Beranda Tiket Wisata

Teluk Kiluan Tiket & Ragam Aktivitas - April 2020

Teluk Kiluan Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kiluan Negeri,Kelumbayan,Tenggamus,Lampung,Indonesia,35379.

Lampung sebenarnya memiliki potensi wisata yang begitu tinggi, bahkan wisata kelas dunia. Provinsi ini memiliki berbagai macam daya tarik wisata, seperti wisata bahari, petualangan, hingga taman nasional. Alam Lampung yang masih sangat asri dan alami menjadikan provinsi ini memiliki surga tersembunyi. Salah satunya adalah Teluk Kiluan, tepatnya di Kabupaten Tanggamus.

Seperti namanya, objek wisata ini merupakan sebuah teluk. Dimana memiliki pantai yang begitu indah, air laut yang jernih dan biru. Pepohonan berdiri dengan rapi di tepi pantai, membuat suasana semakin asri. Bahkan, Teluk Kiluan dijadikan tujuan utama untuk menyaksikan lumba-lumba hidung botol.

Harga Tiket Masuk Teluk Kiluan Lampung

Untuk menikmati keindahan Teluk Kiluan, tidak diperlukan biaya yang mahal. Bahkan, dapat dikatakan wisata ini tergolong murah. Padahal, pemandangan yang ditawarkan begitu indah dan mempesona. Apalagi sudah tersedia fasilitas yang membantu dan memberi kenyamanan pengunjung.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk area teluk Rp 5.000
Tiket masuk area laguna Rp 5.000
Menuju pulau di lepas pantai dengan perahu Rp 15.000
Pemandu wisata Rp 50.000

Baca: 9 Tempat Wisata Seru di Lampung

Jam Buka

Umumnya, Teluk Kiluan buka sepanjang hari. Namun, ada waktu-waktu khusus jika pengunjung ingin menyaksikan lumba-lumba.

Jam Melihat Lumba-Lumba
Setiap hari 06.00-10.00 WIB
16.00-17.00 WIB

Pemandangan Surga di Ujung Lampung

Pasir Pantai dan Air Laut yang Menyatu
Pasir Pantai dan Air Laut yang Menyatu. Foto: Gmap/Astaman Culture Official

Baca: Lembah Hijau Lampung Tiket & Aktivitas

Selama perjalanan menuju Teluk Kiluan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sawah yang hijau. Ditambah lagi, jajaran pohon kelapa yang berbaris rapi di tepi pantai.

Memasuki kawasan wisata, gapura besar berwarna merah dan biru dengan arsitektur khas Lampung siap menyambut. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya Teluk Kiluan, dengan warna biru dan hijau mendominasi.

Memasuki pantai, pengunjung akan disambut dengan pasir putih yang begitu lembut memanjakan kaki. Air laut jernih dan berwarna biru bergradasi, biru mudah hingga biru tua menuju ke laut. Ombak yang menerpa tidak begitu deras, sehingga suasana tampak begitu tenang dan nyaman. Ditambah lagi, sepoi angin yang membelai lembut menerpa kulit, membuat nyaman berada di sini.

Pepohonan dan bukit hijau turut menyempurnakan pemandangan, berpadu dengan birunya air laut dan putihnya pasir. Beberapa perahu ketinting tampak mengapung di permukaan laut, bergoyang lembut mengikuti ombak yang tenang.

Tampak beberapa batuan karang yang turut menunjukkan eksistensinya. Pemandangan ini tampak sangat sempurna, dinaungi langit biru yang begitu mempesona.

Mengarungi Lautan Bersama Lumba-Lumba

Mengarungi Laut dengan Ketinting menyaksikan lumba-lumba teluk kiluan
Mengarungi Laut dengan Ketinting. Foto: Gmap/Farid Rohman Sholeh

Baca: Taman Nasional Way Kambas Tiket & Aktivitas

Teluk Kiluan menjadi tempat yang tepat untuk dapat menyaksikan lumba-lumba. Karena, menjadi jalur migrasi dua jenis lumba-lumba, yaitu hidung botol dan paruh panjang. Bahkan dikatakan, jumlah lumba-lumba yang melintasi teluk ini terbanyak di dunia. Tak heran jika daya tarik utama dari objek wisata ini adalah menyaksikan lumba-lumba.

Waktu yang tepat untuk menyaksikan lumba-lumba adalah pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB dan sore pukul 16.00-17.00 WIB. Di waktu ini, pengunjung dapat menyaksikan lumba-lumba berenang dan menyembul ke permukaan. Lumba-lumba ini seolah tidak terganggung dengan kedatangan manusia dan perahu ketintingnya. Bahkan, beberapa lumba-lumba tampak mendekati perahu perlahan-lahan.

Dengan perahu ketinting, pengunjung akan dibawa 1-5 mil menuju laut. Di daerah inilah banyak lumba-lumba yang berenang dan saling melompat satu sama lain. Tentu pemandangan ini akan sangat luar biasa jika diabadikan dalam foto. Apalagi, pemandangan yang menjadi latar belakang begitu indah memanjakan mata.

Berenang Seru di Laguna Alam

Teluk Kiluan Tanggamus Lampung
Teluk Kiluan Tanggamus Lampung. Foto: Gmap/sayf bsy

Baca: PUNCAK MAS Lampung Tiket & Wahana

Tidak hanya lumba-lumba, daya tarik lain adalah adanya laguna alami. Laguna ini dikelilingi oleh batu karang yang seolah menjadi penghalang antara laut dengan laguna. Laguna ini bernama Laguna Gayau, lokasinya berada di balik bukit Teluk Kiluan. Untuk mencapai Laguna Gayau, pengunjung harus menaiki perahu selama kurang lebih 30 menit.

Di sini, terdapat laguna yang terbentuk secara alami. Warnanya biru jernih sebagai hasil dari air laut di sebelahnya. Kedalaman laguna yaitu 1-3 meter, sehingga tidak terlalu dalam dan dapat digunakan untuk berenang.

Garangnya Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu
Pantai Gigi Hiu. Foto: Gmap/Gary Bhastara

Baca: BUKIT SAKURA Lampung Tiket & Wahana

Tidak jauh dari Laguna Gayau, terdapat Pantai Gigi Hiu. Dikatakan Gigi Hiu karena banyaknya karang-karang yang menjulang di sekitar pantai. Karang-karang ini berserakan, dengan ujung batu yang tajam menjulang ke langit. Tampak seperti gigi hiu jika diperhatikan dengan seksama.

Di Pantai Gigi Hiu, ombak yang menerjang cukup deras. Seolah batuan karang ini menjadi penghalau supaya ombak tidak menghantam area pantai. Beberapa pengunjung tampak seru berfoto dengan menaiki salah satu batu karang.

Snorkeling Bersama Ikan Badut yang Lucu

Dengan air yang jernih biru, tak heran jika alam bawah laut Teluk Kiluan juga indah. Hal ini terbukti dengan adanya spot snorkeling di sekitar kawasan wisata. Tepatnya di Pulau Kelapa, yang berjarak kurang lebih 15 menit.

Di sini, banyak sekali ikan-ikan lucu berwarna-warni, salah satunya ikan badut. Bintang laut berwarna biru pun tak mau kalah untuk unjuk gigi di spot snorkeling ini. Terumbu karang pun tampak tumbuh sehat di sini.

Fasilitas Teluk Kiluan Tanggamus

Jajaran warung makanan siap memanjakan pengunjung dengan hidangan kulinernya yang lezat. Fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan lapangan parkir pun tersedia. Bahkan, sudah banyak penginapan yang tersedia bagi pengunjung yang ingin bermalam di Teluk Kiluan.

Lokasi Teluk Kiluan Tanggamus

Kawasan wisata pantai ini berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Berjarak sekitar 80 kilometer dari kota Bandar Lampung. Dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2,5 Jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent5,00 | 1 Pembaca

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here