Beranda Tiket Wisata

UMBUL SIGEDANG Wisata Mata Air Alami - Oktober 2020

Umbul Sigedang
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Dk, Umbulsari, Ponggok,Polanharjo,Klaten,Jawa Tengah,Indonesia,57474.

Berenang di kolam renang, pantai, atau air terjun sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, berenang di mata air alami mungkin belum menjadi sesuatu yang lazim. Di Klaten, terdapat destinasi wisata berupa mata air alami bernama Umbul Sigedang.

Di sini, pengunjung bisa merasakan berenang di bersama ikan-ikan dalam kolam dengan air sebening kristal. Tidak hanya itu, jika tidak ingin berenang suasana taman yang sejuk juga membuat nyaman. Sangat tepat menghabiskan waktu rekreasi keluarga di tempat wisata ini.

Tiket Masuk

Biaya yang diperlukan untuk memasuki objek wisata tergolong sangat terjangkau. Biaya ini belum termasuk retribusi parkir dan toilet.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000
ParkirRp2.000 – Rp5.000
ToiletRp2.000

Baca: 6 Tempat Wisata Menarik di Klaten

Jam Operasional

Taman wisata air ini dibuka untuk umum setiap harinya. Tidak ada jam buka atau jam tutup yang Disarankan datang kemari pada hari biasa agar menghindari karamaian pengunjung.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Umbul Sigedang

Umbul Sigedang
Umbul Sigedang adalah mata air alami yang menjadi objek wisata di Klaten – Foto: Google Maps/Fuzna Nuhasana Agia

Belum banyak orang tahu bahwa Indonesia memiliki beragam jenis destinasi wisata bahari. Selain pantai dan air terjun, ada juga sumber mata air alami. Salah satunya adalah Umbul Sigedang yang berada di Klaten. Kabupaten Klaten ternyata menyimpan banyak mata air alami, menjadikannya lumbung bagi perusahaan air mineral.

Umbul Sigedang yang berarti “Mata air Sigedang” adalah salah satu sumber mata air alami yang menjadi destinasi wisata di Klaten. Umbul ini dikenal memiliki air yang sangat jernih dan bening. Tempat ini seringkali menjadi rujukan bagi pelancong yang ingin merasakan berenang di “kolam air mineral” karena kejernihannya yang menakjubkan.

Baca: Umbul Ponggok Tiket & Ragam Aktivitas

Air Sebening Kristal

Panorama Umbul Sigedang
Suasana di sekitar taman dengan air yang jernih dan pohon beringin di sekelilingnya – Foto: Google Maps/Joel nova

Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus masuk ke kawasan permukiman warga. Hal ini karena letak kolam mata air tersebut memang berada di tengah desa dan dikelilingi oleh rumah-rumah warga. Wisatawan harus melalui jalan menurun untuk bisa sampai ke umbul tersebut.

Sampai di sini, pemandangan kolam dengan air berwarna biru berkilauan akan langsung menyambut. DIbandingkan Umbul Ponggok yang sudah lebih dulu tersohor, taman air ini memang tidak terlalu luas. Namun, kecantikan airnya yang jernih masih bisa bersaing.

Baca: Bukit Cinta Watu Prahu Klaten Tiket & Spot Foto

Kondisi air kolamnya memang sangat jernih dan bening. Ini merupakan sesuatu yang hampir tidak mungkin ditemukan di kota-kota besar. Saking beningnya, pengunjung bisa melihat dasar kolam yang dihiasi sebaran bebatuan hitam. Selain bersih dan jernih, airnya pun dingin dan menyegarkan, sangat cocok sebagai tempat berendam atau berenang.

Berenang di umbul
Berenang di kolam yang jernih dan terjaga kebersihannya – Foto: Google Maps/Joel nova

Umbul Sigedang juga merupakan salah satu sumber mata air yang dimanfaatkan oleh perusahaan air mineral. Kandungan airnya murni dan terjaga, sehingga bisa diolah sebagai air mineral dalam kemasan. Jika melihat kejernihan dan kebersihannya, berenang di kolam alami tempat wisata ini memang pantas diibaratkan berenang dalam ribuan galon air mineral, kan?

Berenang bersama Ikan

Ikan-ikan di Umbul Sigedang
Umbul Sigedang juga menjadi habitat bagi beragam ikan air tawar yang cantik – Foto: Google Maps/Vian Dias

Kesegaran air di objek wisata ini memang mengundang untuk segera berenang menikmatinya. Namun, tidak hanya memikat manusia, Umbul Sigedang juga membuat betah ikan-ikan, lho. Jangan heran jika terlihat banyak ikan yang hidup dan berenang di antara bebatuan di dasar umbul ini.

Baca: Umbul Cokro Tulung Waterboom Klaten Tiket & Aktivitas

Berenang di sini berarti berenang bersama ikan-ikan cantik. Ikan-ikan tidak membahayakan dan tidak boleh diganggu, apalagi dipancing. Keberadaannya justru menjadi nilai ekstra yang menambah pengalaman baru bagi wisatawan.

Snorkeling
Menyelam dan melihat keindahan panorama dasar umbul menjadi aktivitas yang menarik dan bisa dilakukan wisatawan – Foto: Google Maps/Naza Darojat

Jika ingin pengalaman yang lebih menantang, bawa kacamata renang atau peralatan snorkeling ketika berkunjung kemari. Cobalah menyelam dan melihat keindahan Umbul Sigedang dari dalam air bersama ikan-ikan. Rasanya mirip seperti sedang snorkeling di tengah laut, lho!

Spot Foto Menarik

Terowongan pohon beringin
Pohon beringin yang tumbuh menyerupai terowongan di salah satu sudut taman – Foto: Google Maps/Michele Gargiulo

Di sekeliling area ini, tumbuh beberapa pohon besar yang rindang, termasuk pohon beringin. Adanya pepohonan ini membuat kegiatan rekreasi menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Selain meneduhkan, pepohonan ini juga memberikan suasana sejuk dan asri.

Pohon beringin yang tumbuh dengan akar-akarnya yang menggantung di pinggiran seringkali jadi spot untuk beristirahat. Pengunjung juga bisa menjadikannya objek atau spot foto yang eksotis. Di sisi lain, terdapat pohon beringin yang tumbuh menyerupai terowongan. Pemandangan terowongan alami ini tampak cantik ketika dipadukan dengan birunya air umbul.

Baca: Umbul Manten Klaten Tiket & Aktivitas

Selain pepohonan yang ada, pengunjung juga bisa mengabadikan momen di dalam air. Gunakan kamera bawah air dan tangkap pose yang unik bersama ikan-ikan di dasar umbul. Kejernihan air Umbul Sigedang selalu terjaga meski diterpa hujan besar, jadi jangan cemas soal air keruh, ya.

Fasilitas Umbul Sigedang

Objek wisata Umbul Sigedang sudah dilengkapi dengan fasilitas yang baik dan memadai. Fasilitasnya terdiri dari lahan parkir, toilet, ruang bilas, ruang ganti, dan mushola. Di sekitar kolam, terdapat banyak kios maupun penjaja makanan berat hingga cemilan. Tersedia gazebo atau tikar yang bisa disewa untuk tempat beristirahat. Pengelola juga menyediakan penyewaan ban atau pelampung bagi pengunjung.

Akses Umbul Sigedang

Lokasi Umbul Sigedang berjarak sekitar 6 km ke barat jalan raya utama Solo – Yogyakarta. Tempat ini bisa dijangkau dengan beragam pilihan rute. Rute-rute tersebut antara lain rute dari barat (Boyolali – Tulung – Ponggok), utara (Boyolali – Janti – Cokro – Ponggok), timur (Solo – Delanggu – Ponggok), dan selatan (Yogyakarta – Klaten – Karanganom – Ponggok).

Lokasi Umbul Sigedang

Umbul Sigedang berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Objek wisata ini terletak di tengah permukiman warga setempat. Jalannya hanya bisa diakses dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan berukuran kecil seperti sepeda motor dan mobil.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini