Umbul Manten Harga Tiket: Rp6.000 - Rp10.000 Jam Buka: 06.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut,Tulung,Klaten,Jawa Tengah,Indonesia,57482.

Umbul Manten merupakan kolam alami yang dimanfaatkan sebagai tujuan rekreasi air di Kota Klaten, Jawa Tengah. Umbul ini memiliki ciri khas tersendiri, berupa pepohonan besar yang menambah keindahan kawasannya.

Airnya sangat jernih, sebening kaca sehingga wisatawan dapat melihat dasar kolam. Kawasan wisata pemandian alami ini mulai populer dan ramai dikunjungi sejak 2015.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten Klaten

Untuk menikmati kesegaran dan keindahan kawasan wisata ini pengunjung tidak perlu membayar mahal. Harga tiket masuk yang murah ini seperti menegaskan keindahan alam memang untuk dinikmati semua kalangan.

Harga tiket masuk Umbul Manten
Senin – MingguRp6.000
Libur Panjang, Momen PadusanRp10.000

Baca: Umbul Ponggok Klaten Tiket & Aktivitas

Jam Buka Umbul Manten

Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Tidak ada perbedaan jam buka antara hari biasa dan akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu06.00 – 18.00

Ragam Aktivitas Wisata di Umbul Manten Klaten

kolam alami umbul manten dikelilingi pepohonan rimbun
Keindahan panorama sekitar tempat wisata yang dikelilingi pepohonan Ipik yang rimbun dan teduh.
Foto : Instagram/folk.klaten

Wisatawan Umbul Manten dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu megah serta masih asri. Suasananya jauh dari sentuhan polusi yang merusak lingkungan. Karena keindahannya, tempat ini sempat menjadi lokasi syuting iklan produk rokok ternama Indonesia.

Bersantai di Bawah Pohon Ipik

Di sekitar kolam alami terdapat banyak pohon menyerupai pohon beringin besar. Pohon Ipik rindang dan rimbun menjulang tinggi mengelilingi area kolam. Berdirinya pepohonan tersebut menjadi salah satu potensi di kawasan ini.

Karena jumlah pohonnya yang cukup banyak, membuat suasana di tempat wisata ini terasa sejuk. Kawasan teduh ini masih alami dan terlihat jarang ditembus oleh sinar matahari. Panorama sawah hijau di kanan dan kiri pun turut menambah asri pemandangan.

Bersantai di atas hammock yang tertaut pada pepohonan di sekitar Umbul Manten Klaten
Bersantai di atas hammock yang tertaut pada pepohonan di sekitar kolam alami.
Foto : Instagram/umbul_manten

Di sini, wisatawan biasa menghabiskan waktu dengan bersantai. Wisatawan dapat bersantai berayun di atas hammock yang tertaut pada batang pepohonan Ipik. Semilir angin dari pepohonan dan mata air terasa sejuk di kulit memberikan aura kebugaran.

Menikmati Keindahan Kolam Alami

air kolam sebening kaca
Kolam yang memiliki air terkenal jernih sebening kaca.
Foto : Instagram/alterimage_photography

Air kolam alami Umbul Manten berasal dari dua sumber mata air yang selalu mengalir dan jernih. Airnya yang segar selalu terjaga kejernihannya, karena dasar dari kolamnya adalah bebatuan alam. Begitu jernihnya, hingga wisatawan dapat melihat bebatuan dan akar pohon di dasar kolam.

Kejernihan air kolam yang sebening kaca ini menjadi keunikan tersendiri. Beberapa ikan lucu yang nampak sedang berenang dapat dilihat dari permukaan. Wisatawan juga dapat bersantai dengan berbaring santai di atas  laybag  di permukaan kolamnya.

Baca: Umbul Cokro Tulung Waterboom Tiket & Aktivitas

Selain itu, panorama sawah hijau di kanan dan kiri Umbul turut menambah asrinya pemandangan. Beberapa sumber mata air yang terdapat di objek wisata ini dilarang digunakan berenang oleh wisatawan. Karena warga sekitar menggunakannya untuk sumber pengairan lahan dan budidaya ikan air tawar.

Berenang, Melompat, dan Menyelam

wisatawan sedang berenang di jernihnya kolam alami umbul manten
Kejernihan kolam Umbul Manten Klaten membuat berenang menjadi aktivitas favorit wisatawan.
Foto : Instagram/umbulmanten

Umbul Manten memiliki tiga tempat yang dapat digunakan wisatawan. Kolam utama berukuran cukup kecil dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Kolam yang lebih dangkal biasanya diisi oleh anak-anak untuk bermain air di tepiannya. Ada pula aliran sungai yang dangkal di mana wisatawan dapat menikmati kesejukan air dari sumber alami.

Berwisata ke sini, wisatawan disarankan membawa pakaian ganti. Karena di sini merupakan tempat wisata berenang dengan sumber mata air alami. Rimbunnya pepohonan yang menaungi kolam, membuatnya terhindar dari paparan matahari langsung.

Baca: Umbul Sewu Pengging Tiket & Aktivitas

Terlebih jika wisatawan menyelam, kesegaran dan kesejukan airnya makin terasa. Wisatawan dapat merasakan sensasi air yang jernih, batu karang, dan ikan warna-warni yang menemani. Beberapa wisatawan melompat dan terjun langsung kedalam air dengan kedalaman yang cukup aman.

Berfoto di Bawah Air

foto unik berpiknik di bawah air
Wisatawan dapat berfose untuk foto underwater di Umbul Manten Klaten.
Foto : Instagram/umbul_manten

Air Umbul Manten sangat jernih, sehingga wisatawan dapat melakukan foto di dalam air. Aktivitas foto underwater merupakan favorit wisatawan. Kejernihan airnya membuat wisatawan dapat berkreasi dengan ornamen bawah air.

Wisatawan dapat berfose seolah berkemah di bawah air dengan properti tenda dalam kolam. Fose lain, wisatawan mengatur ornamen makanan di atas tikar seolah sedang bertamasya. Tak sedikit juga wisatawan yang menjadikan foto bawah air ini untuk sesi foto pranikah.

Daya Tarik Legenda Umbul Manten

calon penganten yang sedang melakukan pemotretan bawah air di umbul manten
Pemotretan prewedding di Umbul Manten Klaten.
Foto : Instagram/umbul_manten

Umbul berarti kolam alami, sedangkan penamaan Manten memiliki beberapa interpretasi. Manten dari istilah Jawa artinya pengantin merujuk pada sepasang pohon. Hal ini karena beberapa pohon sekitar kolam tumbuh sepasang-sepasang saling berdampingan.

Terdapat sebuah legenda mengenai asal-usul penyebutan Umbul Manten. Pernah ada sepasang suami istri yang hilang secara misterius di tempat ini karena melanggar adat. Adat yang dimaksud adalah larangan keluar rumah bersama-sama selama 40 hari setelah pernikahan.

Baca: Hutan Kota Gergunung Klaten Tiket & Wahana

Saat melewati pohon-pohon rindang, tiba-tiba sang istri tidak terlihat oleh suami, begitu pula sebaliknya. Lokasi menghilangnya tidak jauh dari mata air yang hingga kini disebut sebagai Umbul Manten. Mitos ini pun menjadi salah satu daya tarik wisata tempat wisata ini.

Merayakan Tradisi Padusan

Tradisi Padusan dilaksanakan sebelum hari pertama puasa Ramadhan. Warga biasanya mandi untuk menyucikan diri dalam rangka menyambut bulan suci di kolam pemandian. Kawasan tersebut merupakan destinasi wisata pemandian alami favorit masyarakat.

Setiap kali tradisi ini digelar, objek wisata ini selalu dipadati wisatawan. Saat momen Padusan, wisatawan bisa mencapai lebih dari 2.000 orang.

Banyak warga melakukan Padusan setiap tahun di sini. Alasannya karean airnya segar, langsung dari mata air dan banyak terdapat pohon rimbun. Selain pada liburan panjang, Umbul Manten pun menyiapkan lebih banyak petugas pada momen Padusan.

Fasilitas Wisata Umbul Manten

Fasilitas di wisata Umbul Manten terbilang cukup lengkap. Mulai dari kamar ganti, toilet, dan musola tersedia di sini. Area parkir pun tersedia pada lahan yang cukup luas.

Ada juga terapi ikan dan wahana jaring ikan yang cocok untuk wisatawan dengan keluarga dan anak-anak. Aneka hidangan pun tersedia di warung makanan yang banyak tersedia di sekitar area wisata.

Kontak dan Akses Lokasi Umbul Manten

Wisata kolam alami ini berada di Jl. Janti Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482, Telp/wa. Umbul Manten berada sekitar empat kilometer dari jalur utama Yogyakarta – Solo.

Akses jalannya sudah cukup baik. Dari pusat Kota Klaten wisatawan dapat mengambil arah menuju Jatinom. Kemudian menuju ke Jalan Janti, dan tinggal mengikuti papan petunjuk. Sedangkan dari Kota Klaten sendiri berjarak sekitar 13 Km atau 20 menit berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here