Museum MACAN
img:museummacan.com

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau sering disingkat dengan Museum MACAN. Tempat wisata Jakarta bertemakan seni kontemporer yang memiliki berbagai koleksi dari dalam dan luar Negeri. Dengan harga tiket masuk Museum MACAN yang relatif terjangkau, galery MACAN bisa dijadikan sebagai sarana edukasi & rekreasi.

Ratusan karya seni kontemporer bisa disaksikan di Museum MACAN. Tercatat tidak kurang dari 800 karya seni yang terdiri dari 50% karya seni terkemuka Indonesia dan sisanya berasal dari berbagai negara Eropa, Amerika Utara, China dan negara-nega Asia lainnya.

Tiket Masuk Museum MACAN

Saksikan karya-karya seni kontemporer dari berbagai belahan dunia di Museum MACAN. Untuk harga tiket masuk Museum Macan masih sangat terjangkau. Baik untuk anak-anak, Dewasa, dan tiket pelajar. Kalau untuk penggemar berat karya seni tiket masuk Museum Macan juga tersedia dalam bentuk keanggotaan. Berikut harga tiket masuk museum MACAN selengkapnya.

Tiket Masuk Museum MACAN
Jenis Tiket Harga Tiket
Dewasa Rp 100.000
Anak Rp 80.000
Pelajar & Lansia Rp 90.000
Program Keanggotaan
Individu Rp 450.000
Pelajar Rp 300.000
Keluarga (2 Dewasa & 2 Anak) Rp 900.000

Konter penjualan tiket masuk museum MACAN ditutup pukul 18:00 WIB. Untuk program keanggotan Museum bisa mendapatkan berbagai benefit menarik. Beberapa diantaranya: Akses pertama ke program-program museum, melihat langsung persiapan di belakang layar serta berbagai potongan harga dan acara khusus Anggota.

Jam Buka Operasional Museum Macan
Selasa – Minggu 10:00 – 19:00 WIB

Setiap hari Senin museum tidak dibuka atau tutup dan kembali bisa dikunjungi di hari Selasa.

Baca: Alive Museum Ancol & Alive Star Tiket & Koleksi Penuh Ilusi 

Art Collection Museum MACAN

Tiket Masuk Museum Macan
img:museummacan

Ratusan karya seni Modern & kontempoer siap memuaskan mata dan rasa pengunjung. Berikut beberapa karya seni yang menjadi Koleksi di Museum Macan Jakarta:

Pergulatan Seputar Bentuk & Isi: Arahmaiani – Lingga-Yoni 1994, Acrylic on canvas 182 x 140 cm, © Arahmaiani. Mark Rothko – Untitled (Tanpa Judul) 1960-1961, Oil and paper on canvas 61 x 48.5 cm, © 1998 Kate Rothko Prizel & Christopher Rothko/Artists Rights Society (ARS), New York. Srihadi Soedarsono – Lanskap (Landscape) 1962, Oil on canvas 120 x 80 cm, © Srihadi Soedarsono

Bumi, Kampung Halaman dan Manusia: Miguel Covarrubias – Map of Bali with the Rose of the Winds (Peta Bali dengan Mata Angin) ca 1930, Watercolor and gouache on paper 34 x 37.5 cm, © Maria Elena Rico Covarrubias.  Raden Saleh – Self Portrait (Portrait Diri) 1835, Oil on mahogany wood 37 x 31 cm.

Baca: Promo Booking Hotel Online Diskon Upto Rp1.000.000

Kemerdekaan & SetelahnyaDullah – Bung Karno di Tengah Perang Revolusi (Bung Karno amidst the Revolutionary War) 1966, Oil on canvas 200 x 300 cm.  S. Sudjojono – Ngaso (Resting) 1964, Oil on canvas 140 x 100 cm, © S. Sudjojono Center. Sudjana Kerton – Akibat Pemboman di Lengkon Besar Bandung 1945 (Aftermath of the Bombing of Lengkong Besar Bandung, 1945) 1979, Oil on canvas  198 x 298 cm, © Family of Sudjana Kerton.

Museum MACAN
img:museummacan.com

Racikan Global: FX Harsono – Wipe Out #1 (Penghapusan #1) 2011, Acrylic on canvas 160 x 200 cm, © FX Harsono. Wang Guangyi – Andy Warhol 2002, Oil on canvas 300 x 200 cm, © Wang Guangyi. James Rosenquist – The Xenophobic Movie Director or Our Foreign Policy (Sutradara Film yang Xenofobia atau Kebijakan Luar Negeri Kita) 2004, Oil on canvas 152.4 x 411.48 cm, Art © Estate of James Rosenquist/Licensed by VAGA, New York, NY

Berbagi fasilitas penunjang juga tersedia di museum MACAN seperti Fasilitas Toilet Difabel, Ruang Menyusui, Ruang Pertolongan Pertama, Ruang Penitipan Barang, Museum dapat diakses kursi roda, Kafe dari 1/15 Coffee.

Di Museum Macan ini pengunjung juga diperbolehkan untuk memotret dan memfoto karya-karya seni. Namun harap tetap diperhatikan panduan dan peraturan Museum agar tidak merusak karya seni yang ada.

Baca: NuArt Sculpture Park & Galery, Tiket & Koleksi Patung Nyoman Suarta

Fasilitas Museum MACAN Jakarta

Fasilitas – fasilitas penunjang yang terdapat di Museum MACAN Jakarta sudah terbilang lengkap. Yaitu fasilitas toilet difabel, klinik, ruang penitipan barang, ruang perawatan bayi, dan sarana akses kursi roda.

Museum MACAN juga menyediakan coffee shop berkelas sebagai tempat untuk beristirahat sejenak atau duduk santai. Kafe yang terletak berdekatan dengan Infinity Mirrored Room ini menawarkan nuansa klasik berlantai kayu namun terkesan mewah.

Juga dikelilingi oleh dinding kaca yang menyuguhkan pemandangan kota Jakarta yang indah. Pengunjung dapat menikmati segala fasilitas tersebut dengan segelas kopi hangat di kafe 1/15 Coffee ini.

Setelah pengunjung selesai bereksplorasi dengan karya – karya seni berkelas, pengunjung harus singgah di Museum Macan Shop. Untuk membeli oleh – oleh dan cinderamata seperti kaos, gantungan kunci, tas, dompet, buku, dan aksesoris lainnya.

Transportasi dan Rute Angkutan Umum

Lokasi menuju Museum MACAN Jakarta cukup strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Bagi pengunjung luar Jakarta misalnya dari Bekasi, naik KRL jurusan stasiun Manggarai. Dilanjutkan dengan transit dengan jurusan Kampung Bandan, dan turun di stasiun Tanah Abang.

Transit lagi dengan KRL arah Serpong hingga tiba di stasiun Kebayoran. Kemudian jalan kaki 4 menit ke halte Pasar Kebayoran Lama, kemudian naik TransJakarta koridor 8.

Turun di halte Kebon Jeruk, lalu naik angkot merah KWK B03 menuju Museum MACAN Jakarta. Sedangkan bagi warga Jakarta, dapat naik bus TransJakarta jurusan terminal Blok M, atau naik bus Kopaja T57. Kemudian ganti dengan menggunakan Metromini S70 atau S74 menuju halte Kebayoran Lama.

Kemudian ganti dengan TransJakarta koridor 8 menuju Kebon Jeruk, lanjut menggunakan angkot KWK B03 menuju Museum. Gunakan google maps atau GPS untuk mendapat jalur lokasi wisata Museum MACAN yang lebih akurat.

Kontak & Alamat Museum MACAN

Informasi lebih lanjut terkait museum silahkan menghubungi Museum Macan di alamat AKR Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530, Indonesia. Telepon+62 21 2212 1888, Email: info@museummacan.org.

4,82 Very PoorPoorAverageGoodExcellent 17 review
Loading...