuk sepasang air mancur ke atas bawah. Sungguh perpaduan yang apik.

Meskipun malam hari suasana gelap mendominasi, namun keindahan taman tetap terpancar. Taman akan dihiasi berbagai lampu yang menerangi sudutnya. Suasana romantis dari cahaya bintang turut menyertai.

Baca: Palembang Bird Park Tiket & Wahana

Pesona Matahari Terbenam

pesona matahari terbenam di pinggir danau -kj.photowork
pesona matahari terbenam di pinggir danau (Foto: Instagram/kj.photowork)

Bagi yang ingin menikmati sore sambil menyaksikan sore bisa melakukannya di taman ini. Rimbunnya pepohonan memang menutupi garis horizon. Meskipun demikian eloknya sinar mentari yang berangsur memerah akan terpantul di permukaan danau.

Pantulan cahaya jingga yang kian pergi akan turut mengubah warna kolam. Sungguh pemandangan yang membuat nyaman mata yang memandang.

Ruang Terbuka Hijau

Taman ini memang berkonsep RTH Atau Ruang Terbuka Hijau. Awalnya hanya sebuah taman dengan kolam ikan. Semakin ke sini, terus diperbarui berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Termasuk penambahan pohon agar semakin teduh dan rindang. Suasana sejuk dan udara segar sudah pasti akan didapatkan di sini. Letaknya di tengah kota juga menjadi berfungsi sebagai paru-paru kota.

Baca: AMANZI Waterpark Tiket & Wahana

Fitnes

Fasilitas Fitnes di Taman Kambang Iwak Besak
Terdapat aneka fasiltas alat olahraga gratis digunakan pengunjung (foto: Google Maps/Jony day)

Tidak hanya berbagai spot pemandangan, pengunjung juga bisa menggunakan berbagai fasilitas olahraga. Salah satunya yaitu tersedianya berbagai alat fitnes di ruang terbuka ini. Ada alat olahraga untuk melatih otot kaki maupun tangan dengan aneka bentuk. Tentunya berbagai fasilitas ini gratis dapat digunakan setiap waktu.

Joging dan Bersepeda di Taman Kambang Iwak Besak

KI Park juga terkenal sebagai taman untuk joging. Terdapat jalur joging sepanjang 815 meter. Banyak pengunjung yang menggunakan lintasan ini untuk sekedar jalan santai atau berlari mengelilingi danau. Pengunjung tak perlu khawatir akan jalurnya yang becek atau berdesakan. Sebab areanya dibuat lebar dan beralas paving. Sehingga memudahkan pengunjung untuk berlari di jalur tanpa kendala.

Selain jalur joging, pengunjung juga dapat bersepeda di jalur ini. Luasnya taman membuat area bersepeda lebih nyaman. Jalurnya datar dan permukaannya rata dan cukup baik. Berolahraga sembari menikmati pemandangan yang menenangkan akan menghadirkan suasana bersepeda yang asyik.

Wahana Bermain Anak

arena bermain untuk anak-anak - jhony day
arena bermain untuk anak-anak (foto: Google Maps/ jhony day)

Bagi yang membawa anak-anak taman ini juga menyediakan berbagai wahana permainan.  Misalnya perosotan, terowongan, dan ayunan semua tersedia secara gratis.

Selain itu terdapat permainan berbayar yang disediakan oleh operator. Seperti permainan menjaring ikan kecil, melukis objek gambar di styrofoam, bermain pasir magnet. Selain itu ada pula odong-odong, penyewaan sepatu roda, skuter, hingga motor listrik. Bahkan telah tersedia wahana naik delman dengan kuda yang lincah.

Wisata Kuliner Ala Pedagang Kaki Lima

KI park juga menyediakan berbagai lapak kuliner. Berbagai jajanan ala pedang kaki lima tersebar di pelataran taman. Dari aneka olahan tepung, cemilan hingga berbagai minuman kekinian. Saat car free day berlangsung, pilihan menunya akan lebih bervariasi. Bahkan aneka penjual sandang dan perabotanpun turut hadir.

Fasilitas Taman Kambang Iwak Besak

Fasilitas yang terdapat di Taman Kambang Iwak Besak cukup lengkap. Yaitu parkir luas, kamar mandi, berbagai tempat duduk, gazebo, area fitnes dan joging. Serta adanya berbagai wisata kuliner yang tersebar. Bahkan terdapat air keran yang dapat diminum serta internet gratis dengan fasilitas wifi.

Lokasi Taman Kambang Iwak Besak

Taman Kambang Iwak Besak terletak di Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini