TAMAN KOTA CATTLEYA: Wisata Seru di Tengah Kota Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Taman Kota Cattleya: Gratis
  • Jam Buka: 08.00-18.30
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Letjen S. Parman, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 11480

Taman Kota Cattleya ruang terbuka hijau yang membawa angin segar di tengah hiruk pikuk ibu kota Jakarta. Area taman ini memiliki penataan yang rapi dan indah. Sebab taman Cattleya masuk ke dalam jajaran Taman Maju bersama yang dikelola Pemprov Jakarta. Maka taman ini dibuat untuk kebutuhan masyarakat akan adanya area hijau dengan sejumlah fasilitas.

Hal menarik yang ada di taman ini mulai dari adanya sarana olahraga seperti jogging track. Kemudian ada juga air mancur yang disukai anak-anak. Di samping itu terdapat kolam ikan dan tempat peminjaman buku. Semua hal itu dapat pengunjung dapatkan di Taman Kota Cattleya.

Harga Tiket Masuk Taman Kota Cattleya

Berkunjung ke Taman Kota Cattleya tidak memerlukan tiket masuk atau gratis. Karena taman ini merupakan ruang publik dan merupakan taman kota.

Harga Tiket
Tiket MasukGratis

Baca: Taman Kalijodo Jakarta Arena Bermain Seru

Jam Buka

Kawasan taman sudah buka mulai pagi hingga sore hari. Biasanya pada pagi hari banyak yang melakukan kegiatan olah raga di sekitar taman. Sedangkan untuk sore menjelang malam ramai pengujung yang nongkrong dan bersantai.

Jam Buka
Setiap Hari08.00–18.30

Daya Tarik Taman Kota Cattleya

Taman Kota Cattleya
Area taman yang terlihat rapi dengan jalan setapak berupa paving block. Foto: google maps/Taman Kota Cattleya

Taman ini menawarkan suasana asri serta banyak pepohonan rindang yang teduh. Pohon-pohonnya tinggi, kokoh semakin mempercantik pemandangan dan menjadi paru-paru kota. Suasana taman pun nyaman sebagai tempat rehat, nongkrong, ataupun piknik. Banyak sarana pelengkap yang mempercantik taman seperti air mancur, kolam, ayunan, serta fasilitas lain.

Tempat Favorit Untuk Berolahraga

Jogging track
Jogging track di Taman Cattleya. Foto: google maps/Ahmad Feisal

Di dalam taman terdapat lintasan joging yang bagus untuk pengunjung melakukan kegiatan olahraga. Satu putaran lintasan di taman ini sekitar 350 meter. Jogging track juga cukup lebar dan luas sehingga tetap memberikan kenyamanan untuk pengunjung. Selama joging bisa sambil menikmati kesegaran tumbuhan yang subur di sekitar lintasan.

Selain itu, terdapat jalan setapak mengitari taman yang sering digunakan untuk bersepeda. Kemudian ada pula alat-alat fitnes seperti chest press dan trimmer putar. Alat-alat tersebut bisa digunakan secara gratis. Hal itu membuat pengunjung tak perlu ke tempat fitnes mahal, cukup ke Taman Cattleya.

Baca: TAMAN DUKUH ATAS Wisata Hijau Di Tengah Kota

Wahana Air Mancur dan Ayunan

Air Mancur Taman Cattleya
Serunya bermain air mancur. Foto: google maps/Saptari Sunarya

Bagi yang membawa anak-anak tentu akan betah berada di taman kota ini. Karena terdapat wahana permainan ayunan yang asyik untuk bermain. Jumlah ayunan yang ada di taman ini sebanyak 4 buah.

Selain wahana ayunan, terdapat air mancur yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Air mancur tersebut sering menjadi tempat bermain dan basah-basahan oleh anak-anak. Namun air mancur ini hanya aktif pada jam-jam tertentu saja. Sehingga para pengunjung yang ingin merasakan air mancur harus menunggu terlebih dahulu.

Biasanya air mancur aktif tiga kali sehari yakni saat pagi, siang, dan sore. Dengan jadwal air mancur Taman Cattleya pagi hari pukul 06.30 – 09.30, Siang pukul 12.00 – 14.00 dan terakhir sore hari pukul 16.00 – 18.00.

Baca: TAMAN MENTENG Tiket Masuk, Jam Buka & Pilihan Kuliner

Kolam Buatan

Area kolam
Area kolam. Foto: google maps/mandewi

Kolam buatan di Taman Kota Cattleya juga merupakan spot favorit pengunjung. Karena penataan kolam yang ada di bagian tengah taman cukup menarik perhatian. Kolam ini dihiasi tumbuhan teratai, ketika bunganya mekar berwarna pink akan terlihat memesona. Di sekeliling kolam juga terdapat jogging track yang lebih pendek untuk mengitari kolam.

Kolam ini juga menjadi habitat ikan-ikan kecil yang sengaja dibudidayakan. Sayangnya air kolam di taman ini tidak jernih sehingga kehidupan bawah airnya kurang terlihat. Meskipun begitu, adanya kolam di tempat ini tetap menjadi penyegar suasana taman. Pengunjung dilarang untuk memancing ikan yang ada di kolam ini tanpa izin.

Baca: TAMAN SUROPATI 5 Hal Ini Bikin Betah

Taman Bacaan

Taman Baca di Taman Kota Cattleya
Pengunjung bisa meminjam buku dan membacanya di taman. Foto: google maps/hanuladsih wulan

Uniknya di taman ini terdapat beberapa buku yang bisa dibaca pengunjung. Selain menjadi tempat rekreasi, rupanya taman juga difungsikan sebagai taman baca. Jika sudah lelah berkeliling, pengunjung bisa minta izin ke security untuk meminjam buku. Kemudian duduk bersantai membaca buku di bangku-bangku taman yang telah tersedia.

Tersedia buku bacaan yang berupa cerita untuk anak-anak maupun buku untuk orang dewasa. Intinya semua kalangan bisa membaca buku di taman ini. Inilah yang membedakan kota yang satu ini dengan taman lain karena turut mendukung literasi.

Fasilitas

Destinasi ini memiliki pintu masuk yang lebar dan area parkir yang luas demi kenyamanan. Soal fasilitas sudah tersedia beberapa toilet, tempat sampah musala, bangku taman. Ada pula ayunan, air mancur, alat olahraga, jogging track dan tempat peminjaman buku.

Alamat Taman Kota Cattleya

Taman kota ini berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat, Jakarta. Lokasinya ada di seberang Mall Taman Anggrek. Lokasinya sangat strategis sehingga mudah untuk menemukan keberadaan taman ini.

Ulasan Pembaca

5 - 2 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *