Beranda Tiket Wisata

Taman Margasatwa Ragunan Tiket, Jam Buka & 10 Wahana – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Ragunan : Rp3.000 - Rp4.000Jam Buka: 07.00 - 16.00 WIBNo. Telepon: 02178847114Alamat: Jl. Harsono RM. No.1 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12250

Taman Margasatwa Ragunan merupakan lokasi wisata yang memiliki berbagai koleksi satwa mencapai 2.288 spesies. Jumlah tersebut kian bertambah mengingat ada beberapa proses kelahiran setiap tahunnya. Areanya tergolong luas dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Namun untuk mencari tempat parkir terkadang cukup susah. Mengingat kawasan Ragunan begitu populer di kalangan para pelancong lokal maupun asing. Jadi jangan heran jika ada tumpukan pengunjung yang mengantre di depan loket.

Harga Tiket Masuk Taman Margasatwa Ragunan

Harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan memang tergolong murah meriah. Uniknya lagi sistem pembayarannya sudah memanfaatkan fasilitas JakCard. Bentuknya berupa kartu kecil yang mana pengisian saldonya bisa langsung diisi lewat loket. Minimal top-up saldonya sebesar Rp 10.000.

Harga Tiket Masuk Taman Marga Satwa Ragunan
Jenis Tiket Harga
Tiket Masuk Dewasa Rp4.000
Tiket Masuk Anak-anak Rp3.000
Tarif Wahana Rp2.500 – Rp18.000
Parkir motor Rp3.000
Parkir mobil Rp6.000
Parkir sepeda Rp1.000
Bus Besar Rp15.000
Bus Kecil Rp12.000

Baca: MONAS Tiket Masuk & Atraksi Menarik

Jam Buka Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan buka di hari Selasa hingga Minggu. Khusus Senin kawasan tersebut libur selama satu hari penuh. Kemudian untuk jam operasionalnya mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional Taman Margasatwa Ragunan
Senin Libur
Selasa – Minggu 07.00 – 16.00 WIB

Wahana Taman Margasatwa Ragunan

Mampir ke Taman Margasatwa Ragunan belum lengkap rasanya jika tidak mencoba wahananya. Apalagi jumlahnya sangat banyak dan cukup beragam. Tidak usah khawatir mengenai biaya tiket masuknya. Karena di wisata ini biayanya tidaklah mahal.

1. Wahana Onta Tunggang

Jika biasanya layanan onta tunggang identik dengan wilayah gurun. Tapi kali ini wisatawan bisa menemukannya di Taman Margasatwa Ragunan. Jadi bagi yang ingin merasakan sensasi menaiki onta bisa langsung datang ke kebun binatang Ragunan. Tentunya ini tidak gratis, pengunjung harus membayar tiket  Rp7.500 per satu kali keliling.

2. Wahana Kuda Tunggang

Tidak hanya onta saja yang dijadikan objek wisata. Di sini pengunjung juga bisa naik kuda. Untuk satu kali putaran petugas akan mengenakan biaya Rp5.000 per satu orang. Dengan harga terjangkau pengunjung sudah bisa menunggang kuda sepuasnya mengitari taman satwa anak.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Safari Harga Tiket & 7 Aktivitas Menarik

3. Wahana Kuda Bendi

Satu lagi tunggangan kuda yang tak kalah uniknya, yaitu wahana kuda Bendi. Bentuknya hampir mirip dengan delman atau andong. Selama bermain kuda akan menarik kereta yang ditumpangi oleh kusir dan beberapa penumpang. Satu kali putaran biayanya Rp15.000. Sedangkan untuk kapasitas maksimal angkutan ini hanya mampu menampung tidak lebih dari empat orang saja.

4. Wahana Taman Satwa Anak

Wisata Ragunan juga menyediakan satu kawasan khusus buat pengunjung anak-anak. Nama wahana tersebut yaitu taman satwa anak. Di dalamnya ada sejumlah hewan-hewan lucu yang sangat digemari anak-anak. Salah satunya yang paling terkenal yaitu ikan Arapaima Gigas berbobot 100 kg lebih.

