Beranda Tiket Wisata

UMBUL LESES Boyolali Tiket Murah Mata Air Alami - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Umbul Leses : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Jenengan, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57374

Kabupaten Boyolali selain terkenal dengan wisata lereng pegunungannya, ternyata juga memiliki banyak wisata pemandian. Di Boyolali sebelah timur ada sebuah kolam pemandian dengan sumber air alami yaitu Umbul Leses. Di sini wisatawan bisa berenang di kolam dengan airnya yang segar dan sebening kaca. Suasana pedesaan masih begitu terasa ketika berada di sini. Pepohonan berukuran raksasa yang berada di kanan kiri kolam menambah nuansa asri dan rindang. Konon pohon tersebut sudah ada sejak masa penjajahan Belanda

Pohon yang berada di area kolam dikenal sebagai Pohon Leses oleh masyarakat sekitar. Hal itu jugalah yang kemudian melatarbelakangi nama dari tempat wisata ini. Meski kolamnya tidak terlalu besar, namun airnya yang jernih dan menyegarkan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi tempat ini letaknya cukup strategis. Hanya berjarak sekitar 12 km saja dari jantung kota Boyolali. 

Harga Tiket Umbul Leses

Untuk bisa merasakan kesegaran mata air di Umbul Leses wisatawan perlu membayar tiket masuk. Tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk  sangatlah murah meriah. Bahkan seringkali di hari-hari biasa, wisatawan bisa masuk secara gratis. Hal ini karena loket tiket biasanya hanya buka di setiap akhir pekan atau hari libur.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000

Baca: NEW SELO Boyolali Tiket & Spot Foto Unik

Jam Buka Umbul Leses

Tidak ada jam operasional yang berlaku di tempat wisata ini. Sehingga wisatawan bisa datang kapan saja untuk menikmati kesegaran airnya. Waktu terbaik untuk berkunjung pada saat pagi atau sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Pemandian Yang Berbalut Cerita Legenda

Pemandian di kawasan pedesaan
Kolam pemandian dengan suasana rindang di sekelilingnya menjadi pesona dari tempat ini. Foto: Gmaps/Maya Sari

Selain memiliki keindahan khas daerah pedesaan, pemandian Umbul Leses ini juga memiliki cerita legenda yang menarik. Menurut cerita dari warga setempat, dahulu kala hanya ada dua pohon Leses di tempat ini. Sementara dua pohon lainnya adalah jelmaan dua manusia yang merupakan sepasang suami istri. Ceritanya berawal saat keduanya melakukan perjalanan dan kemudian bertengkar di tempat tersebut. Dan akhirnya mereka dikutuk menjadi sebuah pohon.

Terlepas dari semua itu, objek wisata ini menjadi destinasi wajib jika sedang berada di “Kota Susu” Boyolali. Kesegaran airnya sangat cocok untuk sejenak melepas penat dari rutinitas harian. Tak hanya berenang, wisatawan pun bisa sekedar bersantai menikmati suasana. Suasana asri dengan angin sejuk yang berembus membuat siapa saja akan betah berlama-lama.

Baca: Alun-Alun Kidul Boyolali 7 Aktivitas Seru

Berenang Menikmati Segarnya Sumber Air Alami

Berenang di kolam alami umbul leses boyolali
Airnya yang jernih dan menyegarkan akan menggoda siapa saja untuk menceburkan diri ke dalam kolam. Foto: Instagram/@mtx.47

Aktivitas utama di tempat ini tentu saja adalah berenang di airnya yang jernih dan dingin. Airnya yang sebening kaca seakan menggoda setiap wisatawan yang datang untuk cepat-cepat menceburkan diri. Bagi yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena kolam ini tidak terlalu dalam. Kedalaman dari Umbul Leses hanya sekitar 150 cm. berenang mengitari sungai atau sekedar berendam merasakan dinginnya air di tempat ini bisa menjadi pilihan.

Bagi yang mengajak anak-anak, bisa memberikan ban atau pelampung. Hal ini supaya si kecil juga bisa ikut merasakan kesegaran air kolamnya. Menariknya air yang ada di tempat ini pun dipercaya memiliki beragama khasiat. Seperti misalnya menghilangkan gatal-gatal, bisa merontokkan penyakit di dalam tubuh dll. Wisatawan juga bisa menemukan banyak ikan di kolam ini. Ikan-ikan tersebut biasanya berenang di sudut kolam yang berisi bebatuan.

Baca: Umbul Sewu Pengging Tiket & Aktivitas

Bersantai Di Tepi Kolam

Kolam renang umbul leses dengan suasana rindang
Pohon besar yang ada di tepi kolam membuat suasana di tempat ini sangat asri dan rindang. Foto: Gmaps/Rizki Lailatul Qoyumah

Jika takut dingin dan tidak berani berenang, wisatawan juga bisa sekedar bersantai menikmati suasana yang ada. Area kolam penuh dengan barisan pepohonan menjadikan suasana khas pedesaan sangat terasa. Angin sejuk yang berembus juga semakin menambah syahdu suasana yang ada. Pepohonan tinggi juga membuat tempat ini tetap teduh meski di siang hari yang terik sekalipun.

Agar lebih nikmat, wisatawan juga bisa mencoba aneka kuliner yang dijual di warung-warung. Salah satu yang jadi favorit di tempat ini adalah Mendoan. Hal itu karena selalu disajikan panas dengan pelengkap sambal kecap dan irisan cabe. Selain itu ada juga bakso pentol yang tak kalah menggugah selera.

Baca: Kebun Raya Indrokilo Tiket & Aktivitas

Aneka Spot Foto Menarik

Pohon raksasa di Umbul Leses
Pohon raksasa yang sudah ada puluhan tahun menjadi salah satu obyek menarik untuk berfoto. Gmaps/Nanang Warga

Bagi penggemar kegiatan berfoto, Umbul Leses memiliki beragam spot menarik untuk diabadikan lewat kamera. Area tepi kolam yang ditumbuhi pohon leses menjadi spot favorit wisatawan untuk berswafoto. Pesona yang berbeda dan jarang ada di tempat lain menjadi alasannnya. Area dengan pohon leses yang tinggi menjulang ini kerap kali juga dipakai sebagai tempat foto prewedding.

Tempat Semadi dan Ritual

Area Umbul Leses ini juga kerap kali menjadi tempat ritual atau bersemadi oleh masyarakat sekitar kegiatan itu biasa dilakukan di malam hari dan bertujuan untuk meminta sesuatu. Tak heran seringkali ada sesaji terlihat di celah-celah Pohon Leses. Jika melihat hal tersebut wisatawan cukup menghargai dan tidak memindahkan atau merusaknya.

Fasilitas

Destinasi wisata ini memang belum terkelola secara maksimal, sehingga fasilitas yang ada masih minim. Namun hal tersebut cukup mampu menunjang kebutuhan wisatawan. Di sini sudah tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi hingga warung kuliner.

Alamat Umbul Leses

Umbul Leses beralamat di Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis karena berada di jalur alternatif yang menghubungkan Boyolali dan Klaten. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota. Hanya berjarak sekitar 12 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20-30 menit saja.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 24

Berikan Rating