Taman wisata Palembang Bird Park terletak di kawasan OPI Mall Jakabaring Palembang, tidak jauh dari OPI Water Fun Jakabaring. Di sini menjadi taman burung karena menyediakan lebih dari 100 jenis burung, seperti burung parkit, jalak, kakak tua, kenari, zebra, dan jenis lainnya. Wisata ini cocok sebagai pilihan keluarga, terutama untuk anak-anak.

Baca: OPI WATER FUN Palembang Tiket & 8 Wahana Seru

Selain burung, ada juga berbagai hewan lainnya seperti kura-kura, iguana, kelinci, ayam kate, dan marmut, kuda, hingga ular. Pengunjung juga bisa memberi makan dan untuk anak-anak bisa menunggang kuda. Bagi orang tua tidak perlu khawatir karena kuda didampingi oleh pawangnya.

Harga Tiket Palembang Bird Park dan Jam Operasional

Adapun harga tiketnya ialah Rp50.000 per orang. Harga tiket tidak mengalami perubahan ketika weekend atau hari libur.

Harga Tiket Palembang Bird Park
Tiket Reguler Rp50.000

Harga tiket sebesar Rp50.000 per orang sudah termasuk makanan burung, seperti biji-bijian, jangkrik, buah-buahan, dan sayuran. Dengan begitu, pengunjung bisa memberi makan burung, kecuali untuk burung dengan kandang tertentu.

Jam operasional untuk tempat wisata yang bisa dikatakan kebun binatang ini buka dari pukul 08.00 – 18.00.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 – 18.00 WIB

Wahana Palembang Bird Park

Bird Park Palembang
Bird Park Palembang. Foto: googlemaps/Siswanto Salsa

Banyaknya binatang di Palembang Bird Park tentu saja mampu menyenangkan anak-anak. Bagi orang tua yang ingin menjauhkan anak dari gadget sementara waktu taman burung ini bisa menjadi pilihan. Di sini ada banyak area binatang yang cocok pula untuk dikenalkan kepada anak.

1. Taman Burung

Burung yang Dilindungi di Bird Park Palembang
Burung yang Dilindungi di Bird Park Palembang. Foto: googlemaps/Kerudung Geulis

Area ini memiliki luas 2 hektare dengan ratusan burung yang dilindungi. Burung yang tersedia antara lain merak putih, jalak bali, cenderawasih, sampai Macao pink dari Australia. Burung tersebut merupakan burung yang bebas dipelihara, tetapi sebagian diantaranya termasuk burung yang dilindungi.

Sesuai dengan namanya, Palembang Bird Park lebih memiliki banyak burung daripada binatang lain. Dibuat pula khusus dua kandang berukuran raksasa dan beberapa kandang kecil untuk burung yang tidak bisa digabungkan.

Khusus burung hantu dan gagak terletak di kandang yang berbeda karena jenis burung ini termasuk burung liar dan sangat dilindungi. Di sini juga terdapat kandang untuk burung unggas.

Baca: AMANZI Waterpark Tiket & 8 Wahana Keren

2. Kolam ikan

Bermain Ikan di Bird Park Palembang
Bermain Ikan di Bird Park Palembang. Foto: googlemaps/Alifa ZHW

Area ini terletak di bagian depan, sebelah kanan kiri loket penjualan tiket. Kolam ikan ini berisi ratusan ikan yang bisa menjadi area bermain anak-anak. Kolam tersebut juga tidak terlalu dalam sehingga tidak berbahaya untuk anak.

Anak-anak yang ingin memberi makan kepada ikan-ikan tersebut bisa membeli pakan ikat sebesar Rp5.000. Bisa juga menggunakan makanan yang sudah didapatkan ketika membayar loket masuk.

3. Kandang Marmut

Kandang marmut bisa menjadi tujuan selanjutnya. Di sini akan ada kuda poni, rusa, kambing, domba, kelinci, dan marmut. Tenang saja, karena semua binatang tersebut sudah jinak. Selain binatang-binatang itu, ada binatang yang bisa diajak foto, yaitu ular piton dan burung hantu.

Dua binatang tersebut tidak membahayakan dan sudah menjadi pilihan objek pengunjung untuk berfoto. Tarif untuk foto bersama ular atau burung hantu dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

4. Kandang Burung Raksasa

Kandang Burung Raksasa
Kandang Burung Raksasa. Foto: googlemaps/Nurul Ilmi Rojabia

Area ini biasa disebut sebagai rumah kaca karena kandang burung raksasa ini dikelilingi oleh kaca. Ada ribuan jenis burung dengan warna yang beragam dan kicauan yang berbeda-beda.

Pengunjung juga bisa bermain di kandang burung raksasa ini dengan syarat harus mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah keluar dari kandang juga pengunjung diwajibkan mencuci tangan kembali. Di luar kandang sudah disediakan wastafel untuk pengunjung.

Fasilitas Palembang Bird Park

Beragam fasilitas disediakan pengelola untuk mendukung kenyamanan pengunjung. Di sini terdapat musala, toilet, restoran atau kantin, parkiran yang luas, dan berbagai fasilitas lainnya.

Transportasi Ke Palembang Bird Park

Menuju ke Bird Park Palembang bukan hal yang sulit karena letaknya di kawasan Opi Mall dan OPI Waterpark. Pengunjung yang menggunakan kendaraan umum bisa memilih kendaraan umum yang memiliki rute ke OPI Mall.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melihat peta lokasi pada google map.

Lokasi Palembang Bird Park

Taman burung ini berlokasi di Jl. Gubernur H.A Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Informasi lengkapnya bisa menghubungi Telp. (0711) 5740127. Kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Instagram atau Facebook Palembang Bird Park.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,28 / 36 pembaca