Baca: Taman Ismail Marzuki Tiket Masuk & Atraksi Wisata

5. Wahana Taman Perahu Angsa

wahana perahu angsa ragunan
Menikmati suasana asri nan hijau wisata ragunan lebih asyik dengan menaiki perahu angsa. Foto : Googlemap/MBOLI LOPOZ 77

Liburan di Ragunan semakin seru dengan berkunjung ke wahana taman perahu angsa. Kawasan ini merupakan kolam buatan yang mana areanya banyak dikelilingi pulau kecil. Di lahan seluas setidaknya 2.000 m2 ini pengunjung bisa melihat rindangnya pepohonan hijau. Satu kali berkeliling harga tiketnya Rp18.000 per orang.

6. Wahana Gajah Tunggang

Bukan hanya wahana kuda dan onta tunggang saja yang ada di Ragunan. Gajah pun juga bisa menjadi tunggangan keliling. Menaikinya pasti akan memberikan sensasi tersendiri jika dibandingkan angkutan binatang lainnya.

Untuk merasakan pengalaman luar biasa ini pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp7.500.  Memang agak disayangkan atraksi gajah tunggang tidak setiap hari. Pihak kebun binatang hanya menyediakannya di tanggal-tanggal merah. Misalnya hari Minggu dan libur Nasional.

Baca: FAUNALAND ANCOL Tiket Masuk & Aktivitas

7. Wahana Kereta Keliling

Berjalan kaki kawasan Ragunan yang luasnya 147 hektare tentunya melelahkan. Namun tenang, ada fasilitas kereta keliling yang akan mempermudah para pengunjung. Tarif sekali naik dikenai biaya Rp10.000 per satu orang. Bentuknya yang menyerupai  harimau ganas membuat siapa pun tertarik untuk mencobanya.

8. Wahana Sepeda tunggal

kegiatan bersepeda di ragunan
Bersepeda mengelilingi wisata dengan nuansa serba hijau bisa menghilangkan stres dalam pikiran. Foto : Instagram/ragunanzoo

Selain jalan-jalan santai, pengunjung juga bisa berolahraga di sekitar Ragunan.  Caranya dengan bersepeda menjelajah setiap sudut taman. Pihak pengelola telah menyediakan tempat penyewaannya di lokasi. Sedangkan untuk tarif sewa per jamnya dibanderol dengan harga Rp10.000 untuk sepeda tunggal.

9. Wahana Sepeda Ganda

Kalau sepeda sebelumnya hanya diperuntukkan khusus satu orang saja. Tetapi  sepeda ganda ini bisa ditumpangi dua orang. Sangat pas dijadikan transportasi liburan romantis bersama pasangan. Karena tempat duduknya ada dua maka biayanya jadi Rp15.000 per jamnya.

Baca: Kebun Binatang RAGUNAN Tiket Murah Wisata Edukasi Satwa Lengkap

10. Wahana Primata Schmutzer

wahana primata schmutzer
Berbagai macam spesies primata langka dari seluruh dunia memperoleh tempat tinggal di konservasi primata Schmutzer. Foto : Googlemap/Safina Tuddin

Salah satu wahana terbaik di Ragunan yaitu pusat Primata Schmutzer. Sebuah kawasan konservasi yang punya peranan besar dalam melindungi hewan primata langka. Pertama kali masuk pengunjung akan melihat pintu gerbang besar berbentuk setengah lingkaran kecokelatan.

Sementara konsepnya sendiri mengusung tema open zoo. Di mana para primata seolah-olah tinggal  di habitat aslinya. Harga tiket masuknya di hari kerja Rp6.000 dan weekend Rp7.500.

Fasilitas Taman Margasatwa Ragunan

Fasilitas di Taman Margasatwa Ragunan tergolong lengkap. Ada area parkir yang luas, toilet, musala, hingga vending mechine yang menjual minuman. Kemudian ada toko suvenir di sekitar kawasan tersebut. Wisatawan bisa membeli aneka macam suvenir yang bisa dibawa pulang.

Lokasi Taman Margasatwa Ragunan

Kebun binatang ini beralamat Jalan Harsono RM. No.1 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kalau mau ke sana lebih cepat naik Transjakarta yang langsung menuju area wisatanya. Alternatif lainnya bisa naik angkutan Jaklingko yang rutenya ke arah Lebak Bulus.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 50

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini