Beranda Tiket Wisata

UMBUL NILO Klaten Tiket & Daya Tarik - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Umbul Nilo : Rp6.000 - Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: CJ4R+MQC, Area Kebun/Sawah, Daleman, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57482

Umbul Nilo merupakan umbul yang ada Klaten selain Umbol Ponggok. Daya tarik lokasi ini yaitu kolamnya yang berada di tengah area sawah. Nama Nilo diambil dari nama pohon Nilo yang dahulu banyak tumbuh di sini. Air di kolam ini berasal dari mata air Cokro yang sejuk dan bening. Oleh karena itu umbul ini tidak memakai kaporit untuk menjernihkan air.

Di sini terdapat dua jenis kolam, yaitu kolam utama dan kolam anak. Dasar kolam utama berlapis batu-batuan alami. Sedangkan, pada kolam anak yang tergolong kolam baru, dasar kolamnya menggunakan keramik. Karena airnya yang begitu jernih, dasar kolam ini dapat terlihat dengan jelas. Selain sawah, di sekitar umbul ini terdapat pohon Ipik yang menyerupai pohon beringin. Umbul ini juga bermanfaat sebagai irigasi bagi sawah yang ada di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Umbul Nilo

Untuk memasuki area Umbul Nilo wisatawan perlu mebayar harga tiket masuk. Harganya relatif terjangkau. Namun harga tiket tesebut belum termasuk harga tiket parkir dan sewa ban pelampung. Karena murahnya tak heran kolam ini sering ramai pengunjung.

Harga Tiket Masuk
Hari Biasa/Hari LiburRp6.000/Rp10.000
Biaya Fasilitas
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp3.000
Sewa Ban PelampungRp5.000

Baca: 12 Tempat Wisata Terbaik di Klaten

Jam Buka Umbul Nilo

Umbul Nilo buka setiap hari selama 24 jam. Agar nyaman berenang di sini, sebaiknya datang saat cuaca cerah. Selain itu, hamparan sawah dan langit yang biru juga akan terlihat jelas.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Berenang di Kolam Mata Air Umbul Nilo

Pengunjung yang berenang di Umbul Nilo
Pengunjung bisa memilih untuk berenang di kolam utama dengan dasar bebatuan alami atau pun kolam untuk anak-anak dengan dasar lantai keramik. Foto: Google Map/Heru 3007

Salah satu daya tarik tempat ini yaitu kolamnya yang berair jernih. Karena sumber airnya berasal dari mata air yang murni sehingga tidak perlu memakai kaporit untuk menjaga kualitas air. Sedangkan untuk kolamnya terbagi menjadi dua jenis yaitu kolam utama dan kolam anak yang belum lama ini dibangun.

Kolam utama memiliki kesan yang masih alami dan lebih dekat dengan sawah. Sedangkan untuk kolam anak terkesan lebih modern. Selain itu, kedalaman antara dua kolam tersebut juga berbeda.

Kolam utama memiliki kedalaman 1,5 m sedangkan kolam anak memiliki kedalaman yang tidak sampai 1 m. Saking jernihnya air kolam banyak wisatawan yang berfoto sambil menyelam. Hasil fotonya pun terlihat sangat jelas.

Bebatuan di dasar kolam akan membuat foto sekilas terlihat seperti berada di dalam laut. Tidak hanya menyelam, bagi yang tidak bisa berenang, tersedia pula tempat penyewaan ban pelampung. Kolam ini biasanya akan dikuras setiap 2 hari sekali untuk tetap menjaga kebersihannya.

Baca: Umbul Manten Klaten Tiket & Aktivitas

Panorama Hamparan Sawah

Pemandangan sawah yang ada di sekitar Umbul Nilo
Sembari berenang, pengunjung bisa menikmati pemandangan sawah yang ada di sekitar Umbul Nilo. Foto: Google Map/Muh. Rosyid Khoirudin

Selain berenang, lokasinya juga asik untuk melihat pemandangan area persawahan. Jika pada musim tanam, pemandangan sawah akan terlihat hijau dan asri. Sedangkan pada musim panen, pemandangan padi yang menguning akan terlihat estetik. Pengunjung pun bisa berjalan-jalan di tengah pematang sawah.

Tempat ini sangat cocok bagi yang ingin mencari suasana alam yang menenangkan. Tak jauh dari kolam, terdapat pohon Ipik yang teduh. Di bawah pohon ini merupakan area yang nyaman untuk duduk dan memandangi hamparan sawah. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat aktivitas petani yang sedang berkerja di sawah.

Baca: Umbul Ponggok Tiket & Aktivitas

Berfoto di Area Umbul Nilo

Pengunjung berfoto di dalam air di Umbul Nilo
Terdapat beberapa area berfoto di Umbul Nilo, salah satunya yaitu berfoto di dalam air yang jernih. Foto: Google Map/Nugadisap

Terdapat beberapa area untuk berfoto di sini. Salah satunya yaitu di bebatuan besar dekat kolam dan sawah. Foto yang bisa dihasilkan di sini yaitu foto dengan pose duduk di atas batu sambil menatap sawah. Area selanjutnya yaitu di pematang sawah. Sambil berdiri di area tersebut, pengunjung bisa berpose seperti sedang berjalan.

Kemudian, beberapa area kolam juga bisa menjadi area foto yang menarik. Area tersebut yaitu di dalam kolam dan di tepi kolam. Sambil duduk di tepi kolam, ambil foto dengan latar belakang sawah. Selain itu beberapa area seperti di bawah pohon juga bisa sebagai tempat berfoto yang unik.

Baca: UMBUL BRINTIK Klaten Tiket & Aktivitas

Pemandangan Sunset

Keunggulan dari tempat wisata ini yaitu jam operasionalnya yang tak ada batasan waktu. Umbul Nilo dibuka setiap hari selama 24 jam. Hal itu membuat pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbit yang indah dari sini. Selain itu, pemandangan matahari terbenam juga tak kalah cantik terlihat di sini.

Fasilitas

Umbul Nilo memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap seperti toilet, kamar mandi bilas, dan kamar ganti. Selain itu, di sini juga tersedia tempat untuk parkir, musala, penyewaan ban pelampung, serta beberapa warung makan. Selanjutnya tersedia pula gazebo yang luas sebagai tempat berteduh. Tak ketinggalan terdapat juga beberapa area berfoto yang menarik di sini.

Lokasi Umbul Nilo

Lokasi Umbul Nilo yaitu berada di Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika berangkat dari alun-alun Klaten sebagai pusat kota, maka jarak tempuhnya sejauh 18 km. Untuk sampai ke sini bisa menggunakan motor maupun mobil. Selain dari Klaten, pengunjung juga bisa berangkat dari Boyolali dan menuju ke jalan raya Boyolali-Semarang. Dari sini ambil jalan ke Klaten melalui Jalan Wonosari dan Jalan Randusari.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 12

Berikan Rating