Hutan Kota GBK Tiket Masuk, Daya Tarik dan Fasilitas Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Hutan Kota GBK: Gratis
  • Jam Buka: 06.00 - 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0215701862
  • Alamat: Jl Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270

Komplek olahraga Gelora Bung Karno sempat penuh dengan euforia Asian Games pada tahun 2018. Untuk mendukung acara olahraga terbesar se-Asia tersebut, sejumlah renovasi sempat diterapkan di GBK. Salah satu area yang dipercantik yaitu kawasan Hutan Kota GBK atau terkenal juga Hutan Kota Senayan.

Setelah Asian Games berakhir, kawasan ini sempat tutup untuk renovasi. Banyak dari kita yang bertanya-tanya seperti apa jadinya ruang terbuka hijau tersebut. Setelah buka kembali, kawasan ini menjadi tempat rekreasi yang sukses menarik banyak pengunjung. Tidak sedikit yang menyandingkan tempat ini dengan Central Park yang ada di New York City, Amerika Serikat.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota GBK

Berkunjung ke Hutan Kota GBK kita tidak perlu membayar tiket masuk atau gratis. Kita tidak perlu membayar sepeser pun kecuali jika menggunakan kendaraan pribadi. Ada tarif parkir di lahan GBK yang berlaku. Perlu diingat bahwa pembayaran parkir di kawasan ini menggunakan fasilitas e-money.

Baca: TAMAN BARITO Jakarta Wisata Murah Ada Wifi Gratis

Jam Buka

Untuk saat ini kita bisa berkunjung ke Hutan Kota GBK setiap hari Selasa hingga Minggu. Dengan jam operasional mulai pukul 6 pagi. Terbagi dalam 2 sesi yaitu Sesi 1 pukul 06.00 pagi hingga 10.00 pagi dan Sesi 2 mulai pukul 03.00 sore hingga pukul 06.00 sore.

Baca Juga: 7 Wisata Taman Terbaik di Jakarta

Serunya Piknik di Jantung Ibukota

Kawasan Ibukota Jakarta memang terkenal dengan tingkat mobilitas masyarakatnya yang tinggi. Jutaan kendaraan ramai hilir-mudik setiap hari dan mengakibatkan tingginya polusi di kota ini. Dapat dikatakan bahwa sangat tidak mudah mendapatkan udara bersih dan segar di sini.

Satu-satunya cara untuk mendapatkannya yaitu dengan mencari ruang terbuka hijau (RTH).  Jakarta sendiri dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan jumlah RTH.

Pembebasan lahan beralih fungsi menjadi hutan kota hingga taman. Salah satu RTH yang belakangan sedang eksis berkat media sosial adalah Hutan Kota GBK. Sebenarnya apa yang membuat tempat rekreasi ini selalu berseliweran di media sosial?

Baca Juga: 33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaik

Dari Lapangan Golf ke Area Rekreasi

Pemandangan yang terlihat dari Hutan Kota GBK
Kolam Trembesi yang dilintasi jembatan berlatarkan deretan gedung pencakar langit yang megah – Foto: Google Maps/Jakarta Tourism

Hingga tahun 2016 areanya merupakan golf driving range. Luas lahannya yang mencapai 4,6 hektar memang ideal untuk bermain golf. Apalagi, lokasinya strategis karena berada dekat dengan Komplek perkantoran. Peralihan fungsi lahan berlangsung pada pertengahan tahun, tepatnya di bulan Mei.

Lapangan golf itu kemudian disulap menjadi area komersial dan ruang terbuka hijau. Di lahan tersebut, berdiri Hotel Plataran dan Hutan Kota GBK. Kawasan ini bertujuan sebagai destinasi wisata kelas menengah ke atas dan ruang rekreasi bagi masyarakat umum.

Meskipun bernama ‘hutan’, namun penampilannya memang jauh dari arti kata tersebut. Alih-alih pepohonan, yang ada di sini justru hamparan lapangan rumput yang luas. Sekilas lanskap ini akan mengingatkan pada Central Park yang berada di New York City. Keduanya sama-sama merupakan RTH yang berada tepat di pusat kota padat penduduk.

Sekeliling lapangan pepohonan yang tumbuh agak jarang layaknya taman. Memang butuh waktu yang cukup lama untuk menunggu kawasan ini benar-benar menjadi sebuah ‘hutan’ kota.

Sejauh ini mungkin akan lebih tepat jika menyebutnya sebagai taman kota berukuran masif. Namun terlepas dari itu semua, bukan berarti tempat ini tidak layak kita kunjungi sebagai tujuan rekreasi.

Baca Juga: TAMAN MENTENG Wisata Murah Adem Tengah Kota

Oase di Taman Pencakar Langit

Santai di Hutan Kota GBK
Kita bisa menikmati waktu santai sambil menghirup udara segar- Foto: Google Maps/Nurman Riyadi Rahman

Hutan Kota GBK merupakan hasil kerja sama pengelola GBK dengan pengembang Hotel Plataran. Oleh karena itu, jangan heran jika melihat bangunan hotel dan restoran yang berada di areanya. Di beberapa sudut terdapat fasilitas yang hanya terbuka untuk pengunjung hotel maupun restoran.

Fasilitas tersebut biasanya hanya bisa digunakan melalui reservasi.  Namun, area Hutan Kota GBK terbuka untuk umum. Area ini memang sengaja dibuka sebagai tujuan rekreasi dan wisata outdoor. Di tengah berdirinya gedung-gedung puluhan lantai, taman ini ibarat oase. Di sini, kita dapat menyingkir sejenak dari polusi jalanan untuk menghirup udara segar.

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di TAMAN SITU LEMBANG

Piknik Gaya Urban

Menikmati piknik di tengah kota
Duduk dan bersantai di lapangan rumput di tengah suasana ibukota yang serba modern – Foto: Google Maps/Primawan Dwi Nugroho

Layaknya Central Park, Hutan Kota GBK berhasil menarik banyak pengunjung berpiknik. Area luas dan bernaung pepohonan menjadikannya tempat yang cukup nyaman dan teduh. Kontur tanahnya pun cenderung landai. Jika butuh suasana yang berbeda, piknik di sini layak jadi pilihan.

Piknik di taman ini memberikan suasana piknik ala perkotaan. Kita akan disuguhi pemandangan pepohonan dengan deretan gedung tinggi di belakangnya. Bawa sendiri tikar atau kain sebagai alas duduk dari rumah.

Bisa juga membawa bekal atau membeli makanan dari kios atau foodcourt di dekat stadion. Kenakan juga pakaian yang nyaman untuk bersantai. Jangan lupa bawa payung ya, siapa tahu tiba-tiba hujan turun.

Selain berpiknik, kita juga bisa kemari untuk sekadar menyegarkan pikiran. Berjalan-jalan mengelilingi taman di bawah langit cerah adalah salah satu obat stres terbaik. Tempat ini bahkan memiliki kolam ikan lengkap dengan air terjun buatan yang menenangkan. Tersedia juga bangku-bangku bagi yang hanya ingin duduk-duduk.

Baca Juga: TAMAN LEGENDA TMII Tiket Masuk & Wahana

Alternatif Lokasi Olahraga

Nyaman berolahraga di Hutan Kota GBK
Pengunjung tampak berlari melintasi jembatan Kolam Trembesi, berpapasan dengan pengemudi sepeda – Foto: Google Maps/Agustiawan Agustiawan

Kawasan Stadion GBK memang sudah lama populer sebagai lokasi berolahraga. Tak heran jika selalu ramai dan mungkin membuat sebagian orang tidak bisa nyaman berolahraga. Jika bosan dengan suasana ramainya, cobalah joging di sini. Taman luas ini memiliki jalur pedestrian sekaligus lintasan joging.

Kita dapat menggunakannya tidak hanya sebagai jalur lari tetapi juga bersepeda. Namun, kita tidak diperkenankan menggunakannya untuk skateboard. Pengelola juga melarang untuk membawa hewan peliharaan demi kenyamanan bersama.

Baca: Hutan Kota GBK Tiket Masuk & Aktivitas

Fasilitas di Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK memiliki fasilitas pos keamanan, toilet, dan ruang ganti. Tersedia juga bangku yang tersebar di dalam area. Selanjutnya terdapat kios-kios makanan dan minuman. Sarana pendukung yang ada antara lain kolam ikan, amphitheater, dan plasa utama.

Transportasi Angkutan Umum

Bagi yang ingin menggunakan Busway TransJakarta ada beberapa pilihan rute.

  • Koridor 1 jurusan Blok M – Kota dan turun di Halte Gelora Bung Karno.
  • Koridor 3F jurusan Kalideres – Gelora Bung Karno (GBK) kemudian turun di Halte GBK.
  • Atau rute-rute bus yang melewati halte GBK seperti:
    • Reguler Bus Rapid Transit (BRT) seperti 4C: Tu Gas – Bundaran Senayan, 9C: Pinang Ranti – Bundaran Senayan.
    • Bus Reguler Non BRT 1F: Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan, 6D : St.tebet – Bundaran Senayan 1
    • Bus Gratis Misalnya GR1: Bundaran Senayan – Harmoni
    • Royaltrans D32 : Cinere – Bundaran Senayan
    • Transjabodetabek T11: Poris Plawad – Bundaran Senayan

Untuk rute lebih lengkap bisa melihat langsung ke situs resmi transjakarta.

Lokasi Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK merupakan bagian dari Gelora Bung Karno Sports Complex. Kawasan ini masih berada di Jalan Pintu Senayan. Sementara akses termudah dari Pintu 5 GBK di Jalan Jend. Sudirman Kav 54 – 55, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kita bisa menggunakan bus Transjakarta atau MRT untuk sampai ke lokasi.

Berikan Rating

4.8 - 124 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *