Beranda Tiket Wisata

WADUK WONOREJO: Tike & Pesona Memukau - Agustus 2021

Waduk Wonorejo Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No Telp: - Alamat: Desa Wononerjo, Purworejo, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, -.

Daerah Tulungagung tidak hanya memiliki pantai sebagai potensi wisatanya. Tak jauh dari pusat Kota Tulungagung terdapat sebuah waduk bernama Waduk Wonorejo. Danau buatan ini tidak hanya sebagai reservoir tetapi juga menyajikan panorama alam yang cantik.

Lokasi waduk terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Danau yang memiliki luas setidaknya 380 hektare ini menempati kawasan kaki Gunung Wilis. Sedangkan area sekitarnya berupa perbukitan hijau yang penuh dengan pohon pinus. Suasana teduh dan sejuk waduk ini bisa jadi obat stress di akhir pekan.

Tiket Masuk Waduk Wonorejo

Ada dua spot wisata yang memberlakukan tiket masuk di sekitar Waduk Wonorejo. Spot tersebut yaitu bendungan dan Ranu Gumbolo. Tarif tiket di Ranu Gumbolo belum termasuk tiket wahana di dalamnya. Sementara Giri Mulyo tidak menerapkan tiket alias bisa dikunjungi secara cuma-cuma.

Bendungan Wonorejo
Tiket MasukRp10.000
Tiket ParkirRp5.000
Ranu Gumbolo
Tiket Masuk Ranu Gumbolo + ParkirRp5.000
Sewa HammockRp5.000
Sepeda AirRp20.000 – Rp30.000
PerahuRp15.000

Baca: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Tulungagung

Jam Buka

Baik Bendungan Wonorejo maupun Ranu Gumbolo memiliki jam operasional yang berbeda. Namun, keduanya sudah buka sejak pagi hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi dan sore hari. Di jam-jam tersebut, pengunjung akan terhindar dari terik matahari.

Jam Operasional
Bendungan Wonorejo08.00 – 17.00 WIB
Ranu Gumbolo06.00 – 17.00 WIB

Pesona Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo di Desa Wonorejo, Tulungagung
Waduk Wonorejo adalah danau buatan yang berfungsi sebagai suplai air bersih sekaligus tempat wisata – Foto: Google Maps / ELMUNA TV

Indonesia memiliki banyak danau buatan untuk menampung sumberdaya air yang melimpah. Karenanya, keberadaan danau buatan atau waduk sudah tidak aneh. Selain sebagai tempat persediaan air, waduk juga lekat dengan aktivitas rekreasi. Waduk Wonorejo yang berada di Tulungagung adalah satu di antaranya.

Siapa sangka, waduk ini adalah waduk terbesar di Asia Tenggara. Waduk ini terletak di aliran Kali Gondang Desa Wonorejo. Fungsinya sebagai penyedia air bersih, irigasi ladang, hingga tenaga PLTA. Sejak tahun 2004, waduk ini juga terbuka sebagai tempat pariwisata.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Waduk Wonorejo. Seperti Memancing, jogging, dan piknik adalah beberapa diantaranya. Objek wisata ini cocok untuk jadi tujuan berakhir pekan yang singkat.

Baca: Jambooland Waterpark Tulungangung Tiket & Wahana Keren

Rekreasi Akhir Pekan di Waduk Wonorejo

Lokasi Waduk Wonorejo tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tulungagung. Jaraknya hanya sekitar 12 – 15 kilometer di sebelah barat laut kota. Letaknya menempati kawasan kaki Gunung Wilis. Jika ingin menikmati kesegaran bentang alamnya, wisatawan bisa mengakses Waduk Wonorejo dengan mudah dari kota.

Berada di kaki gunung area sekitar waduk memiliki udara sejuk dan segar. Sekeliling waduk adalah area perbukitan yang telah mengalami penghijauan. Sementara area perbukitannya adalah hutan Pinus yang rindang serta hamparan rumput hijau. Tak heran jika suasana segar kawasan waduk sangat cocok untuk melepaskan penat sejenak.

Baca: GUNUNG BUDHEG Tulungagung Tiket & Daya Tarik Eksotik

Bendungan Wonorejo

Jembatan Bendungan Wonorejo
Bendungan Wonorejo tampak dari atas – Foto: Google Maps / subuh anggoro

Terdapat sebuah bendungan di sisi timur waduk. Bendungan Wonorejo ini merupakan dinding utama waduk sekaligus objek wisata. Di atas dinding batunya, terbentang jembatan sepanjang 1 kilometer. Jembatan ini menghadap langsung ke arah waduk.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan waduk dengan bebas dari sini. Banyak juga yang menjadikannya sebagai area berolahraga. Jalannya yang mulus cukup nyaman untuk jogging. Selain itu bagi para Goweser juga patut berkunjung ke kawasan bendungan ini untuk bersepeda.

Baca: PANTAI KLATAK Tulungagung: Tiket & Daya Tarik

Piknik di Ranu Gumbolo

Barisan pohon pinus yang meneduhkan
Hutan pinus di tepi danau – Foto: Google Maps / Arif Prasetyo

Di sekeliling kawasan waduk, ada berbagai tempat wisata menarik. Salah satunya yaitu Ranu Gumbolo. Namanya terdengar familiar? Ya, Ranu Gumbolo memang ‘plesetan’ dari Ranu Kumbolo yang berada di kaki Gunung Semeru.

Alih-alih Gunung Semeru, Ranu Gumbolo ini berada di kaki Gunung Wilis. Seperti Ranu Kumbolo, objek wisata di Desa Mulyosari ini juga menyajikan pemandangan danau yang indah. Hanya bedanya pengunjung tidak perlu trekking jauh-jauh untuk sampai di sini.

Objek wisata Ranu Gumbolo sudah buka sejak tahun 2016. Area wisata ini menawarkan suasana tepi danau yang sejuk dan asri. Sehingga wisatawan bisa menikmati ketenangan alam dengan berbagai aktivitas. Salah satunya yaitu menggelar piknik.

Pengunjung bisa membawa tikar atau karpetnya sendiri. Selain itu bagi yang ingin mendirikan tenda diperbolehkan. Jika ingin lebih santai tersedia penyewaan hammock. Selama di wahana ini pengunjung bisa menikmati segarnya udara di kawasan danau sambil berayun di antara pohon pinus.

Baca: PANTAI KLATAK Tulungagung: Tiket & Daya Tarik

Foto Eksis

Pengunjung duduk di gardu pandang Ranu Gumbolo
Pemandangan sebagian kecil Waduk Wonorejo dari Ranu Gumbolo – Foto: Google Maps / Lutfi Suryo

Ranu Gumbolo juga sangat cocok untuk hunting foto, lho. Panorama alamnya yang cantik memang pas untuk berburu stok foto narsis. Ditambah dengan areanya sudah tersedia gardu pandang. Sehingga pengunjung bisa melihat panorama Ranu Gumbolo dari ketinggian dengan leluasa.

Selain area tepian danau, hutan pinusnya pun bisa jadi arena berfoto. Tempat ini bahkan bisa jadi lokasi pemotretan khusus seperti pre-wedding atau foto produk. Jangan lupa untuk meminta izin pada pengelola Ranu Gumbolo, ya.

Outbond

Area hutan Ranu Gumbolo cukup luas untuk kegiatan outbond. Sehingga sangat memungkinkan untuk menggelar acara seperti perkemahan atau gathering. Fasilitas flying fox pun sudah tersedia sebagai tambahan wahana. Selanjutnya ada juga wahana lain seperti perahu dan sepeda air.

Kegiatan luar ruangan lainnya yang yang tersedia yaitu memancing. Para penyuka kegiatan memancing bisa mencoba mengail di Waduk Wonorejo dari sini. Ada berbagai jenis ikan yang bisa ditangkap. Beberapa jenisnya yaitu ikan lele, ikan mujair, dan ikan nila.

Wisata Kuliner

Secangkir kopi dengan latar panorama danau
Wisatawan menikmati kopi di Giri Mulyo ditemani pemandangan Waduk Wonorejo – Foto: Google Maps / SIPOLANG

Tempat rekreasi lainnya di sekitar Waduk Wonorejo adalah Giri Mulyo. Tempat ini seringkali jadi tujuan akhir para pesepeda. Giri Mulyo merupakan kafe dengan konsep lesehan yang nyaman. Ada juga area duduk di tempat terbuka yang sejuk.

Wisatawan bisa mengisi perut berteman panorama danau yang indah. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat pengunjung bisa melihat langsung ke danau dengan jelas. Giri Mulyo juga menyediakan fasilitas karaoke untuk meramaikan acara gathering pengunjung.

Selain Giri Mulyo, tersebar berbagai warung makan di sekeliling danau. Warung-warung ini terutama menyediakan menu olahan ikan. Ikannya tentu saja berasal langsung dari Waduk Wonorejo. Jika ingin mencicipi cita rasanya, jangan lupa untuk mengunjungi warung-warung ini.

Fasilitas Waduk Wonorejo

Fasilitas di tempat wisata sekitar Waduk Wonorejo sudah tersedia lengkap. Bendungan Wonorejo menyediakan area parkir luas, mushola, toilet, hingga warung. Sedangkan di Ranu Gumbolo tersedia fasilitas yang sama ditambah dengan sejumlah wahana hiburan. Giri Mulyo merupakan kafe dengan sarana karaoke keluarga.

Lokasi Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 12 hingga 15 kilometer ke barat laut Kota Tulungagung. Tidak ada kendaraan umum yang melintasi kawasan ini. Jadi Pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini